Tuesday, 10 December 2019

Tips Menjaga Agar Nasi Tetap Sehat

Salah satu tanda nasi yang sehat adalah nasi yang tidak mudah basi. Bayangkan saja, misalnya kita masak nasi di pagi hari, sore hari nasi sudah basi dan berair. Pastinya itu membuat kita kesal, padahal kita sudah memasak dengan benar. Atau, jangan-jangan ada yang salah dengan beras kita, atau cara kita menyimpan beras dan lain sebagainya. Sungguh, mencari penyebab nasi yang mudah basi terkadang sangat sulit.

Pernah satu hari saya memasak nasi, seperti biasa, beras saya cuci berkali-kali sampai air berwarna bening. Lalu saya masak di rice cooker, setelah matang, saya biarkan kabel menempel. Sore hari saat kami mau makan, ketika saya membuka rice cooker tercium bau nasi basi dari dalam rice cooker. Iya, ternyata nasi yang saya masak tadi pagi sudah basi di sore hari. Padahal berasnya masih sama dengan beras sebelumnya. Begitu juga dengan rice cooker nya. Lalu, salahnya dimana ya?. 

Sepele ya, tapi kalau ingat kejadian itu rasanya saya tidak mau lagi sampai memasak nasi yang cepat basi. Ngebayangin baunya aja rasanya, ugh... Nah, sejak kejadian itu, saya mulai detail masalah memasak nasi. Dari mulai memilih beras yang baik, menyimpan, dan memasak dengan peralatan yang baik. Dengan seperti ini, sudah dipastikan nasi akan tetap sehat dan kita bisa menyajikannya untuk keluarga.


Tips Menjaga Agar Nasi Tetap Sehat
Cerdas Memilih Beras
Dalam memilih beras, kita harus perhatikan beberapa point dibawah ini.
1. Salah satu tanda beras yang berkualitas adalah beras yang beraroma wangi, tidak bau apek.
2. Beras utuh dan tidak pecah. Artinya bentuknya utuh panjang seperti beras pada umumnya, tidak pecah pecah.
3. Warna beras tidak terlalu putih. Jika warnanya sangat putih, kita harus waspada.
4. Jangan tergiur dengan harga beras yang sangat murah.

Simpan Beras pada Sarana Penyimpan Beras
Hampir dua bulan, bahkan sebelumnya juga saya masih menyimpan beras di wadah aslinya. Seperti dua bulan terakhir ini, beras pemberian dari ibu mertua dan bibi di kampung masih duduk manis di karung. Padahal menyimpan beras di wadah seperti ember atau container menyebabkan sirkulasi beras tidak sehat, karena beras yang berada di tumpukan paling bawah menjadi sulit diambil sehingga semakin lama tertumpuk dan dapat menyebabkan munculnya kutu beras, serangga, beras mudah apek & tidak higienis. Itu di ember atau container lho ya, apa kabar sama beras saya yang masih sering saya simpan di karung, hickz. Jadi merasa bersalah.

Monday, 2 December 2019

Advan G3 Pro, Smartphone Terbaik dibawah Rp 2 Jutaan

Sebulan yang lalu saya dapat musibah, smartphone andalan saya jatuh dan tidak bisa hidup lagi. Sedih banget rasanya, karena itu adalah smartpone yang saya gunakan ubtuk keperluan menulis blog dan sesekali memotret dengan alat tersebut. Sampai akhirnya saat banyak pekerjaan, saya merasa ada yang kurang. Meskipun masih ada satu smartphone lagi tapi rasanya takut sekali kalau tiba-tiba eror karena memory penuh. Sempat kepikiran untuk beli smartphone baru tapi masih maju mundur.

Alasan yang membuat saya maju mundur salah satunya adalah mengenai harga smartphone itu sendiri. Pinginnya, beli yang bagus tapi kok ya yang bagus itu mayoritas harganya 3juta keatas. Pingin coba beli yang murah tapi takut cepat rusak, gini nih emak emak kalau kebanyakan mikir. Endingnya nggak jadi beli deh hahaha.


Satu hal kenapa saya pingin banget beli smartphone baru, karena sudah kurang lebih 5 tahun saya sangat nyaman bekerja menggunakan smartphone. Baik untuk keperluan menulis artikel di blog, memotret, chatting sampai memesan makanan. Bener-bener dimanjakan sekali dengan smartphone masakini. Semua dipermudah..

Nah, mulai dari beberapa minggu yang lalu, saya mulai banyak tanya dan cari info mengenai smartphone yang klik di hati. 

Advan G3 Pro, Smartphone Terbaik dibawah Rp 2 Jutaan 
Ada yang tau Advan? berdiri pada tahun 1998 sebagai perusahaan kebanggan Indonesia. Beragam produk telah diciptakan dan di produksi oleh PT Bangga Teknologi Indonesia. Mulai dari Notebook, Tablet, PC, Smartphone, hingga aksesoris digital. Dari data yang diliris International data Corporation ( IDC ) sepanjang 2017. Penjualan Smartphone Advan meningkat dari tahun sebelumnya.Tercatat pada tahun 2017 Advan menempati posisi ke-3 dengan market share 7,7%. Pada tahun 2016, Advan berada di urutan ke-4 (6,8%). Pada Tahun 2018, Advan tetap berada di Top 5, Advan yakin, bahwa teknologi adalah milik semua orang.