Thursday, 17 August 2017

DIY : Menyulap Daster Menjadi Baju Gamis Anak Laki-laki


DIY : Menyulap Daster Menjadi Baju Gamis Anak Laki-laki. Bermula dari baju koko di beberapa toko yang kami kunjungi selalu ukuran besar, kalaupun ada yang seukuran bubuky, pas dicoba selalu kebesaran. Akhirnya saya dan suami berinisiatif membeli gamis untuk bubuky sholat. Maksudnya, baju untuk bubuky yang akan dipakai ketika ikut bapaknya sholat jamaah di mushola. Kebetulan bubuky selalu ikut bapaknya sholat jamaah di mushola, baik maghrib ataupun subuh.

Nah,kebetulan jarak 2 km dari rumah ada satu toko khusus gamis untuk perempuan dan laki-laki, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Tapi, setiap lewat dan mau kesana selalu tutup. Mau beli online, tapi nggak sempat. Sekali pingin beli online, antusias, eh sellernya kurang responsif,jadi angkat tangan deh.

Akhirnya, disatu malam, ketika bapaknya bubuky lagi keluar, bubuky sudah tidur. Saya beres-beres lemari, ada satu daster yang masih bagus, saya suka tapi sudah sobek lebar di bagian samping. Mau dibuang tapi kok sayang banget, karena motif dasternya bagus. Tiba-tiba kepikiran bikin gamis bubuky, yaudah, modal nekat ambil gunting dan peralatan jahit menjahit.
Bikin baju nggak pakai mesin jahit emang bisa??
Buktinya bisa,hehehe....

DIY : Menyulap Daster Menjadi Baju Gamis Anak Laki-laki
Apa yang harus di persiapkan?
1 buah baju daster bekas/soak/tak layak pakai (yang tak layak pakai ini ibu-ibu pasti sudah tau hehehe)
Gunting
Jarum jahit tangan
Benang jahit berwarna hitam
Kaos (sebagai contoh untuk membuat pola)

Yuk kita mulai!!
1. Karena kebetulan saya nggak punya meteran, jadinya ambil jalur cepat aja. Yaitu dengan cara menempel baju atau kaos anak untuk ukuran (khususnya lengan dan kerah). Ohya, gunting pola bakal baju jangan ngepres ya motong kainnya, sisakan 1-2 cm.

2. Karena kali ini saya mau bikin gamis anak laki-laki, jadi bawahnya saya panjangin.

3. Untuk kerahnya,saya buat kerah bulat simpel. Jadi tugas selanjutnya adalah membuat lapisan bagian dalam kerah, satu untuk kerah depan, satunya lagi untuk kerah bagian belakang. Setelah itu, jahit kedua balik kerahnya. Jadilah kerah bulat.

4. Setelah bagian kerah beres, selanjutnya jahit semua bagian. Mulai dari bagian sisi kiri, kanan, dan lengan baju.

5. Baju siap dipakai ke musholla,yeay!!!Jangan lupa disetrika ya biar rapi. Butuh waktu 2 jam untuk membuat baju gamis anak dengan jahit tangan, mungkin kalau pakai mesin jahit lebih cepat dan tambah rapi. Ya, kayak yang dijual di toko baju gitu hehehe.

Pas baju gamis saya pakaikan ke bubuky, pas di badan, bukan pas ngepres gitu tapi pas longgar seperti gamis anak-anak pada umumnya. Catatan untuk gamis kali ini di bagian kerahnya, besok lagi sepertinya harus kerah bulat tapi menggunakan kancing depan, biar rapi gitu.

Akhirnya, bisa nulis DIY menyulap daster menjadi baju gamis anak laki-laki. Tapi sebenarnya bisa juga untuk anak perempuan, tinggal dipancangkan lengannya. Tentunya nggak bikin gerah,kan kainnya adem hehe.

Teman-teman,ada yang punya pengalaman menyulap daster menjadi baju??

32 comments:

  1. Wah, kreatif sekali Mbak
    Anaknya masih mau2 saja ya

    ReplyDelete
  2. Kmarin aku lihat IG ada ibu buat baju anak cewek dr kemeja lama Bapaknya.Eh skrg Mbak buat gamis cowok. Lucuuuuu. Sekalian buat dr sarung Mbak!

    ReplyDelete
  3. Pakai jahitan tangan? Woooiwww kerennnnn...bisa di coba ahhh nunggu daster ada yg sobek..soalnya daster yg dulu sdh sobek wes dibuat gombal hehehe

    ReplyDelete
  4. Duuh asyiknya. Nice idea :)

    ReplyDelete
  5. Harus yg warnanya gelap gitu ya. Misal kembang2 warna pink gitu kyknya anakku malu deh pakenya, hihi..

    Pgn bikin gamis anak gini jg, soalnya cepet makenya, tinggal slup

    ReplyDelete
  6. Waah...keren idenya, mbak. Tapi apalah aku ini tak pandai menjahit :p

    ReplyDelete
  7. Iiih lucuuu! Kreatif banget idenya, mbak :)

    ReplyDelete
  8. bahannya daster kan dingin
    jadi enak dipakenya yaa

    ReplyDelete
  9. Kamu keren banget sih Zwan, bisa masak, bisa jahit pakai tangan pula.
    Motif gamisnya memang cakep ya :)

    ReplyDelete
  10. Aku nggak bisa jahit sama sekali. Hehehe. Kreatif banget bisa mnegolah daster mba :)

    ReplyDelete
  11. Mbak...boleh dicoba nih resep jahitnya hahaha. Sipppp... aku suka. Izin save ya, kpn2 mau niru

    ReplyDelete
  12. Wah.. Keren, nih. Inspiratif banget. Layak dicoba bagi ibu-ibu yang doyan bereksperimen.

    Terimakasih sharing nya, Mbak. Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
  13. Yaaa ampuuun mba... Kamu kreatif n jago bgt ampe bisa buat gamis gitu

    ReplyDelete
  14. kreatif banget sech mba... baguuussss

    patut dicoba ini..

    ReplyDelete
  15. Ini baru kreatif asli keren kak. Siapa tau bisa dikembangin jadi usaha kan keren kak

    ReplyDelete
  16. Bobohoooo, mbokmu emang keceeehhh

    ReplyDelete
  17. Wahhh kreatif sekali, senang ya Bubuky punya gamis baru

    ReplyDelete
  18. Di mana ada kemauan di situ ada kemampuan yaaak, mbaaaak. Keren dirimuuu

    ReplyDelete
  19. masalahnya, dasternya kadang udah belel mba.. hehe

    makasih sharingnya, kreatif sekali :)

    ReplyDelete
  20. Kreatif, deh. Bubuky jadi punya gamis baru :)

    ReplyDelete
  21. Hasilnya bagus mbak :) mantap dah

    ReplyDelete
  22. Wah pas udah jadi bagus juga ya mba hana :D

    ReplyDelete
  23. keren nih.. jadi gak terbuang percuma

    ReplyDelete
  24. Waaah lucu. Kalau pakai daster bisa jadi selusin dong kan lebar hahahaa

    ReplyDelete
  25. Wah keren banget, mb. Jadi kepikiran baju2 lama yang udah ga dipake. Bisa didaur ulang buat bikin yang baru ya.

    ReplyDelete
  26. Ya ampuuun, lucunya Bubuki pake gamis. Bundanya kreatif bangeeet! :)

    ReplyDelete
  27. Mbak Hana kreatif. Adek makin ganteng dan soleh pakai gamis 😘

    ReplyDelete