Skip to main content

Menu Takjil Hari ke 1 : Martabak Telur

Ada yang suka Martabak Telur? Sebelumnya, selamat menunaikah ibadah puasa buat sahabat HM Zwan, semoga puasa tahun ini membawa keberkahan bagi kita, aamiin. Alhamdulillah, puasa hari pertama berjalan lancar. Seharian tetap #dirumahaja nggak kemana-mana, paling jemur pakaian, buka gerbang, nyapu halaman, tutup gerbang lagi hehehe. Jam 8 pagi mulai bosan, jarena biasanya uprek di dapur tapi kali ini leha leha wkwkwk.


Karena nggak kuat leha leha aja, akhirnya cari ide bikin apa gitu. Setelah buka-buka instagram, cookpad, baca blog. Akhirnya pilihan jatuh ke bikin martabak telur untuk menu takjil hari ke 1. Karena udah biasa bikin kulit risoles, lumpia dan martabak sendiri. Yaudah deh langsung eksekusi. Kebetulan semua bahan juga tersedia di gudang sembako, jadi tinggal eksekusi deh. 

Ohya, biasanya saya bikin kulit risoles, lumpia dan martabak telur pakai air biasa. Tapi kali ini saya coba pakai tambahan santan, pastinya lebih wangi dan kulitnya pas ditumpuk nggak nempel satu sama lain. Biasanya sih nempel atau lengket gitu, alhamdulillah ini kok nggak lengket. Senang deh, pertama kali nyoba dan hasilnya bener-bener suka banget.

Baca juga Resep Kulit Risoles dengan 4 Bahan 

Ohya, satu resep ini jadi 2 buah martabak telur ukuran sedang, yaaa ukurannya kayak di kedai martabak gitu. Jadi pasti cukup untuk menu takjil satu keluarga. Kalau dipitong jadi dua, artinya bisa di potong jadi 3 lagi. Total satu martabak jadi 6 potong, 6 kali 2 sama dengan 12. Banyak kan, 12 potong. Insya Allah cukup ya buat satu rumah.


Resep dan Cara Membuat Martabak Telur 
Kulit Martabak Telur (praktis)
By @hm_zwan
Bahan :
150 gr terigu
1/4 sdt garam
1 butir telur
50 ml santan kental
1 gelas belimbing air
Minyak goreng untuk olesan

Cara membuat :
Siapkan wadah, masukkan terigu, telur, garam dan santan. Aduk rata. Tuang air perlahan sambil diaduk, sampai adonan kental encer. Olesi teflon dengan minyak goreng, tuang 1 sendok sayur adonan kulit, buat dadar. Jika sudah matang, angkat. 


Bahan Isi (campur jadi satu) :
Ayam bumbu kecap (2 potong ayam)
3 batang daun bawang, cacah
7 buah bakso, iris
2 butir telur
Garam, merica, kaldu jamur secukupnya 

Cara membuat Martabak Telur :
Panaskan teflon, tuang minyak goreng, bentangkan 4 lembar kulit diatas minyak, beri isian, tutup, goreng sampai coklat keemasan, balik. Jika sudah matang, angkat, sajikan.


Hal-hal yang Perlu diperhatikan Saat Membuat Adonan Kulit
1. Setelah mencampur semua bahan jadi satu kecuali air, aduk sampai rata. Setelah itu, tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Sebaiknya mengaduk adonan kulit menggunakan whisk, agar adonan bagus dan licin. Sekiranya adonan kental cair, stop tuang airnya.
2. Saat akan membuat kulit, pastikan teflon diolesi minyak tipis. Gunakan sendok takaran untuk menuang adonan kulit ke teflon, misalnya menggunakan sendok sayur. Takarannya ketika menuang adonan ke teflon adalah satu sendok sayur, kalau misalnya ada area yang bolong, bisa ditambah sedikit. Jangan mengambil satu sendok sayur lagi dan menuang ke teflon, nanti terlalu tebal jadinya.

Soal hasil dan rasa, alhamdulillah enak bangetttt. Awalnya saya ragu-ragu, ya karena kan puasa nggak bisa incip haha. Alhamdulillah rasanya pas, enak banget. Soal kulit martabak, bagian pinggir masih ada sensasi kriuknya pas saya makan buat takjil. Padahal saya gorengnya jam 3 sore, lebih cepat karena ada kerjaan. Kalau mau kress banget dan anget-anget, gorengnya bisa jam 4 atau 5 sore, jelang waktu buka puasa.
Selamat mencoba..

Teman-teman, bikin menu apa untuk takjil hari ke 1?

Comments

  1. Wah terlihat menarik ya Kak. Bahan-bahannya juga tidak sulit untuk didapatkan cocok sekali untuk pecinta martabak telur

    ReplyDelete
  2. Terlihat menarik ya kak. Bahan bahannya juga tidak sulit untuk didapatkan, cocok untuk pecinta martabak telur

    ReplyDelete
  3. Wah terlihat menarik ya Kak. Bahan-bahannya juga tidak sulit untuk didapatkan cocok sekali untuk pecinta martabak telur

    ReplyDelete
  4. Menarik sekali ya kak. Bahan bahannya juga tidak sulit untuk didapatkan cocok untuk pecinta martabak telur

    ReplyDelete
  5. Terlihat menarik ya kak, bisa juga untuk usaha kecil kecilan

    ReplyDelete
  6. Enak nih bun buat cemilan waktu buka puasa. Jadi tidak perlu repot repot cari tukang martabak

    ReplyDelete
  7. Termasuk praktis ya, Bu. Ternyata bikin martabak telur tidak serumit yang dibayangkan

    ReplyDelete
  8. Selain bisa makan martabak ala rumahan kesehatan dan kebersihan tentunya terjamin ya, Bu

    ReplyDelete
  9. Wuah enaak banget ini, ditambah acar dan cabe rawit, mantuul!
    Kapan2 mau coba bikin kulit lumpia sendiri, biasanya aku beli, entah kenapa kalo bikin dadar2 seperti ini kok gagal2 melulu hiks.

    ReplyDelete
  10. Wah mantap banget resepnya mbk, saya suka banget martabak tapi gak tau resep nya Alhamdulillah jadi tau sekarang. Mks ya mbk 😊

    ReplyDelete
  11. Wah mantap banget resepnya mbk, saya suka banget martabak tapi gak tau resep nya Alhamdulillah jadi tau sekarang. Mks ya mbk 😊

    ReplyDelete
  12. Aku suka banget martabak telur, sebulan kalau nggak makan martabak telur, serasa ada yang kurang di hidupku, hahahaha. Lebay sih.
    Kemarin sempat lihat di IGmu, resep bikin kulit martabaknya, udah catat tinggal eksekusi bikinnya. Semoga angin datang dengan gembira biar tergerak buat bikin martabak telur sendiri.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say