Wednesday, 10 January 2018

Purwakarta : Jalan Sore ke Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buled

Purwakarta : Jalan Sore ke Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buled. Libur cuti bersama Natal akhirnya saya jalan juga ke Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buled yang ada di Purwakarta. Ada yang belum tau taman yang terkenal dengan sebutan Situ Buled (danau berbentuk bulat/bundar)??jadi, taman ini terkenal dengan air mancur bergoyangnya. Tapi sayang banget saya kesananya sore hari, jadi air mancurnya pas istirahat hehe.

Ceritanya, keponakan saya yang baru dipindah kantornya dari Jogja ke Jakarta sedang libur cuti bersama Natal 4 hari. Nggak bisa pulang ke Jombang akhirnya pulang deh ke Subang hehe. Yasudah, selama 4 harian saya ajak jalan-jalan ke Purwakarta. Salah satunya ke Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buled. Kebetulan sampai taman pukul 16.00, lumayan ramai. Setelah parkir mobil di depan area taman, kami berempat (saya, suami, bubuky dan keponakan) masuk ke area taman.

Saya kira pas masuk gerbang utama sudah masuk Situ Bulednya, eh ternyata masih harus jalan muter kurang lebih 2km sampai masuk dan lihat situ/danaunya. Tapi jalan menuju Situnya nggak membosankan, jalanan yang kanan kiri ada taman banyak tanaman, pohon rindang dan tempat duduk. Jadi, bisa banget buat selfi hehe.

Masuknya bayar nggak sih?
Untuk masuk ke Situ Buled tidak dikenai biaya alias gratis. Ngapain aja di dalam? Kalau pagi sampai sore kita bisa menikmati sejuknya area danau, bisa jogging keliling danau, atau jalan tanpa alas kaki di sepanjang jalan (area Situ Buled). Ohya, disini juga bisa kasih makan ikan lho. Kebetulan di dalam area Situ Buled ada yang jualan makanan ikan, satu bungkus Rp 5000 kalau nggak salah. Jadi sambil duduk manis, kita bisa ngasih makan ikan yang ada di Situ atau Danau.

Buat yang bawa anak kecil, harus diawasi banget ya kalau mau ngasih makan ikan. Meskipun ada pagar pembatas tapi menurut saya pagarnya terlalu longgar, ngeri aja rasanya. Jadi, diawasi betul kalau bawa anak kecil kesini.


Air mancur bergoyang adanya kapan aja?
Untuk air mancur bergoyang, adanya malam minggu. Jadi yang niat banget pingin lihat air mancur bergoyang di Situ Buled, harus sabar karena antri banget hehe.

Lokasinya Situ Bulednya di mana?
Kalau dari arah Sadang, lurus saja ikuti jalur ke kota. Untuk lebih jelasnya, ketika lihat plang Swalayan Yogya, kurang lebih 100 meter ada pertigaan, belok kiri lurus ikuti jalan. Kurang lebih 3 km, kalau sudah lihat banyak kuda di pinggir jalan, artinya kita sudah sampai di depan Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buled. Bukan di depan sih, tapi dibelakang pintu utama taman tepatnya hehe.

Satu tahun tinggal di Subang yang deket banget sama Purwakarta, akhirnya kesampaian juga jalan-jalan dan lihat langsung Situ Buled. Meskipun lihatnya sore hari bukan pas malam minggu sambil lihat air mancur bergoyang, tapi setidaknya sudah pernah kesini.

Teman-teman ada yang sudah pernah ke Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buled??

No comments:

Post a Comment