Skip to main content

8 Hal yang ditunggu Saat Bulan Ramadhan

Tidak terasa bulan puasa ramadhan tinggal menghitung hari, bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri, diprediksi tanggal 1 ramadhan akan jatuh pada tanggal 6 juni 2016, tepat di hari senin. Tuh kan, nggak lama lagi, nggak sampai dua minggu lagi puasa. Ngomongin soal bulan puasa ramadhan, banyak hal yang sangat ditugggu dan dinanti bagi sebagian besar umat Muslim, termasuk saya dan keluarga. Apa aja??yuk kita kupas habis..

Yang ditunggu Saat Bulan Ramadhan
1. Puasa bersama
Istimewanya bulan puasa ramadhan itu kita bisa menikmati indahnya kebersamaan puasa. Mempersiapkan menu bersama, baik untuk berbuka puasa maupun untuk sahur.
2. Buka puasa
Sudah kebayang bagaimana senangnya saat beduk ditabuh, biasanya menjelang sore makanan untuk berbuka sudah disiapkan. Menunya selalu istimewa, kata orang tua, buka puasa itu seperti hari kemenangan. Kebiasaan di rumah, setelah beduk adzan maghrib dikumandangkan, kami menikmati menu takjil dulu. Mulai dari minuman hangat, dingin, jajanan dan gorengan. Setelah itu shalat maghrib berjama’ah lalu dilanjutkan dengan makan-makanan berat, seperti nasi dan lain sebagainya.
3. Sahur
Ada yang pernah telat sahur??atau bahkan tidak sahur karena malas bangun??saya pernah banget. Apalagi pas masih ngekos, mulai dari kesiangan bangun, nggak dengar suara himbauan sahur dari masjid/mushola terdekat sampai malas bangun karena ngantuk. Padahal di sahur itu terdapat keberkahan, jadi ingat sabda Nabi, Sahur itu barakah, maka jangan tinggalkan meski hanya seteguk air.
4. Berburu takjil
Sudah dipastikan, saat bulan puasa ramadhan banyak lapangan yang disulap menjadi area bazar. Biasanya sambil nunggu beduk adzan maghrib, paling enak jalan-jalan sore sambil berburu takjil. Di pinggir jalan biasanya banyak yang jual menu takjil, lauk, gorengan dan aneka makanan.
5. Tarawih bersama
Kalau di daerah tempat tinggal saya, tarawehnya 21 rakaa’at. Kata ibu saya, jama’ah taraweh di musholla lumayan tidak banyak dan sedikit, sedang-sedang saja.
6. Malam lailatul qadar
Malam lailatul qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan ramadhan, yang dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Selain itu, juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al-Qur’an, (Wikipedia). Di daerah saya (di Jombang Jawa Timur), selalu melakukan shalat malam berjama’ah di masjid-masjid besar, khususnya di setiap malam lailatul qadar. Biasanya warga sudah berbondong-bondong pergi ke masjid pukul 00.00 dan shalat selesai pukul 02.00.
7. Hari raya idul fitri
Setelah puasa satu bulan lamanya, tibalah hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri yang jatuh pada tanggal 1 syawal. Dimana pada hari itu, berkahir puasa ramadhan. Kegiatan di pagi hari dimulai dengan shalat id atau shalat idul fitri, dilanjutkan dengan silaturahmi ke saudara dan tetangga.
8. Ramadhan sale
Salah satu yang ditunggu di akhir bulan ramadhan adalah belanja berbagai perlengkapan untuk hari raya idul fitri. Mulai dari pakaian, perabot rumah tangga, sampai makanan dan minuman yang akan dihidangkan di meja ruang tamu. Sudah dipastikan, diakhir bulan ramadhan pasar, mall dan berbagai pusat perbelanjaan akan ramai oleh pengunjung. Tidak hanya offline shop saja yang menjual berbagai kebutuhan hari raya, tapi banyak online shop yang juga mengadakan ramadhan sale, salah satunya di Lazada Indonesia. Dimana ramadhan festivalnya akan berlangsung dari tanggal 1 juni sampai 11 juli 2016, sedangkan special days nya akan berlangsung pada tanggal 28-30 juni 2016. Nggak perlu nunggu akhir ramadhan untuk mempersiapkan perlengkapan hari raya idul firi, mumpung pas hari-hari gajian, mumpung ada sale besar-besaran diskon sampai 80%. Jadi, tunggu apa lagi, bolehlah kita intip-intip dulu hehehe.

Ngomongin soal bulan puasa ramadhan dan idul fitri, rasanya udah deg-deg’an aja, nggak sabar nunggu puasa ramadhan tiba.
Teman-teman gimana rasanya nunggu bulan puasa ramadhan??

****

Comments

  1. Saya termasuk nomor 4, hehehe udah ga sabar kepengen ngerasain berburu takjil (lagi).

    ReplyDelete
  2. lumayan ya mak, kalo ada sale saat ramadhan karena menjelang lebaran, belanjaan pasti lebih banyak dari bln2 yg lain :)

    ReplyDelete
  3. heheh kalau saya sih yang paling ditunggu itu waktu ngabuburit : )

    ReplyDelete
  4. wah, bulan depan sudah puasa ya, semoga kita bisa ketemu sama bulan itu ya, dan yang paling gue tunggu ya buka puasanya heheheh

    ReplyDelete
  5. Selalu merindukan bulan Ramadhan, semoga kita diberikan umur dan kesehatan untuk menjalani ibadah puasa ya mbak

    ReplyDelete
  6. Kalau anak saya, yang paling dia tunggu adalah kembang api dan malam takbiran. :)

    ReplyDelete
  7. Huaaa.. jadi gak sabar nunggu Ramadhan...

    ReplyDelete
  8. Waw.. salenya pun sudah disiapkan oleh laz*ada? Bakal bertebaran diskon di toko-toko inline nih :D

    ReplyDelete
  9. snengnya ramadan tu tiap sore banyak tmpat rame anak nongkrong.

    ReplyDelete
  10. kurang lebih sama dengan yang saya tunggu ...:)

    ReplyDelete
  11. Ramadhan selalu istimewa dan aku selalu rindu dgn suasana Ramadhan.
    Mohon maaf lahir dan batin ya, Mba Hana.

    ReplyDelete
  12. Waduh mulai lagi nih, ada sale. Intip-intip dulu ah *sambil tetep kekepin dompet :)

    ReplyDelete
  13. Bener banget emang kalo bulan Ramadhan itu selalu bikin rindu dan kangen...
    semoga tahun ini diberi kesempatan buat ketemu bulan ramdhan

    ReplyDelete
  14. Walau aku nggak merayakan, tapi Adit merayakan, jadi aku juga biasanya ikut menemani berbuka dan sahur. Memang ngangenin bukber dan sahur nya ya ^_^

    ReplyDelete
  15. sudah pada bau-bau ramadan nih, Alhmdulillah

    ReplyDelete
  16. kalau saya yang paling saya tunggu itu pas waktu buka puasa di masjid, heheh

    ReplyDelete
  17. Belanja termasuk yang ditunggu juga sama saya :D

    ReplyDelete
  18. Ane paling ditunggu tunggu bukbernya :D Hehehe..
    selamat menjalankan ibadah puasa ya mbak..

    ReplyDelete
  19. Berburu takjil & Ramadhan sale nggak, kebetulan anak2 juga nggak suka desak2an. Tapi sendiri pengin takjil macam di Pekanbaru, pasti ada pasar makanannya & masakannya enak2. Meringankan ibu2. Di Jogja gak ada, paling2 jajan aja.

    ReplyDelete
  20. satu lagi, kumpul keluarga. rasanya seneng banget bisa merasakan keebersamaan bareng keluarga. buka puasa bareng sahur juga bareng

    ReplyDelete
  21. kalau aku..reuni dengan keluarga besaaaar :)..ah jadi kangen berat nih..

    ReplyDelete
  22. Hahahha..ramadhan sale..iya banget nih mbak. Jadwalnya diskon dimana-mana.

    ReplyDelete
  23. Berburu takjil ini yang paling ditunggu hahahahah

    ReplyDelete
  24. Kurang 1 mba...yang ditunggu tuh THR hahahaha lumayan buat mudik atau belanja barang sale :D
    Selamat menjalankan ibadah puasa & sukses selalu dimanapun kita berada :)

    ReplyDelete
  25. Sundul yang diatas,, bukannya THR itu di tunggu pas hari raya nya yaaa...
    yang paling enak sih keliling kampung bangunin orang sahur sama teman-teman, itu sih yang paling mengesankan.. hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.