Skip to main content

7 Tempat Wisata di Kota Siak

Ada yang sudah pernah jalan-jalan ke Kota Siak?atau jangan-jangan belum pernah dengar nama Kota Siak?. Jadi Kota Siak berada di Provinsi Riau, satu setengah jam dari Kota Pekanbaru jika ditempuh menggunakan mobil pribadi. Dua jam jika ditempuh menggunakan speedboat. Kalau dari luar Sumatera bisa menggunakan pesawat kota tujuan Pekanbaru. Apalagi sekarang ada promo tiket pesawat dari tiket2.com, lumayan kan budgetnya bisa buat yang lain. Terus ada wisata apa saja di Kota Siak, yuk simak ulasan berikut. 

 7 Tempat Wisata di Kota Siak
1. Istana Siak
Kota Siak terkenal dengan julukan Kota Istana, karena di sana terdapat Istana yang lokasinya terletak di tengah-tengah kota. Istana Siak buka dari pagi sampai sore. Tidak perlu membawa guide karena di dalam Istana Siak ada banyak guide yang siap bercerita tentang sejarah kota dan kerajaan Siak.
2. Jembatan Siak 
Jembatan Siak diresmikan oleh bapak Susilo Bambang Yudhoyono tahun 1997, ketika menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Ketika akan memasuki Kota Siak, kita pasti melewati jembatan ini. Jika ingin mengabadikan jembatan Siak, kita bisa parkir kendaraan di area masjid,karena kendaraan roda empat dan dua tidak boleh parkir sembarangan di atas jembatan. 
3. Museum dan Sejarah Balairung Sri 
Tidak jauh berbeda dengan Istana Siak, museum dan sejarah Balairung Sri berisi banyak koleksi dan arsip peninggalan kerajaan Siak. Lokasinya tidak jauh dari Istana Siak, kurang lebih setengah kilo, tepatnya di samping pelabuhan speedboat. 
4. Taman Tengku Mahratu 
Lokasi Taman Tengku Mahratu tepat di depan Istana Siak atau di sebelah lapangan depan Istana. 
5. Sungai Siak Nggak afdhol rasanya kalau jalan-jalan ke Siak tidak melihat langsung sungai Siak. Salah satu sungai terdalam di Indonesia. 
6. Taman Baru Pinggir Sungai Siak 
Kebetulan taman ini baru jadi, tapi sudah ramai setiap sore. Karena tamannya luas, ada area bermain anak dan kumpul keluarga. Lokasinya kalau dari arah Istana Siak, setelah Museum dan Sejarah Balairung Sri. 
7. Pusat Kuliner Pinggir Sungai 
Sambil menunggu sunset di pinggir sungai Siak, tak ada salahnya sambil makan bakso atau sate padang. Lokasi pusat kuliner pinggir sungai tepatnya di daerah turab. 

Ohya, sekedar informasi saja,bahwa di Kota Siak belum ada transportasi umum kota, seperti angkutan umum atau taxi. Adanya hanya bentor atau becak motor. Kalau antar kota ada tapi tidak setiap jam, ada jadwalnya. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung tanya di pelabuhan speedboat. Jadi, kapan liburan ke Kota Siak?? Semoga bermanfaat..

Comments

  1. mauuu jalan-jalan ke Siak, kepengen lihat istananya
    insha Allah,

    ReplyDelete
  2. Oh pulaunya itu di kepulauan riau ya.... sepertinya masih belum banyak yang berkunjung ya mbak...

    ReplyDelete
  3. banyak yang bisa dilihat ya mbaaa...saya jadi tambah penasaraaan

    ReplyDelete
  4. mbak, aku udah pernah ke jembatan siak jaman muda dulu, masa pacaran hihi...

    ReplyDelete
  5. iih postingan nya buat gemes ... dan jadi pengen kesana
    keren sekali mbak hmzwan ini dalam menulis

    ReplyDelete
  6. Mau ke sungai nikmatin sunset
    Di kampungku gak bs sih

    ReplyDelete
  7. No 7 kami banget tapi menunya udang sungai yg besar2 itu dong pastinya hahahaaa

    ReplyDelete
  8. pengen nikmtatin kuliner di pinggir sungainya dan makin penasaran dengan istana nya mva.

    ReplyDelete
  9. Kok ane malah baru tau kota Siak ya.. Huhuhu

    ReplyDelete
  10. Makasih infonya mna siapa tau berkesempatan ke Siak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis