Skip to main content

Yuk, Berkarya!! Jalani Hidup Apa Adanya

Di situasi seperti ini, pastinya sangat berat bagi kita. Tapi daripada hari-hari kita sia-sia selama masa karantina, yuk berkarya!! Jalani hidup apa adanya tanpa syarat ketentuan yang berat. Karena hari-hari selama kita #dirumahaja sudah berat, jadi kita harus fokus berkarya saja.
Betul nggak?

Sudah hampir satu bulan #dirumahaja, kira-kira sudah bikin apa aja? Buat para pekerja, sudah pasti hari-harinya disibukkan dengan pekerjaannya, meskipun kerja dari rumah. Lain halnya dengan ibu rumah tangga yang biasanya ada jeda waktu untuk me time ketika anak-anak berangkat sekolah, saat ini sudah pasti terpangkas habis masa me timenya. Saat ini, ketika semuanya dilakukan di rumah. Mau tidak mau orang nomor satu yang paling sibuk adalah ibu rumah tangga. Kebayang nggak, biasanya sehari masak satu atau dua kali, sekarang kerjaanya lebih banyak di dapur, masak berkali-kali. Mencoba membuat sesuatu yang baru, misalnya membuat minuman yang sedang viral. Hayo, coba ngacung?? Hehe..

Apapun itu, yang penting tetap berkarya meskipun #dirumaaja. Apapun yang kita lakukan, selama kita bekreasi tanpa kepura-puraan, tanpa tipu-tipu, why not?. Bingung harus ngapain aja selama masa karantina?Berikut ide berkarya meskipun di rumah aja a la HM Zwan :

1. Menulis blog
Selama di rumah aja, banyak sekali kegiatan dan bahan yang bisa kita tulis di blog. Mulai tentang karantina mandiri, ide bermain bersama anak, menulis kegiatan yang dilakukan selama satu hari, dan masih banyak lagi. Minimal kita bisa ngedraft untuk postingan blog selama satu bulan atau bahkan lebih. Yang biasanya bisa menulis maksimal 4 artikel untuk blog, kali ini bisa menulis lebih dari 10 artikel selama satu bulan. Keren kan?

2. Membuat video atau vlog
Masa berdiam diri di rumah saja bisa kita manfaatkan untuk membuat video ataupun vlog. Buat vlogger, banyak sekali kegiatan di rumah yang bisa dijadikan konten video. Misalnya ngobrolin masalah karantina di rumah, apa saja kegiatan selama satu hari, atau bisa juga membuat video memasak.

3. Membuat tutorial
Biar tidak bosan, sesekali kita bisa membuat tutorial untuk dijadikan konten di media sosial. Bisa dengan membuat video atau hanya dengan kumpulan tutorial berbentuk foto saja. Misalnya, tutorial edit foto menggunakan snapseed. Atau tutorial membuat masker kain tanpa mesin jahit.

4. Mencatat ide menu makanan
Ide kegiatan kelima adalah mencatat ide menu makanan. Buat ibu rumah tangga, pastinya merasa bosan dengan masak menu yang itu-itu saja. Saat waktu senggang, kita bisa membuka cookpad ataupun instagram, mencari lalu mencatat resep yang menurut kita enak dan belum pernah membuatnya. Misalnya resep yang lagi viral, Dalgona Coffee.

5. Memasak atau membuat kue
Ada kalanya saat di rumah saja kita menjadi lebih produktif, misalnya ingin mencoba memasak menu istimewa atau membuat kue yang belum pernah kita buat. Kita bisa memasak bersama anak-anak.
Gimana, ada ide lain?


"Do something wonderful, people may imitate it" Albert Schweitzer
Pernah dengar atau baca quote diatas? Buatlah sesuatu yang hebat, orang akan mencoba menirunya. Meski hanya berdiam diri di rumah saja, kita harus tetap berkarya. Harus tetap menjalani hidup apa adanya tanpa pecitraan palsu. Misalnya, gara-gara suka dengan si A, ingin seperti si A yang penampilannya oke banget, setiap update instagram selalu banyak like, pujian dan lain sebagainya. Padahal kondisi kita sangat berbeda. Daripada pusing harus seperti si A, mending kita tampil apa adanya, tanpa kepura-puraan, tanpa followers palsu dan tipu-tipu agar followers bertambah. Aduh, jangan ya....


Yuk, jadi diri sendiri. Jangan terlalu fokus pada satu tujuan atau keinginan yang membuat kita hanya berada di lingkaran tersebut. Mencoba banyak hal tentunya akan memberikan kesempatan kepada diri untuk berkembang dengan maksimal. Dengan terus berkarya dan menjalani hidup apa adanya, tanpa pura-pura akan membuat hati kita lebih tenang dan nyaman.

Seperti judul diatas, yuk berkarya jalani hidup apa adanya tanpa syarat ketentuan. IM3 Ooredoo menghadirkan lini produk telekomunikasi yang simple dan bebas syarat ketentuan seperti Freedom Internet. Dengan Paket Freedom Internet dari IM3 Ooredoo kita bisa internetan kapan dan dimana saja tanpa khawatir kuota nggak bisa dipakai atau kepotong. Semua jadi Simple banget..

Yuk, berkarya!!
Jalani hidup apa adanya..
Do your best...

Teman-teman, sudah bikin karya apa saja selama #dirumahaja?

Comments

  1. Kalo saya mah bukan berkarya mba, tapi mengolah satu makanan biar besoknya2 punya rasa berbeda 😅

    ReplyDelete
  2. jadi diri sendiri jangan pura2 seolah jadi orang lain :D
    kalo aku masih begini saja apa adanya... hobi nangkring di dapur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayy kita masak-masak bareng lagi yuk. dengan catatan kalo aku ga tepar hihihi

      Delete
  3. Yang pasti, semenjak wfh jadi makin sibuuuuukkkkk. Tapi seneng sih karena blog sama vlog aku jadi keurus.

    ReplyDelete
  4. Kece banget bisa nulis lebih banyak artikel ya jadinya juga makin banyak video masak donk ya mak :D
    Ya walau di rumah aja tetep sebaiknya dinikmatin aja yaa :D

    ReplyDelete
  5. Uwuwuw.. mbaaa 😍
    Masak bolak balik dapur. Anak2 nagih. Lumayan lelah. Mbak ART aku liburin jadi pegang kerjaan smua.


    Ku nggak suka pura2.apa adanya bikin kita jauh lebih nyaman yaa

    ReplyDelete
  6. Setuju banget, Mari berkarya dijalannya masing2 yak, dan membuka diri untuk peluang dengan yang lain berkreasi biar lebih maksimal dengan tetep menjadi diri sendiri apa adanya.

    SApa siihh cewe dibalik yang cuning2 itu pake hijab cuning pulaaak?

    ReplyDelete
  7. inti dari campaign video terbaru im3 ooredo ini buat hidup apa adanya agar bisa lebih berkarya ya kak

    ReplyDelete
  8. Berkarya tetap lanjut. Di dapur juga berkarya ya mba hehe

    ReplyDelete
  9. Iya mbak, menjadi diri sendiri justru lebih melegakan ya dan kita bisa bebas mengeksplorasi kelebihan diri sendiri tanpa terikat oleh orang lain

    ReplyDelete
  10. aku pengen banget deh mbak bisa bikin video masak gitu buat yutub atau minim buat IG TV, tapi kok belum bisa ya. Belum bisa bagi fokusnya, dan yg terutama belum punya alat yg memadai. Hehe

    ReplyDelete
  11. Daku juga lagi berusaha rajin nulis blog nih, buat ngisi waktu daripada bengong saja karena kegiatan antar jemput anak-anak sekolah lagi off :)
    Yang belum bisa rutin itu masak, padahal pengen banget rajin masak biar anak-anak senang makan masakan ibunya.

    ReplyDelete
  12. Iyess menjadi diri sendiri itu lebih baik, karena memang jika memaksakan diri menjadi oranglain maka kita akan capek sendiri.. ngga mau dong capek sendiri dan akhirnya makan hati terus hehe.. dengan menjadi diri sendiri yakinlah kita bisa berkarya dengan kemampuan diri sendiri

    ReplyDelete
  13. Pengen bikin naskah buku nih untuk biar tetap berkaryasaat pandemi tapi pikiran susah fokus dan rasanya lebih banyak kerjaan di rumah, masak, dampingi belajar, ngomel huhu

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah semoga kita bs selalu menjadi diri sendiri dna apa adanya.
    Krn menjadi orang lainitu ga ada enaknya
    Menjadi diri sendiri dg apa adanya lebih menenangkan dan membahagiakan

    ReplyDelete
  15. Lebih berfaedah memanfaatkan waktu #dirumahbaja dengan melakukan hal yang positif selama itu membuat bahagia
    Dengan jalani apa yang diinginkan tanpa perlu kepura-puraan

    ReplyDelete
  16. Iyaa nih, selama di rumah aja aku malah jd makin sering nulis, nulis organic pula :)
    Ya alhamdulillah jd punya kegiatan yg sangat berfaedah hahaa..

    ReplyDelete
  17. Salut sama emak-emak yang semakin produktif saat wfh ini... Pingin juga lebih produktif dan mencoba hal baru...

    ReplyDelete
  18. Setuju, menjadi diri sendiri itu baik. Dari pada pura-pura jadi orang lain. Selain bohong pada orang lain juga membohongi diri sendiri. Malah capek!

    ReplyDelete
  19. Jadi terinspirsi membaca alur cerita bu Istianah di Antologi HIKAM (mereka yang mengispirasi). Saya juga penulis blog gratisan. Setelah membaca cerita ibuk di buku antologi santri putri Almawaddah saya menjadi semakin bersemangat menulis.. alhamdulillah terimkasih ibuk motivasinya.

    ReplyDelete
  20. Bener bnget ya mba , jadi diri sendiri. Jangan terlalu fokus pada satu tujuan atau keinginan yang membuat kita hanya berada di lingkaran dn gk berkembang

    ReplyDelete
  21. aku belum bisa membuat video mba huhuhu kusedih cecali karena kalau bikin video itu kudu pas anak2 masih bobo soale rame padahal cuman beduaan hahaha

    ReplyDelete
  22. Sejak berlaku WFH dan anak-anak off semua kegiatannya sekolahnya, kegiatan dirumah yang terheboh adalah menyediakan menu cemilan utk anak-anak, serunya adalah karena makanan yang saya buat rasanya selalu berbeda padahal jenis menunya sama. disinilah saya tetap PeDe jadi diri sendiri, hehehe

    ReplyDelete
  23. Yang kaget tuh...mendadak IM3 ngasih kuota yang bisa dipakai tanpa syarat dan ketentuan.
    Baru sadar pas listrik di rumah padam, jadi terpaksa harus aktifin paket data. Ngerasa gak pernah beli paket di IM3, jadi aku abaikan...ternyata pas nyalain paket data, langsung bisa internetan lagi dan lancar.

    IM3 Ooredoo Emejiing~

    ReplyDelete
  24. alhamdulillah ya mbak, meskipun #dirumahaja bisa tetap berkarya. Saya pun berusaha jadi diri sendiri dengan mencoba hal baru saat #dirumahaja
    Meskipun sebelum covid menyerang juga saya mah udah di rumah, bedanya sekarang belum bisa kemana-mana aja, hehe

    ReplyDelete
  25. Menjadi diri sendiri perlu banget ya karena sefatnya permanen dan gak perlu capek bohong terus. Kecuali memamg artis ya wkwk. Pokoknya mari kita kembangkan diri sendiri sesuai kemampuan

    ReplyDelete
  26. Aku mau nyontek meu buka puasanya boleh gak hehehe. Jalani kehidupan apa adanya jangan pura-pura ya. Tapi kalau moto mah harus bagus ya biar selera, itu gak itungan boong kok ya :)

    ReplyDelete
  27. Perasaan sih, di rumah aja kerjaan aku bukannya berkurang malah buanyak .. tapi dinikmatin ajalah ya, alhamdulillah masih punya rumah yang nyaman

    ngebayangin anak anak gerobak dan driver ojol, taksi .. sediiih banget

    ReplyDelete
  28. Jalan now dunia perkontenan semakin ketat, tak jarang berasa gak jd diri sendiri kalau mau bikin konten baca ini jd semacam ad pengungsi lagi, btw makin keren deh paket internetan im3 ini

    ReplyDelete
  29. Selama di rumah aja ini, frekuensi nangkring di depan kompor lebih banyak ketimbang di depan laptop...tapi untungnya bisa menikmati krn bisa eksekusi menu2 baru.

    ReplyDelete
  30. Niru orang lain gapapa sih ya, asalkan sesuai dengan kemampuan kita. Kan kalau yang dilakukan orang lain bagus, apa salahnya kita amati, tiru dan modif. ;)
    Yang penting jujur lah ya, enggak dibuat-buat.

    ReplyDelete
  31. Kok aku males bikin tutorial sama ngevlog ya. Nyobain resep makanan boleh lah selama simpel dan ga pake lama. kayak si Kopi Dalgona itu hihi. Emang nih selama masa pandemi jadi bikin kita pengen nyoba hal-hal baru. Aku sedang ngulik aksara Jepang (Hiragana & Katakana) juga belajar copywriting buat marketing. Yang terakhir biar bisa tetep nyari duit secara online :D

    ReplyDelete
  32. Yang harus disyukuri pandemi gini, kita masih bisa terus produktif yaa mbak. Semoga selalu diberi kesabaran. Aamiin. Udaah centang semua kegiatannya hehehe

    ReplyDelete
  33. Di satu sisi ada yg hobi pencitraan, eh di sisi lain, seperti kata mbak, bener banget mbak kadang ada yang suka pusing mikiran postingan atau konten org lain, sibuk julidin pula, sampai lupa kok gak nunjukin karya sendiri aja drpd ngurusin org lain hehe

    ReplyDelete
  34. Di masa pandemi ini, dan karena jadwal kerja On/Off,jadi saya bisa menulis di blog lebih sering lagi dari sebelumnya. Kalau jatahnya WFH, bisa ikutan BW lebih sering.

    ReplyDelete
  35. Perlu disyukuri juga ya di masa pandemi begini, jadi makin sering menulis juga aku di rumah. Bikin konten organik pula :)

    ReplyDelete
  36. Dulu aku pengen banget jadi si A alesannya karena dia bisa keliling2 dunia hahahaa akhirnya setelah dpt hidayah aku sadari jadi diri sendiri lebih enak mba

    ReplyDelete
  37. Tetap produktif di tengah keterbatasan seperti yang dialami saat ini dengan tetap menjalani hidup dengan apa adanya. Semoga permasalahan wabah ini segera berlalu dan segalanya bisa membaik seperti sedia kala

    ReplyDelete
  38. Kalo yang biasa ngantor pasti awalnya bingung ya Mbak, mau ngapain aja di rumah? Tetapi begitu ketemu ide seperti di atas, pasti waktu berasa kayak gak cukup buat ngerjain yang sudah direncanakan.

    ReplyDelete
  39. Masak ae mak. Masakanmu, foto cakep-cakeppp. Sekalian makan sendiri sekalian konten ya mak pastinya

    ReplyDelete
  40. aku juga menikmati kebebasan berkarya dan kreatif di saat sekarang..tanpa perlu pura - pura atau heboh sendiri yaa mbaaa

    ReplyDelete
  41. Jd diri sendiri juga jadi kunci bisa bertahan atau tdk di dunia perbloggingan ya mbak. Ngak perlu memaksakan diri menjadi siapapun hehe...

    ReplyDelete
  42. setuju banget! Berkarya dan jalani hidup apa adanya. Nggak usah neko neko dan tanpa tedeng aling aling ya maaaaak.. hehe

    ReplyDelete
  43. Dimasa Pandemi ini alhamdulillah masih produktif ya, semoga semua ini segera berakhir ya pandemi, dan hidup kita normal plus lebih baik lagi

    ReplyDelete
  44. Aku selalu bersyukur dengan apa yang ada di diriku
    Tetapi seringnya di mata orang lain aku selalu salah melangkah hahaha

    ReplyDelete
  45. Sekarang emang jamannya ATM,, Amati Tiru Modifikasi tapi memiliki identitas sendiri itu sangat perlu, menjadi diri sendiri lebih nyaman dan puas menurutku,, btw aku pun pake indosayt oredoo udah hampi 12 tahun,, nomerku aja 10 tahun ga ganti

    ReplyDelete
  46. selama #DiRumahAja aku jadi sering bikin camilan, MBaaak. Hahaha. ANak dan bapak serba from home, pengennya ngemil terus. Jadinya emak kudu putar otak biar pengeluaran tetap terkontrol. Hahaha

    ReplyDelete
  47. Duh sy godaan bikin video itu malas ngeditnya hahah krn waktunya lama jd videonya kurang dr 5 menit heuheu

    ReplyDelete
  48. Aku juga masih apa adanya. Mengakui kalau nggak bisa masak. Hahahaha. Eh tapi sejak WFH dan SFH jadi terpaksa masak. Nggak tiap hari juga, soalnya anak -anak bosen masakan emaknya yang gak enak menurut mereka. Hihihi

    ReplyDelete
  49. Berkarya dengan apa adanya tanpa kebohongan, akan lebih dihargai pastinya ya mba.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say