Thursday, 5 March 2020

5 Ide Menu Makan Siang Anak

Bund, sering bingung nggak sih bikin menu makan siang anak?setelah anak-anak usia 7 tahun keatas biasanya kita tidak terlalu repot untuk urusan menu anak. Karena mereka sudah bisa makan menu orang dewasa. Berbeda halnya jika anak-anak masih kecil atau balita. Kita sebagai orangtua pasti masih membedakan makanan untuk mereka.


Saya memiliki anak usia 4 tahun, setiap hari saya masoh sering masak dua menu. Khusus untuk si kecil dan menu untuk kami, saya dan suami. Tapi ada kalanya saya masak hanya satu menu yang bisa dikonsumsi oleh anak. Artinya saya tidak masak masakan pedas, misalnya ikan bumbu balado. Contoh satu menu untuk satu keluarga, sayur sop ayam,sayur bayam. Nah, menu seperti ini biasanya saya hanya memasak sekali saja.

Biasanya  saya masak menu apa saja untuk si kecil. Mau tau?? Berikut ini ada beberapa ide menu makan siang anak.


Sayur bening daun kelor
Bahan :
Segenggam daun kelor, daunnya saja
2 buah jagung manis, potong jadi 2
6 bawang merah iris tipis
3 bawang putih geprek, iris tipis
3 gelas air
Gula dan garam secukupnya
Sedikit Kemangi

Cara membuat :
Rebus air, masukkan jagung manis, rebus kurang lebih 5 menit. Masukkan daun kelor, tambahkan gula, garam dan daun kemangi. Jika sudah layu, angkat.

Catatan : Cara memasak daun kelor ini sama seperti bayam, sebentar saja. Tidak perlu lama.


Suwir ikan pindang salem
Bahan :
1 ekor ikan pindang salem, suwir
6 bawang merah iris tipis
3 bawang putih geprek, iris tipis
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
5 sdm air
Gula, garam dan kaldu jamur secukupnya
2 sdm kecap manis

Cara membuat :
Tumis bawang merah, putih, daun salam dan jeruk sampai harum. Masukkan ikan, air, gula, garam, kecap manus dan kaldu jamur secukupnya. Koreksi rasa, jika air menyusut, angkat,sajikan.


Bola Bola Kentang isi Telur Puyuh
(4 buah bola kentang)
Bahan :
2 buah kentang, kukus
3 bawang merah, goreng
2 bawang putih, goreng
Seledri dan daun bawang secukupnya
Gula, garam, kaldu jamur secukupnya
1 butir telur
2 sdm tepung roti
4 telur puyuh rebus, kupas
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Uleg kentang, bawang merah dan putih, tambahkan gula, garam dan kaldu jamur secukupnya. Beri irisan daun bawang dan seledri, aduk rata. Ambil adonan, isi telur puyuh, kepal sampai berbentuk bulat. Kocok telur, masukkan bola bola, gulingkan ke tepung roti, goreng. Jika sudah matang, angkat sajikan.


Sup Tahu Pokcoy
Bahan :
1 buah tahu, potong dadu
1 batang pokcoy, potong 4 cm
7 bawang merah, iris tipis
4 bawang putih, geprek iris tipis
1 batang daun pre/daun sop (ambil batangnya saja), iris tipis
1 batang daun seledri, iris 1 cm
1 batang daun pre/daun sop, iris 1 cm
Gula, garam dan kaldu jamur secukupnya
2 gelas air
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang merah, putih, batang daun pre sampai harum. Masukkan air, jika sudah mendidih tambahkan tahu, gula, garam, dan kaldu jamur secukupnya. Masukkan pokcoy, daun bawang dan seledri. Jika sudah matang, angkat sajikan. 


Sayur Udang Labu Siam
Bahan :
100 gr udang, kupas kulitnya
1 buah tahu, goreng setengah matang
1 buah labu siam uk sedang, potong suka suka
1,5 gelas air
Gula, lada dan garam secukupnya
1 sdm margarin

Bumbu tumis/iris :
5 bawang merah
3 bawang putih, geprek iris

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bumbu sampai harum. Masukkan udang, air dan labu siam. Masukkan tahu, gula, lada, garam dan gula secukupnya. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

Gimana, sangat mudah bukan? Semoga ide menu makan siang anak ini bermanfaat.

3 comments:

  1. Boleh ni coba di rumah.

    Terlihat mudah juga.

    ReplyDelete
  2. Menu menu makan siangnya enak enak sekali. Bola Bola Kentang itu sepertinya mirip perkedel ya. Hmmmm boleh dicoba nih resep resepnya Salam dari Pontianak. Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  3. Aduh enak2 dan simple juga ini masakannya untuk Bubuky. Saya nggak pernah lihat loh daun kelor, hehe... Bola2 kentang juga enak ini, biasa bikin kentang doang, dikasih telur puyuh juga asyik ya.

    ReplyDelete