Friday, 3 April 2020

Tanya Dokter Spog, Faktor-faktor Penyebab Wanita Tidak Subur

Banyak diantara pasangan suami istri yang sudah mencoba beragam cara untuk bisa hamil atau mendapatkan momongan, namun tidak kunjung terjadi. Hal ini sebenarnya bisa dipicu oleh beragam faktor, termasuk diantaranya adalah kondisi ketika tubuh tidak subur. Untuk itu sebaiknya tanya dokter Spog. Anda juga bisa mencoba beberapa program kehamilan yang mereka tawarkan untuk bisa segera mendapatkan momongan. Mengingat sangat penting untuk memiliki keturunan, apalagi jika usia Anda sudah tidak bisa dikatakan muda.

Pastinya Anda dan juga pasangan sangat mempertimbangkan jarak perbedaan usia tersebut bukan. Apalagi pada dasarnya semakin bertambahnya usia maka wanita juga memiliki resiko untuk menopause, ketika sudah memasuki fase ini maka akan sangat sulit untuk bisa hamil atau memiliki anak kembali. Berikut ini diantaranya ada beberapa hal yang menyebabkan seorang wanita menjadi tidak subur, yaitu: 

1. Pemakaian obat-obatan tertentu, beberapa jenis obat yang dikonsumsi, mulai diantaranya adalah neuroleptik yang dipakai untuk menangani masalah kejiwaan, kemudian juga obat kemoterapi sampai obat golongan NSAID ternyata bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit hamil, mengingat menganggu sistem hormonal dan juga reproduksi yang ada di dalam tubuh. Untuk itu segera konsultasikan dengan dokter Anda, jika seandainya Anda termasuk dalam pengguna salah satunya.

2. Terkena sindrom PCOS, PCOS atau yang dikenal juga sebagai polycyctic ovary syndrome berpengaruh terhadap sistem hormonal yang diproduksi oleh tubuh. Sehingga membuat seorang wanita kerap kali telat datang bulan. Jika mengalami kondisi ini tentunya akan sangat sulit dalam memperkirakan kapan masa subur tersebut agar bisa dilakukan pembuahan. Untuk itu kuncinya adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat dan olahraga secara teratur.

3. Obesitas, wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas bisa menyebabkan kesulitan di dalam memiliki momongan. Apalagi jika seandainya hal yang menyebabkan kegemukan atau obesitas tersebut adalah gaya hidup yang tidak sehat. Suka jajan sembarangan dan juga mengonsumsi terlalu banyak makanan maupun minuman manis. Hal ini juga mempengaruhi kondisi hormonal yang ada dalam tubuh. Termasuk diantaranya adalah bisa menyebabkan resiko penyakit diabetes gestasional ketika tengah hamil nanti.

4. Terkena endometriosis, ini adalah sebuah kondisi dimana terjadi penebalan dinding endometrium, namun bukan pada rahim, melainkan bisa pada bagian yang lain seperti tuba falopi yang menyulitkan sel sperma untuk masuk dalam melakukan pembuahan disana. Sehingga membuat wanita sulit hamil, endometriosis ini sendiri juga kerap kali menyebabkan siklus haid terganggu.

5. Terkena penyakit menular seksual atau PMS, terjangkit penyakit kelamin juga dapat menyebabkan masalah pada kesuburan wanita, seperti diantaranya adalah klamidia dan juga gonore yang dapat ditularkan lewat hubungan seksual yang tidak sehat. Infeksi ini dapat membuat ovulasi menjadi semakin berkurang sehingga kemampuan untuk bisa hamil juga kian kecil.

6. Adanya gangguan pada cairan serviks atau leher rahim yang menyebabkan sperma sulit di dalam berenang dan membuahi sel telur.


Jika Anda mengalami kondisi-kondisi di atas, maka jangan ragu untuk konsultasi atau tanya dokter Spog cara mengatasinya bisa lewat aplikasi Halodoc. Karena tentunya tidak ingin menunggu lama bukan untuk segera dapatkan momongan. Mengingat bagaimanapun keberadaan seorang anak memang menjadi anugerah terindah yang tidak bisa dinilai lagi harganya. Karena beberapa masalah yang memicu ketidaksuburan tersebut tetap ada solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Menjalani program bayi tabung juga bisa untuk segera dapatkan momongan.

No comments:

Post a comment