Skip to main content

5 Ide Resep Kue Kering Tanpa Telur

5 Ide Resep Kue Kering Tanpa Telur. Haluuu...Gimana puasanya??semoga lancar jaya ya, aamiin. Nggak kerasa sudah masuk pertengahan bulan ramadan, Alhamdulillah. Artinya sudah pada beli baju buat lebara, sudah pada nerima THR, sudah pada nyicil beli atau bikin kue buat lebaran. Ada yang memilih untuk beli kue aja daripada bikin sendiri dirumah, ada sebagian masyarakat yang memilih untuk beli dan bikin sendiri, ada lagi yang memilih untuk bikin sendiri semua kue lebarannya. Woooo..mantaplah. Kalau saya, tim hore ajalah, nyoba resep baru dan hasilnya langsung dinikmati setelah shalat taraweh hehehe.

Nah, buat teman-teman yang pingin banget bikin kue kering sendiri dirumah, berikut resep dasar kue kering tanpa telur yang sudah saya coba kapan hari. For your information, resep dasar kue kering tanpa telur yang sudah saya uji coba di dapur Hot Wajan *ceileh...* adalah menggunakan resepnya Dame Tobing, yaitu resep eggless nastar klasik. Tanpa telur tapi teksturnya lumayan renyah dan ngeprul, jadi saya norak banget gitu hehe. Kalau pingin lebih enak lagi bisa pilih pakai butter atau butter plus mentega.  Intinya resep aslinya (resep dibawah) sudah enak, tinggal selera teman-teman aja, bisa pakai resep asli atau di recook/remark juga boleh. Pokoknya bahagia ajalah bikin kuenya, betul nggak??

RESEP EGGLESS NASTAR KLASIK
by : Dame Tobing

Bahan :
200 gr margarin/mentega
250 gr tepung serbaguna
1 sdm tepung sagu/tapioka
1 sdm susu bubuk
50 gr gula halus

Taburan :
Keju parut

Olesan :
1 kuning telur
1 sdm susu cair

Isian :
Selai nanas

Cara membuat :
Mixer mentega, gula halus dan susu bubuk sapai tercampur rata (mentega terlihat sedikit memutih).
Masukkan tepung terigu dan sagu/tapioka yang diayak bersamaan sedikit demi sedikit sampai habis, aduk perlahan menggunakan spatula.
Cetak adonan menggunakan cetakan bulat agar bentuk sama, ambil satu adonan, pipihkan beri isi selai nanas, lalu bentuk menjadi bulat. 
Taruh diatas loyang yang sudah dioles margarin.
Masukkan ke dalam oven, kurang lebih 10 menit angkat adonan, olesi dengan bahan olesan dan taburi dengan keju parut. 
Panggang dengan suhu 150"/160" selama 20 menit atau sudah berwarna emas kecoklatan, angkat.

5 Ide Resep Kue Kering Tanpa Telur
Resep eggless nastar klasik diatas adalah resep dasar bikin nastar, tapi bisa juga dibuat jadi kukis lain yang tak kalah enak tanpa di rubah sedikitpun resepnya. Tinggal nambah bahan lain aja, mau tau??Yuk kita otak atik, berikut 5 ide resep kue kering tanpa telur...
1. Nastar klasik
Adonan dasar kuenya sama, jadi nastarnya polosan, nggak pakai taburan keju. Pan namanya nastar klasik, jadi bentuknya klasik gitu nggak pakai apa-apa.
2. Kukis teratai
Adonannya sama, cuma dibentuk pakai cetakan bentuk bunga teratai. Setelah kukis di oven setengah matang, olesi dengan kuning telur, lalu beri selai nanas/stroberry/bluberry ditengah-tengah, setelah itu oven lagi sampai matang. Jadilah kukis teratai.
3. Kukis choco chips
Masih menggunakan adonan dasar eggless nastar, ditambah choco chips. Bentuk adonan bulat seperti nastar, kemudian penyet dengan garpu dan oven sampai matang.
4. Putri salju
Gilas adonan nastar, kemudian cetak dengan cetakan bentuk bintang, lalu pangang sampai matang. Jika sudah dingin campur dengan gula halus.
5. Nasberry crumble
Adonan crumble adalah campuran dari margarin, gula pasir dan tepung terigu yang di aduk menggunakan garpu sampai berpasir. Ambil adonan nastar, tekan tengahnya menggunakan ibu jari sampai membetuk cup/mangkuk. Olesi dengan kuning telur kemudian taburi dengan crumble. Oven setengah matang, beri selai stroberry atau bluberry ditengahnya, kemudian oven lagi sampai matang. Jadilah nasberry crumble.

Ini nasberry crumble^^

Tuh kan??satu adonan dasar bisa jadi 5 kukis hehehe. Atau bisa juga membuat ide kukis lain yang lebih variatif dan kreatif. Ada yang sudah mencoba bikin kue kering tanpa telur??
Semoga bermanfaat...^^


****








Comments

  1. Wah, ini paket irit Mba.
    Saya belum euy, bikin kue kering tanpa telur.
    Boleh dicoba nih, harga telur pasti naik menjelang lebaran gini. Bisa menghemat pengeluaran

    ReplyDelete
  2. Kalo aku sebenernya alergi sama produk susu n turunannya mba, rasa2nya sih ga ada kuker yang tanpa susu ya :(.

    ReplyDelete
  3. Bikin ngiler Mbak, yg nastar eggless kejunya itu lhoo. Kreatif banget sih ^^

    ReplyDelete
  4. Aaaaaah, pengen coba bikin, eh tapi bisa nggak ya masak kue :D
    Btw, susu bubuk itu pengganti telur sepertinya ya biar renyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisssaaaa makpuh hehehe....nggak juga makpuh, soalnya yang pakai telur ada susu bubuknya juga ^^
      Yang bikin renyah itu sepertinya tepung sagu/tapioka..

      Delete
  5. Mbak, izin contek resep eaggle nastar klasiknya ya. Kebetulan di rumah banyak monster nastar, hehehe.

    ReplyDelete
  6. hhmmm..... menggoda iman....

    ReplyDelete
  7. hahhaaa..untung pas sahur BW nya
    tauu soalnya pasti posting yang bikin ngileeer
    ahhh, nastar kesukaanku, ituh hhmmm...

    nyomot aah sepiring :D

    ReplyDelete
  8. Kalau kue kering tanpa telur aku belum pernah coba. Tapi kalau cake aku pernah bikin. Wajib dicoba nih idenya :D

    ReplyDelete
  9. kayaknya bahan2nya lebih simple ya... itu di ovennya 2 kali ya mak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak sebagian,setengah matang baru di olesin bahan olesan

      Delete
  10. Iya bermanfaat banget...makasi mba. Dicobaa

    ReplyDelete
  11. jadiii selama ini telur fungsinya buat apaa. Duh gampang banget ya bikinnya, padahal selama ini pengen nastar, tapi nunggu ada yg ngirim hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo deket aku kirim mbak hehehe...coba tetanggan

      Delete
  12. masalahnya nih, Mak, aku belom punya oveeeeeeen bhuahahaha *langsung ngumpet di dapur

    ReplyDelete
  13. Isti, itu bahan olesan kuning telur ama susu diapain dulu sebelum diolesin ke nastar stgh mateng, dicampur/dikacaukan dengan garpu aja atau harus dimixer? thks yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kocok pake garpu aja mbak,,tercampur aja pokoknya..sama2^^

      Delete
  14. Nasberrynya mbak...menggoda sekali...ulalala

    ReplyDelete
  15. Wah bisa ya. Terima kasih ya infonya bisa tak praktikan dirumah pas waktu mudik.
    Ctrl + D dulu

    ReplyDelete
  16. Aduh jadi pengen bikin nastar nih mbak, hmm kayanya enak nih.

    ReplyDelete
  17. Itu memang adonan serba guna ya mba.. Mari buat kueeee :)

    ReplyDelete
  18. buat yg alergi telur masih bis amakan kue ternyata ya

    ReplyDelete
  19. masalahnya nih, Mak, aku belom punya oveeeeeeen bhuahahaha *langsung ngumpet di dapur

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say