Monday 12 July 2021

Resep Donat Tanpa Kentang Empuk Anti Gagal

Resep Donat Tanpa Kentang Empuk Anti Gagal. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, kali ini HM mau berbagi resep donat kentang empuk anti gagal-gagal club. Iyes, anti gagal, empuk, lembut banget sampe pingin nangis wkwkwk. Jadi, ceritanya udah lama banget tau resep ini di group masak, baking di FB. Cuma ya gitu, lihat, memandang, tergoda, screenshot, habis itu lewat aja ahaha. Intinya, jadi pengabdi nyimpen resep tanpa tau kapan eksekusinya.

Nyobain Resep Donat Tanpa Kentang Empuk ala Bapak Imam Abu Salman

Terus minggu lalu lihat postingannya mbk Isna Sutanto di ig bikin donat pakai resep yang sama. Nggak pake lama akhirnya keesokan harinya langsung eksekusi donat empuk ala Bapak Imam Abu Salman dong. Pas awal nyoba nggak ada ekspektasi yang tinggi, yaudah bikin donat empuk,titik!!. Pas nyobain pertama kali lumayan dibikin kaget. Aduh, kok gini banget teksturnya, empuk, lembut kayak pakai kentang lho. Nyussss banget, apalagi anget-anget pake gula halus.

Kenapa harus nyobain resep ini?

1. Tekstur donatnya empuk dan lembut

Pas digigit kerasa banget empuk dan lembut kayak pake kentang lhooo, padahal nggak pake kentang.

2. Pake tepung terigu protein sedang

Buat yang baru belajar dunia perrotian, perdonatan pasti taunya bikin roti itu pake tepung terigu protein tinggi. Tapi resep ini pakai terigu protein sedang lho. 

3. Nggak pake kentang

Pingin donat empuk tapi males ngukus kentang?nggak usah khawatir, karena resep donat Bapak Imam Abu Salman yang terkenal empuk dan lembut ini tidak memakai kentang lho. 


Tips Membuat Donat Tanpa Kentang Empuk Anti Gagal

1. Baca resep dengan baik

2. Cek bahan terlebih dahulu sebelum memulai

3. Pastikan menggunakan ragi khusus untuk kue, misalnya merek fermipan

4. Pastikan ukuran bahan sesuai dengan resep, jangan ditambah ataupun dikurangi. Kalau sudah ahli bikin kue, nggak masalah, tapi untuk pemula wajib ngikutin resep. Karena masak sama bikin kue itu beda banget ya, kalo masak sayur pakai ilmu kira-kira, suka-suka tapi kalau ilmu baking sudah ada takarannya. Seperti itu pemahaman saya.

5. Ikuti langkah dengan baik, jangan asal masukin bahan

Resep Donat Tanpa Kentang Empuk Anti Gagal 

Donat Empuk ala Imam Abu Salman

Bahan :

500 gr terigu protein sedang

60 gr gula pasir

5 gr ragi instant

2 butir kuning telur

± 250 gr air dingin

60 gr margarin

1/2 sdt garam

Cara membuat :

siapkan wadah, masukkan terigu, ragi instan, gula dan kuning telur. Aduk lalu tuang air sedikit demi sedikit uleni sampai setengah kalis. Masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis. Timbang adonan @50 gr, bulatkan. Istirahatkan kurang lebih 45 menit atau sampai mengembang. Lubangi dengan jari, goreng sekali balik. Angkat,tiriskan. Jika sudah dingin beri toping sesuai selera.

Karena baru pertama kali nyoba, saya bikin setengah resep. Jadinya 10 buah donat ukuran lumayan besar, harusnya jadi 15 ya. Jadi sekali makan satu buah dnat udah langsung kenyang ahaha. Nah, kali ini saya nguleni adonan donatnya pakai Stand Mixer IL-221a Idealife. Kapasitas bowlnya cukup besar, adonan cepat kalis, terus suaranya nggak bising, halus gitu. 


Cara membuat Donat Empuk dan Lembut, berikut videonya ⬆️

IDEALIFE - Proffesional Stand Mixer - Mixer Berdiri - Multi Speed (IL-221a)

Merupakan produk terbaru dari brand Idealife.  Stand Mixer IL 221a Idealife bagus untuk pemula. Body  plastik, desainnya minimalis, cantik dan warnanya putih ada aksen warna birunya. Kapasitas bowlnya untuk  5 liter atau sekitar 1 kg tepung tapi biar mixer lebih awet sebisa mungkin 500 gr tepung saja ya. Bagian atasnya ada top cover yang ada lubangnya sebagai pelindung mixer agar terhindar dari cipratan saat mengaduk bahan.

Khusus untuk pemakaian Stand Mixer IL 221a di sarankan untuk keperluan rumah, dengan pemakaian normal, dan tidak di pakai untuk volume dagang/jualan ya. Satu set stand mixer terdapat 3 pengaduk, whisk : untuk telor, krim, saus, mayonais, kue, telur putih dll. Beater untuk mengaduk mentega atau adonan kue, kue kering dll. dan dough untuk mengaduk sekaligus menguleni adonan berat seperti yeast dought, roti, donat, bakpao dll.

Cara memasang pengaduknya juga lumayan cukup mudah, lepas pasangnya cukup diputar lalu bisa langsung dilepas. Top covernya juga bisa dlepas, cara menutup mixernya juga tinggal ditekan saja. Terus yang bikin saya suka dari satand mixer ini adalah suaranya yang cukup halus tidak bising. Lalu daya wattnya mulai 200 watt hingga 1000 watt. Dilengkapi dengan anti geser dibagian bawah, ada 4 karet, jadi mixer nggak bakal kegeser waktu mengocok. Mixer ini juga dilengkapi dengan overheat protection ( Thermostat) dimana fitur ini membuat alat listrik terhindar dari resiko korsleting atau terbakar. Kalau mesinnya sudah panas mesinnya otimatis berhenti, kalau sudah dingin baru bisa dipakai lagi, jadi aman banget. 

Nah, untuk Stand Mixer IL-221a Idealife harganya 2.205.000 bisa dipesan di official store Shopee, Tokopedia (idealifeoutlet). Buat teman-teman yang ingin tahu banyak produk Idealife bisa cek di instagram Idealife (@idealifeonline_) 


Teman-teman, ada yang sudah pernah nyobain resep Bapak Imam Abu Salman? Ayo dong sharing.. 



47 comments:

  1. Udah lama nih ga buat donut. Jadi mau buat lagi deh liat postingan ini. Mau nyobain yang ga pake kentang aah.. cuus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan postingan ini sudah saya simpan tapi belum saya eksekusi juga sampai saya baca lagi... hahaha... kayaknya sore ini mau dibuat ah. Jadi bingung kaaan mau buat donutnya mBa Iis atau martabak teflon yaaa?

      Delete
  2. Bhuahaaaa, pas dirimu share di wasap lalu ku kepoin di Ig, eh dapet deh resepnya langsung dieksekusi dah pagi itu, kebenran semua bahan ada, cumaa mixernya yang kek gitu ga punyaaaa jadi manual ajaa, plus gula tepung abiiss.
    Jadi Donut tabur gula aren daaah.
    Pokonya ku mau kepoin Stand Mixer IL 221a , mauuu.

    ReplyDelete
  3. Aku nggak bisa baking tapi naksir berat ama stand mixernya. Bagus tuh buat hadiah ibuku yang hobi bikin kue dan roti...

    ReplyDelete
  4. Mbaaa, pengin cobaaa
    kliatan menul menul empuuk kuwi mba
    endeus banget yak.
    Bismillah, semoga aku sukses bikin donat tanpa kentang eniihh

    ReplyDelete
  5. Hah, aku banget nih yang nyobain resep, tapi pakai improvisasi. Akhirnya ngaco, hahaha

    Kudu manut resep ya, Mbak. Asli itu bikin ngiler donatnya

    ReplyDelete
  6. Huaaa, jadi pengen coba juga doong buat donat pake resep ini.
    Kelihatan empuk banget deh, kayaknya pengaruh ngadonnya pake mixer kece ini juga yak ;)

    ReplyDelete
  7. Saya belum berbakat dibidang roti-rotian nih mbak hehe. belum pernah coba siih, tapi kalau dari ulasan mbak, resep si Bapak perlu dipraktikin nih

    ReplyDelete
  8. Mbaa, aku malah merasa seringkali gagal bukan empunya tapi bentuknya nggak karuan. Hiks. Makasih resep ini teta aja bikin penasaran untuk dicoba

    ReplyDelete
  9. donat nih favorit anak2ku banget tapi aku blom pernah nyoba bikin sendiri palingan beli yg frozen terus aku goreng. pingin deh kayaknya nyobain kan ga harus pake kentang dan anti gagal pulak

    ReplyDelete
  10. Suami saya kalau bikin donat makan gak pernah pakai kentang. Tapi, gitu deh. Kadang-kadang empuk, kadang-kadang keras hahaha. Kayaknya saya perlu kasih tau suami, nih. Biar dia coba pakai resep ini.

    ReplyDelete
  11. wahh donatnya menul menul mbak
    pengen bikin juga
    apalagi resep yang mbak share ini sepertinya mudah, izin atm ya mbak

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen pinjem mixernya hehehe. Kebayang duluan nih tangan pegel-pegel ngulenin adonan berhubung ga punya mixer. Dan kalo bikin donat juga roti, aku belum pernah pake mixer. Keren oy mixernya bisa nguleni adonan yang berat ya. Taunya mixer buat ngocok adonan cake or bolu aja aku sih...kudet dah aku.

    ReplyDelete
  13. asik ... asik ... dapat resep donat tanpa kentang. Bahan-bahannya ada semua di rumah, bisa untuk eksperimen hari ini di dapur. Di rumah mulu bawaannya mau ngemil terusss mbak. Badanku mekar kebanyakan ragi. hahah...

    ReplyDelete
  14. Huwaa pas banget lagi kangen makan donat kampung yang pake gula tepung itu mbak. Resepnya bole dicontek nih, nggak pakai kentang tapi bisa empuk ya. Boleh dicoba, semoga ndak gagal donatku nanti. Hehe.

    ReplyDelete
  15. Donat tuh kesukaan bocah tapi belum ada nyali buat praktek haha baru belajar baking yang sederhana banget aku..tapi ngiler resepnya deh...

    ReplyDelete
  16. Kalo ini donat gemesssh namanya, hahahaa.... Saking menul-menul nyata jadi gemes.

    Aku mupeng Stand Mixer Idealife IL 221a waktu lihat mba Iis post foto di IG. Nabung dulu deh

    ReplyDelete
  17. Iiih.. Donatnya gemesin banget mbaa. Bisa menul2 gitu meski gak pake kentang ya. Keren. Aku blm bs bikin yg tanpa kentang. Jd pengen cb resepnya nih

    ReplyDelete
  18. Aaaah enak banget ini donat yang dijamin empuuuukkkkkk banget
    aku belom pernah sukses loh mbak bikin donat, cobain ah resep ini

    ReplyDelete
  19. Duuh pengen itu yang buat nguleni adonannya. Aku sekarang seminggu bisa berkali-kali ngadonin tepung. Biasanya bikin sore dikembangin sekali terus masukin kulkas. Kalau ada alat kayak gini langsung pagi2 aja bikin rotinya

    ReplyDelete
  20. Naksiiirr mixer-nya yg 221a. Kapasitas bowlnya gede yaa, mayan buat bikin camilan sekeluarga :D
    Aku dah lupa kapan terakhir praktik bikin donat seringnya gak bisa bikin bunder ser, tapi yaweslah yang penting gak gosong dan msh bisa dimakan haha.

    ReplyDelete
  21. Baru lihat foto donatnya saja udah kebayang itu empuk dan lembutnya Mbak. Aku pengen banget nih praktek tapi nanti-nanti nunggu ada luang ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuuuu ye kaaan , tampilannya menggoda, yey aku udah bikin loh, tapi kurang empuuk hahhahahahah. Abis kemaren pake manual, ga pake mixer akutu.
      Tapi tetep enaaak.

      Delete
    2. Anak saya kalau donat buatans endiri suka tapi kalau jajanan dia malas makannya kadang berhari-hari gak disentuh sama sekali. Duuh sebenarnya pengen banget bikinin nih buat dia.

      Delete
  22. Beberapa produk Idealife ini inden loo, teh..
    Aku kemarin pesen waffle maker juga gitu,.. hehehe, next pengen banget cobain resep bikin donat empuks dari teteh.

    Bismillah,
    Jadi...jadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat kontennya teteh tuh...selain terpukau dengan Idealife, resep dan fotonya, kini videonya pun...
      Teteeeh, produktif sekalii..

      Fieldnya teteh banget ini tuh..
      Pengen nongkrongin teteh di rumah. Coba aku lihat...bakalan bisa aku tiru dan modifikasi gak?

      Delete
  23. Stand mixer nya cakep mbak. Terlihat modern dan canggih. Bowl-nya stainless steel ya? Suka kalau stainless, rasanya lebih aman aja ngaduk2 bahan di dalamnya. Beda kalau plastik.

    Harganya wow juga ya, 2 jutaan haha. Tapi segitu mah ga ada apa2 buat yang hobi bikin roti-rotian, bolu, kue, dan lainnya. Pasti berguna. Kan katanya makanan enak itu nggak cuma berasal dari keahlian pemasaknya, tapi juga bahan dan peralatan yang digunakan.

    Kapan ada bagi-bagi stand mixer kayak gini? Aku mau lho haha
    Eh iya, itu donat pasti enak sekali ya, jadi pingin.

    ReplyDelete
  24. Stand mixer Idealife kece bangeett, sist!
    Pantesan dirimu makin enjoy bebikinan kue, baking dll yak
    daku jg pengin praktik euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha samaaa aku juga naksir nih jadinya sama mixer itu.
      Di rumah yang suka baking bapake sih. Kmrn mau beli mixer jga. Nanti coba aku rekomen mixernya Idealife :D

      Duh jd pengen makan donat deh jadinyaaa malam2 giniii

      Delete
  25. Pernah sih bljr bikin donat udah puluhan tahun yl waktu umur masih ting ting. Tp gak pernah praktikkin lg jd aja lupa. Nah resep ini langsung deh dicatet ceritanya mau bljr aplg liat donatnya pada montok pisan bikin ngiler pengen nyaplok tuh yg lg dibelah...Arrgghh. nyam nyam nyam.... eee salah fokus deh liat mixernya yg hebring pisan. Mahal x ya....huhuhuuu....kebeli gak ya biar bikin donatnya tambah asyik.

    ReplyDelete
  26. ini resepku sama persis begini mbak, tapi bedanya aku ngulenin manual sampe berotot, hahahha.. enak ya kalau ada idealife stand mixer gitu.. mupeeng!

    ReplyDelete
  27. maak.. aku tuh lagi kepengen banget deh makan donut, selama isoman memang banyak BM nya, cuma khawatir kalo terlalu manis trus jadi batuk-batuk. Makasi buat resepnya, nanti setelah isoman dan kondisi sehat wal afiat mau ah cobain bikin di rumah

    ReplyDelete
  28. Ternyata gak pake kentang tetep bisa empuk ya... Aku selama ini selalu pake kentang... selain bikin lembut...aromanya juga lebih menggoda. Tapi kayaknya perlu dicoba nih resep tanpa kentang,..

    ReplyDelete
  29. Aku masih tim tinggal lup, tinggal makan, mba HM, hahaha.

    Paling candu sama donat lembut, menul-menul hangat!
    Jodohnya teh hangat, dinikmati bareng kesayangan.

    Saat Isoman di rumah kemarin, alhamdullillah 3x dapat kiriman Donken.
    Untung indera rasa masih bisa menikmati rasa manis.
    Alhamdullillah.

    ReplyDelete
  30. iya bener mba han, klo masak sama baking beda. Aku makanya jarang baking wheheheh pak suami yg rada sukaa. Trus klo donat bener2 kudu sama ya utk pemula, klo udah jago mah merem kayak ibu mertua aku mba. Bikin donat udah kayak bikin mie instan :)) kayak mudah aja gitu
    aku belum nyoba yg resep ini, mau deh , udah lama nggak bikin donat. Anak2 sukaa banget

    ReplyDelete
  31. donatnya bisa ngembang banget ya, gembul-gembul gitu. Kelihatan kalau empuk dan nggak bantat.

    Saya ikutan simpan resepnya dulu deh, eksekusinya entah kapan. Nunggu punya mixer idealife yang keren itu

    ReplyDelete
  32. Perlu nih aku tiru resepnya. Karena beberapa kali bikin donat itu gagal terus. Entah donat kentang, atau donat yang biasa. Hasilnya bantat semua. Wkwkwkwk

    Kadang saya sampai bingung sendiri.

    Dan nampaknya saya juga perlu beli timbangan nih. Biar takarannya pas.

    ReplyDelete
  33. Belum pernah coba bikin donat pemula aku tuh huhu tapi aku udah cobain beberapa camilanmu di IG makasih banyak yaa hihi..itu mixernya cantik amat yaa tampilannya..

    ReplyDelete
  34. Wah, bagus mixernya Mba. Kebayang Kan kalau engga ada mixer hanya pakai adonan tangan. Nunggu kalisnya itu loh . Lamanya. Tapi kalau udah kalis biasanya adonan donat kalau pas digoreng udah empuk.

    ReplyDelete
  35. yeaaay aku pingin banget bikin donat empuuuk gini
    eh iya yang sekarang lagi trend bombolini ya, aku juga suka itu, bisa dimodifikasi gak ya jadi bombolini?

    ReplyDelete
  36. Wuaaa tiba-tiba jadi pengen bikin donat... udah lama juga tenryata ga bikin.. Kalau saya biasanya pakai donat selalu pakai kentang, tujuannya ya biar empuk.

    Ternyata kalau pakai mixer yang pass dan bagus justru donat tetap bisa empuk walaupun tanpa pakai kentang ya... Wohooo, apa perlu ajuin propposal buat beli stand Mixer dari Idealife ini ya.. hihi...

    ReplyDelete
  37. Donatnya cantik sekali, Mbak. Keliatan menggiurkan. Jadi ingin buat donat juga, deh! Anak-anak saya senang sekali dengan donut apalagi yang keliatan empuuk seperti itu.

    ReplyDelete
  38. Aku nih bikin donat selalu gagal ternyata ada yg Salah resepnya ok siap nih ku SS resepnya...

    Klo punya Stand Mixer IL 221a bikin kue apapun jadi mudah y

    ReplyDelete
  39. noted resepnya, langsung saya tulis ah resepnya buat nanti bikin donat buat cemilan nemenin neng Marwah belajar daring.

    ReplyDelete
  40. coba ahhhh aku sempet bikin yang versi donat empuk twitter viral itu mak
    emang lumayan banget sih mak
    duh ngiri mixernyaaaaaaaa
    pengen juga bikin donat ga pake capek nguleeen

    ReplyDelete
  41. Mbak, kapan-kapan buat lagi dan kirim ke Petemon dong ya
    Mau review di akun kuliner hehe
    Siapa tahu bisa buka open order donat empuk ala Bubuky

    ReplyDelete
  42. Nabung dulu buat punya stand mixernya. Aamiin. Semoga terwujud nih. Biar ga capek ngulenin adonan hahaha. Aku sering banget baking2 soalnya anak-anak suka banget roti2an

    ReplyDelete