Friday, 22 October 2021

Resep Topokki dan Beef Bulgogi : Makanan Khas Korea Selatan

Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Gara-gara sering banget nonton drama Korea, mau nggak mau mulai deh nyobain kuliner khas sana. Tapi dari beberapa kuliner atau masakan rumahan yang pingin banget saya cobain itu capjae, kayaknya kalo ibu-ibu di drama Korea bikin capjae, kayaknya enak banget gitu ya wkwkwk. 

Terus hampir semua makanan, camilan yang hadi di setiap drama Korea pasti bikin ngiler. Enak enak banget euy. Ohya, selain itu yang bikin saya penasaran dari dulu adalah kimchi. Iya, penasaran banget sama rasanya, berhubung saya tinggal di Gresik pojok, jadi gelum pernah lihat yang jualan kimchi. Next, kalo ke Surabaya pingin nyobain kimchi, pasti ada yang jual ya di supermarket. 

Nah, ngomongin soal makanan Korea Selatan khususnya, kali ini HM nyobain bikin dua menu yang sering banget hadi di drama Korea. Ada Topokki dan Beef Bulgogi. Skuy, ini ya resepnya.. 

1. Topokki

Ada yang pernah makan #topokki? Kemarin ceritanya nyetrika ditemani "Hello It's Me" , terus ada adegan si Yu Hyun bikin topokki. Sore hari pas cari ide bikin camilan kok mendadak pingin topokki. Kebetulan udah 2x nyobain topokki frozen. Jadi masih inget banget sama rasa saosnya dan tekstur teoknya. Mendadak buka ig cari referensi, baca banyak resep. Akhirnya ngadon sendiri, ukuran 8 sdm tepung beras plus 4 sdm tepung tapioka. Teksturnya empuk kenyal pas banget..

Terus saosnya, kan pake bumbu gochujang. Ini aku bikin pake yang ada di depan mata. Asal cemplang cemplung tapi diinget dan hafal ukuran sendoknya. Nggak pake diincip, lha wong saya puasa. 

Bismillah aja, lha kok enak banget euy. Aku terharu.... Bikin tambah terharu pas lihat DM, beberapa teman pada tanya "gimana rasa topokkinya?" rasanya enakkk. 

Trus, ini resep topokki praktis pake bumbu saos yang ada di dapur ya. Selamat mencoba 

Topokki 

By @hm_zwan 

Bahan :

8 sdm tepung beras

4 sdm tepung tapioka

100 ml air

Garam dan kaldu bubuk secukupnya


Cara membuat :

Siapkan wajan, rebus air, tepung beras, garam dan kaldu bubuk sampai air surut, matikan api. Masukkan tepung tapioka, uleni saat hangat. Ambil adonan, bentuk memanjang, potong 5 cm.

Rebus potongan topoki 10 menit, sisihkan. 

Saos :

8 sdm saos sambel

1 sdt cabe bubuk

100 ml air

2 sdm gula pasir


Cara membuat :

Rebus semua bahan, masukkan topokki. Kalo sudah mengental, matikan api. Sajikan.


2. Beef Bulgogi

Annyeonghaseyo yeorobun.. Selama pandemi, sudah nontron Drama Korea berapa judul? Penyuka K-Pop dan Drakor pasti nggak asing sama makan satu ini, Beef Bulgogi. Salah satu makanan khas dari Korea Selatan. Berisi daging, nasi dan beberapa toping seperti sayur, telur dll.Kalo makan kayak gini, kalian pilih diaduk, campur jadi satu atau makan cantik? 

Beef Bulgogi

By @hm_zwan

Bahan :

200 gr daging sapi, iris tipis

4 sdm saus bulgogi

1 sdm minyak goreng 


Bumbu (iris) :

1/2 bawang bombai

2 bawang putih, geprek

2 csbe hijau besar

2 cabe merah besar

Cara membuat :

Siapkan wadah, campur daging dan saus bulgogi. Marinasi selama 1 jam di dalam kulkas. Panaskan minyak goreng, masukkan daging yang sudah dimarinasi, masak sampai matang. Tambahkan bumbu iris, aduk rata, jika sudah matang, angkat, sajikan.


Selamat mencoba..

Teman-teman, ada yang pernah makan topokki? 

3 comments:

  1. Wah ini topokki mudah banget buatnya dan enak memang, udah nyobain apalagi banyak sayurnya. Kalau beef bulgogi belum nyoba, tetapi enak banget kayaknya.

    ReplyDelete
  2. aku masih pemalas bikin adonan topoki hahaha. kalo beli jadi, sampe rumah malah dimasak lagi tambahin saus gochujang botolan, daun bawang, n biji wijen :D
    pankapan insap ahh bikin adonan topoki beneran

    ReplyDelete
  3. Waaah hebaaat bikin sendiri mba :D. Aku Suka banget sih toppokki, japchae, kimbab, belum lagi Aneka jajanan kaki Lima ya :D. Ngiler lagi kan pas inget wiskul di Seoul lalu 😄. Makanan Korsel memang enak2 kok. Tapi aku ngerasa kayak kimchi di Korsel Ama kimchi yg dijual di sini, beda sih rasanya. Aku ga terlalu suka yg di jual di sini. Sementara yg di negara asalnya enak. Makanya dulu aku sempet underestimate makanan Korea sebelum datang ke negaranya. Soalnya udh coba banyak makanan Korsel di Jakarta, even ownernya expat Korea, tapi ga cocok Ama lidahku, kecuali japchae . Eh, pas di seoulnya, ternyata jauh lebih enak ;).

    Aku sbnrnya rencana mau coba bikin kimbab mba. Penasaran, apalagi jenis makanan yg sekali hal udah ada sayur, dan isian macam2. Cuma rempongnya harus 1-1 memang diolah nya. Semoga sukses aku coba deh ini ;D

    ReplyDelete