Friday 17 November 2017

Ayo Main : Memasukkan Kacang Hijau ke dalam Botol


Ayo Main : Memasukkan Kacang Hijau ke dalam Botol. Kalau biasanya bubuky main kacang hijau di wadah, kali ini giliran memasukkan kacang hijau ke dalam botol. Ceritanya hampir 2 mingguan bubuky jarang main karena sakit. Mulai dari sakit dirumah sampai dirawat di rumah sakit selama semingguan. Kebetulan banget saya belum nulis jadwal permainan buat bubuky lagi, pas lagi beberes kaleng yang isinya kacang hijau. Terus lihat botol bekas air minum warna hijau, yaudah langsung kepikiran buat mainan bubuky. Yaitu memasukkan kacang hijau ke dalam botol.

Alat dan bahannya saya menggunakan kacang hijau yang ditaruh di wadah dan bekas botol minuman. Kalau misalnya nggak ada, bisa pakai yang ada di rumah, bisa pakai beras atau biji-bijian, tempatnya selain botol bisa pakai cangkir atau gelas plastik. Ya, pokoknya apa aja deh, sekreatif kita, yang penting anak bisa main sambil belajar.

Baca juga  Ayo Main Stick Drop

Selama main ini, awalnya bubuky gagal memasukkan kacang hijau ke botol, susah banget sampai gemes dan botolnya dibuang ke belakang. Terus diambil lagi hahaha. Selanjutnya saya kasih contoh lagi, ditiru tiga kali tapi bubuky lebih senang nuang dan goyang-goyangin botol, kan ada suaranya hehe.

Manfaat dari permainan ini adalah..
1. Melatih koordinasi mata dan tangan
2. Menstimulasi sensori tangan, terutama saat memegang dan meraba tekstur kacang hijau
3. Fokus dan konsentrasi
Buat ibu-ibu yang nggak mau ribet karena kalau anak-anak main kacang hijau, endingnya pasti berantakan kemana-mana. Jadi, ya nggak usah nyoba main ini. Ya nggak??kalau nggak mau ribet lo ya, hehe. Tapi kalau pingin nyoba mainan ini, saran saya mainnya diatas karpet. Kalau saya pakai karpet perlak. Jadi, selesai main nggak perlu nyapu, cukup angkat perlak dan tuang kacang hijau ke wadah, beres. Atau bisa pakai kacang tanah, lumayan nggak merepotkan kalau tercecer dibanding kacang hijau.

Main kali ini nggak begitu lama, kurang lebih 20 menit bubuky anteng masukin kacang hijau ke dalam botol. Tapi lumayan bikin anak sibuk dengan mainannya. Setelah selesai main, kacang hijau nggak begitu banyak yang tercecer di lantai. Setelah mengangkat bubuky ke lantai, waktunya beberes. Nggak sampai 5 menit, kacang hijau sudah masuk kaleng, sapu bentar, beres. Alhamdulillah..

Teman-teman, ada yang pernah coba permainan ini bareng anak atau saudara??

8 comments:

  1. Waah kreatif banget Mbak. Ini bisa melatih konsentrasi anak juga ya biar kacang hijaunya bisa masuk. Buat anak kecil kan gampang gampang susah. Yang penting sih jadi anteng ya. Besok coba ah kalau Firddan dah agak gedean dikit.

    ReplyDelete
  2. permainan sederhana, tapi besar manfaatnya :))

    ReplyDelete
  3. Ternyata permainan untuk menstimulasi anak bisa dengan hal simple begini ya Mba. Well noted. :)

    ReplyDelete
  4. Permainan murah nan menarik. Anak2 pasti konsen ambil kacang lalu masukin ke botol. Latih sensorik dan motoriknya

    ReplyDelete
  5. Wah mamaknya kreatiif, permainan murah dan menyenangkan, sehat selalu yaa Bubuky..

    ReplyDelete
  6. dengan bahan sederhana melatih kemampuan motoriknya ya

    ReplyDelete
  7. Anakku bertahan hanya 10 menit mentossori beginian. Bosan kali yak... jadi kudu pelan2 emang buat ngajari anak. Semangat mbak...

    ReplyDelete