Monday, 2 May 2016

Growbox : Let's Grow Your Own Food


Growbox: Let's Grow Your Own Food. Halo....Apa kabar??semoga sehat selalu ya. Lihat foto diatas, kira-kira teman-teman HM Zwan pada bingung nggak. Itu jamur kok di dalam kotak??emang bisa tumbuh??gimana cara nanemnya??kok bisa tumbuh mekrok ulala gitu??emang bisa dimasak??hehehe...ups, nggak usah bengong gitu ya. Kali ini saya mau sahring tentang Growbox (sponsored post, refers to disclosure) atau bahasa gaulnya sih jamur di dalam kotak. Unik ya...

Growbox is...
Growbox adalah sebuah kotak yang berisikan bibit jamur tiram yang bisa dibudidayakan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Dimana kita bisa merasakan pengalaman baru memiliki pertanian kecil di dalam rumah. Kenapa saya bilang di dalam rumah?karena harus disimpan di tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung. 

Gimana Cara Menanamnya??
Awalnya saya kira susah, eh ternyata pas bingkisan growbox datang saya langsung terkejut dan terkesima (bukan lebay tapi memang banyak heran dan wow gitu). Mendadak pas lihat growbox, semua rasa bingung dan susah sirna. Karena di kemasan box atau kotak growboxnya sudah ada cara budidayanya. Mulai dari bagaimana cara membuka boxnya sampai memanen lo, dan caranya berupa gambar, keren kan??. Mau tau cara budidayanya??Cus....saya kasih tau.
1. Beri nama growbox. punya saya namanya Ha-Em sam Zwan.
2. Potong kemasan atau plastik media tanam.
3. Semprot dua kali sehari.
4. Jamur bisa dipanen 2 kali. 


Tentang Growbox
1. Itu kemasannya gimana sih??
Jadi, pas buka dari kotak pengiriman. Ambil growboxnya dan buka satu lubang, ada dua lubang, atas dan bawah. Jadi setelah di buka satu lubang (bagian atas), ambil gunting atau pisau untuk membuka kemasannya. Jadi kemasan bibitnya itu dikemas plastik, kita tinggal membukanya (menyilang X). Saya menggunakan pisau, jadi saya silang aja. Plastiknya nggak usah di lepas, disilang gitu aja.
2. Gimana nyemprotnya??pakai air apa??
Satu kotak growbox berisi satu bibit dan sebuah alat spray untuk menyemprot jamur. Semprot jamur dua kali sehari, pas nyemprot bibit, semprot aja seperti biasa di tempat yang sudah disilang. Kadang saya buka plastiknya ketika disemprot, kan katanya kalau menanam jamur itu harus di daerah lembab. Ohya, untuk air semprotan, pakai air biasa kok.  Nggak usah disemprot banyak-banyak,ya sekedarnya saja. Tuh kan, gampang..
3. Tumbuhnya gimana??
Setiap pagi dan sore saya semprot bibit jamurnya, satu dua tiga empat hari sempat galau karena belum ada tanda-tanda jamur muncul. Sampai pada akhirnya di hari ke 7/8 gitu pagi-pagi saya dikagetkan dengan penampakan putih-putih yang menonjol. Mendadak, bahagia karena tanda-tanda jamur tumbuh sudah ada. Semakin hari semakin cantik jamurnya, sampai pada hari ke 14, jamurnya mekrok dan ngakak ulala gitu, langsung deh saya panen. Yihaaaaa....seneng banget rasanya, jadi gini ya rasanya jadi petani dadakan hehehe. 
4. Gimana cara manennya??
Caranya gampang, karena tidak menggunakan alat apapun. Kita tinggal mencabut jamur sampai terlepas seluruhnya, jadi nggak pakai pisau ataupun gunting. Cabut aja bro....!!!Nyabutnya pakai hati ya...maklum perdana manen jamur hahaha.
5. Growboxnya ditaruh dimana??di teras rumah atau gimana??
Ini catatan penting, penting banget biar nanam jamurnya sukses. Hindari sinar matahari langsung, lebih baik diletakkan di dalam rumah. Punya saya, saya taruh di bawah meja hehehe. 
6. Manfaat growbox..
Manfaatnya banyak banget, selain punya pengalaman baru menanam di media berbentuk box, kita juga bisa belajar kesabaran (sabar menunggu panen), ketelatetan (harus telaten nyemprot sehari dua kali), kalau nggak telaten, bakal say bye bye to jamur hehe. Kalau punya anak kecil lebih seru kali ya, karena kita bisa melibatkan mereka langsung untuk budidaya jamur growbox. Sekalian mengenalkan kepada mereka tentang macam-macam jamur, media tanam, dan lain sebagainya.


Alhamdulillah, di hari ke 14 saya bisa manen jamur tiramnya. Rasanya seneng bangettt, bingung mau di masak apa, di buat jamur krispi tanpa telur, ditumis, atau dibuat.....emmm, cari ide dulu ah hehehe. Jadi petani dadakan aja rasanya bahagia banget lo, apalagi jadi petani beneran yak..hehe (sawang sinawang). Menikmati hasil dari kerja keras itu rasanya memang luar biasa, meskipun hanya 14 hari tapi percayalah, bahwa buah dari hasil menunggu, bersabar dan telaten itu ada hasilnya. Selain bisa panen, kita juga bisa menikmati langsung hasilnya, yaitu memasak atau mengolah jamur menjadi makanan yang lezat dan sedap. Seru ya...bangettt^^
Teman-teman ada yang sudah pernah nanam jamur growbox??ayo dong sharing...

Alat spray dan cara budidayanya dalam bentuk gambar..^^


****
GROWBOX
Website : halogrowbox.com
Instagram : @growboxbdg
Facebook : Growbox
Tlp/WA : 08562349262

60 comments:

  1. Waaah, pengen juga jadi petani jamur, bisa masak dari tanaman sendiri nih ya ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah, Kerennn..
    Eh Tapi Itu Cuma sekali panen ya, Mak?

    ReplyDelete
  3. Dari dulu penasaran banget sama growbox ini. Pengen nyobain ah

    ReplyDelete
  4. Hihi seru banget ya menggembangkan jamur dari dalam box gitu. Makin asyik kalau bisa di panen berkali-kali, mba. Hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,kalo yang ini 2-3 kali

      Delete
  5. mbak fotonya pke latar hitam gitu gmn caranya? cakeeep

    ReplyDelete
  6. Mauu, dua minggu ya. Sekarang menanam dipermudah (walaupun sebenarnya memang nggak susah) tapi lebih dibuat menarik saja. Bunga dan sayur juga ada djual dalam bentuk sepaket mini-mini gitu (pot+benih+tanah). Jujur, saya belum pernah beli, karena masih tertarik nanam konvensional. Tapi memang terlihat lebih menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk..banyak inovasi bertanam sekarang..

      Delete
  7. aaakkkkkk keren amit mbak keren" boleh nih di coba secara saya kok tiba" suka menanam hehe...

    ReplyDelete
  8. cara menanam jamur yg praktis ya, cocok deh buat yg males eh maksudnya gak ngerti bercocok tanam kaya aku hehehe

    ReplyDelete
  9. duh jaman sekarang mah serba praktis ya , nanam jamur aja ada yang praktisnya, btw, anak-anak pasti seneng ya kalau dikasih growbox

    ReplyDelete
  10. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete
  11. Ya ampun imut banget sih makkk, ini instagramable bangeeeet

    ReplyDelete
  12. Wih, lucu banget penampakan growbox-nya. Aku juga sering liat foto2 nanam jamur macam gini. Menarik :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,,lucu,unik dan menarik

      Delete
  13. Mak itu kalau sudah dipanen bisa tumbuh lagi gak ? atau cuma sekali panen ?

    ReplyDelete
  14. Wah mantap, kreatif banget. jadi lebih rapi dengan kemasan box itu untuk menutupi media tanam jamur.

    ReplyDelete
  15. Eh lucu jugaaa ya... tapi cuma jamur tok ya Mbak... aku ada cita-cita punya tanaman di pot kayak daun mint lah, basil, dll *cita cita doang gatau kapan nanemnya hahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..aku juga gitu,pingin nanem daun mint n basil,tapi masih cita2 haha

      Delete
  16. Unyu ya..kebayang senengnya pas si jamur tumbuh. Jd pengen juga nyobain si growbox ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng banget,heboh gitu pas jamurnya nongol^^

      Delete
  17. Wuih keren, berarti tinggal beli aja ya box yang berisi bibit itu, lalu tinggal tanam di dalam rumah. Kalau begini bisa buat pertanian kecil di dalam rumah nih, dan suka juga sama olahan jamur. Sip bgt, inovatif banget pokonya. Btw kunjungan baliknya ya di http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/04/ternyata-umroh-bareng-rabbani-tour-asik.html terimakasih :-)

    ReplyDelete
  18. Aku pernah punyaaaa.. Dan pas panen ternyata sedikit banget, soalnya cuma punya satu. Karena nanggung kalo dibuat masak, akhirnya aku nyetop kang sayur beli jamur lagi biar kenyang bhahahahahaha xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...kalo di tumis,dicampur sama kacang panjang enak tuh^^

      Delete
  19. wah... bentuknya bagus ya... sayang kalau dipetik.. eh?

    ReplyDelete
  20. Waah baru tahu ada yang seperti ini. Menarik ...

    ReplyDelete
  21. Wah bagus ya
    Bisa menjadi lahan mendulang rezeki juga jika kita rajin membudidayakan. Maklum sekarang crispy lagi ngetren.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dhe,jamur krispi...lumayan ramai juga pembelinya

      Delete
  22. aku pernah baca growbox dan sekarang lihat temen sendiri menanam dan hasilnya huaaaa jamurnya mengembang begitu indah

    ReplyDelete
  23. Hmm dari dulu saya pernah mau coba nanam tapi belum berhasil juga mbak soalnya terganggu mulu jadi gagal tumbuh.

    ReplyDelete
  24. Iiih lucu banget. Praktis.

    ReplyDelete
  25. Lucuuuu ya.. Idenya oke bangeet..

    ReplyDelete
  26. asik banget kayaknya ya, praktis pula.
    jadi pengen beli ;)

    ReplyDelete
  27. wahh idenya kreatif sekali itu mba. tapi aku gak telatenan orangnya, nanem cabe aja mati :(

    ReplyDelete
  28. Hooo... Kotaknya lumayan gedhe ya ternyata.
    Hahaha.. Aku ngakak pas bilang 'mekrok dan ngakak' LOL

    ReplyDelete
  29. cocok banget nih ajak anak2 utk merawat growbox mereka masing2, ntar pas panen pasti berasa senengnya

    ReplyDelete
  30. ya ampun, lucu bgt, idenya warbiasaa, bagus banget buat pengenalan kpd anak2, hasilnya bisa dikonsumsi juga, mantap :-)

    ReplyDelete
  31. Yaampun.. bolak balik liat gambar ini baru tau kalo ini nanam sendiri ternyata mbaakk. duh kemana aja saya yaa :))

    ReplyDelete
  32. Suka jamur bangeeeeet... tapi kalo nanem sendiri takutnya gak keurus... waktunya gak ada padahal seneng jamur kan jadi dilema

    ReplyDelete