Thursday, 9 January 2020

Jangan Sampai Salah, Intip Cara Cek Nomor IMEI Resmi Disini

Membeli ponsel secara online, memang cukup digemari beberapa pihak. Selain transaksinya yang mudah tanpa harus keluar rumah, membeli smartphone secara online pun dapat memberikan kebebasan untuk membandingkan satu sama lain. Namun membeli smartphone secara online pun wajib diperhatikan oleh pengguna, apakah ponsel tersebut legal atau tidak. Untuk mengetahui keresmian smartphone anda, yuk simak cara cek nomor IMEI resmi berikut.

Pentingnya Mengecek Nomor IMEI
Apakah penting untuk mengecek nomor IMEI? Tentu saja penting. Perlu anda ketahui nomor IMEI yang tidak terdaftar dalam database Kementerian Perindustrian atau Kemenperin, dapat dianggap sebagai smartphone yang ilegal. Sedangkan pemerintah belakangan ini telah membuat rencana, untuk membasmi smartphone yang nomor IMEI nya tidak terdaftar dalam database mereka.

Bagi smartphone ilegal yang terblokir, tentu ponsel tersebut tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Smartphone yang terblokir akan kehilangan sinyal, sehingga ponsel mereka hanya akan dapat berfungi untuk mengambil gambar atau video. Tentu anda tidak ingin ponsel anda tiba-tiba kehilangan sinyal untuk selamanya bukan?

Itulah pentingnya anda mengetahui cara cek nomor IMEI resmi, dengan mengetahui keresmian dari smartphone maka anda dapat lebih tenang dan aman. Apabila anda membeli smartphone secara online, ada baiknya untuk melihat apakah nomor IMEI telah terdaftar atau tidak pada situs Kemenperin. Bagi yang belum mengetahui nomor IMEI ponsel mereka, ikuti saja beberapa caranya berikut.

Cara Mengetahui Nomor IMEI
Sebelum memasuki situs Kemenperin, tentu anda harus mengetahui nomor IMEI ponsel anda terlebih dahulu. Ada setidaknya 4 cara untuk mengetahui nomor IMEI, dan beberapa cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Cara pertama adalah dengan melihat box atau kardus dari smartphone, pada box tersebut nomor IMEI akan berada di salah satu sisinya.

Apabila anda lupa meletakkan box kardus dari ponsel, maka anda bisa melihat nomor IMEI pada bagian perangkat ponsel. Bukalah casing bagian belakang ponsel, dan perhatikan pada bagian baterai. Pada beberapa ponsel, nomor IMEI ditampilkan pada baterainya. Namun apabila pada baterai tidak terdapat nomor IMEI, anda bisa melihatnya pada bagian slot sim card.

Setiap slot sim card akan memiliki satu nomor IMEI, sehingga apabila anda memiliki dual sim card maka akan terdapat dua nomor IMEI. Setiap nomor tentu memiliki kode yang berbeda, umumnya nomor IMEI akan terdiri dari 14 hingga 16 digit nomer. Tidak hanya setiap slot sim card yang memiliki kode berbeda, bahkan kode satu ponsel pun berbeda dengan perangkat lainnya.

Apabila anda takut dan tidak yakin dengan nomor yang tertera pada bagian slot atau baterai, maka anda bisa mengecek nomor IMEI dengan mengoperasikan smartphone. Cara cek nomor IMEI resmi adalah, dengan melalui menu setting atau pengaturan. Pada menu tersebut, tentu terdapat berbagai detail ponsel mulai dari jenis hingga nomor IMEI. Pada beberapa ponsel, harus melihat nomor IMEI melalui opsi Status terlebih dahulu.

Pada opsi Status, anda dapat melihat nomor IMEI dan informasinya. Apabila smartphone anda memiliki lebih dari slot kartu sim, maka pada opsi Status tersebut juga akan terdapat dua nomor IMEI. Perhatikan kedua nomor IMEI tersebut, sudah pasti berbeda satu sama lain bukan? Kedua nomor ini, harus terdaftar dalam database Kemenperin agar dapat dikatakan legal.

Tahap terakhir dari cara cek nomor IMEI resmi adalah, dengan melakukan dial call. Masuk ke dalam pemanggilan, dan ketikkan kode *#06#. Selanjutnya lakukan pemanggilan seperti mengecek data internet, dan tunggu untuk beberapa waktu. Nomor IMEI akan muncul pada layar, sebanyak slot kartu yang ada pada smartphone. Artinya apabila anda memiliki smartphone dual sim card, maka nomor IMEI yang muncul pun ada sebanyak dua.

Cek Keresmian dari Nomer IMEI
Setelah mengetahui nomor IMEI, bukan berarti smartphone anda telah legal. Smartphone dikatakan legal apabila nomor IMEI tersebut telah terdaftar, pada database Kemenperin. Untuk melihat apakah telah terdaftar pada database kemenperin, anda hanya cukup membuka situs resmi kemenperin. Masukkan Nomor IMEI pada kolom yang tersedia pada situs tersebut, pastikan setiap digitnya benar dan sesuai dengan IMEI ponsel anda.

Cara cek nomor IMEI resmi ini merupakan tahap terakhir, yang bertujuan untuk membuktikkan bahwa smartphone anda telah legal. Klik ikon search yang ada di samping kolom, dan tunggu konfirmasi dari website. Apabila hasil yang ditampilkan adalah nomor IMEI telah terdaftar, maka bisa dipastikan smartphone anda telah legal. Namun jika tertulis nomor IMEI belum terdaftar, maka bisa dikatakan smartphone anda merupakan ponsel black market atau ilegal.  

Dalam membeli smartphone, hendaknya anda memperhatikan beberapa hal. Mulai dari kapasitas perangkat, hingga keaslian atau kelegalan dari smartphone. Saat ini pemerintah mulai gencar untuk membasmi ponsel black market, tentu menjadi kerugian bagi anda jika anda sendiri tidak mengetahui keaslian smartphone anda. Akan lebih aman lagi, jika anda membeli ponsel di gerai yang resmi. Atau bisa baca disini https://www.cekaja.com/info/cara-cek-imei-hp-android-dan-ios-lewat-ponsel-serta-situs-kemenperin-2019/

No comments:

Post a Comment