Monday 28 December 2015

Hal-hal yang Tak Terlupakan Selama Proses Kehamilan


Selama menjalani proses kehamilan, rasanya banyak hal yang tidak terlupakan. Mulai dari kebiasaan yang biasa, tidak biasa sampai hal-hal yang menurut kita aneh, tapi rasanya menjadi suatu hal baru yang menyenangkan. Betul tidak??kapan lagi menikmati hal-hal yang indah saat menjalani proses kehamilan, meskipun kadang membosankan, jenuh dan pingin cepat-cept berlalu tapi menikmati rasanya lebih menyenangkan dibanding mengeluh terus-terusan. 

Hal-hal yang tak terlupakan selama proses kehamilan
Kejutan
Siap sangka, selama bertahun-tahun kami menunggu, akhirnya kejutan datang di bulan mei. Saya telat datang bulan dan alhamdulillah Allah mengijabahi do'a-do'a kami. Hamdan syukrillah..Untuk teman-teman yang sedang menunggu keajaiban, semoga do'a-do'a yang dilangitkan segera diijabah, aamiin. Terus berusaha, jangan berhenti berharap.
Mabok
Nggak lucu ya kalau hamil itu nggak ada sensasi maboknya hehe. Kalau saya maboknya nggak sampai teler dan nggak bisa turun dari kasur, tapi mabok biasa, pusing, lemas dan malas masak atau anti banget sama bau bumbu dapur. Jadi, selama kurang lebih tiga bulan, saya beli makan terus, everyday nasi padang hahaha. Lha gimana nggak nasi padang, di Siak semua warung makan ya jual nasi padang hehehe.
Mulai masak
Sudah mulai masak gara-gara baca status suami di bb, "kangen masakan istri". Entah tiba-tiba esok harinya saya  pingin masak, nggak tega rasanya lihat status suami di bb hehehe. Akhirnya pas bulan puasa saya rajin masak, menunyapun itu-itu aja. Sayur bening, sayur sop, sayur asem, dan capcai. Pokoknya yang berkuah, seger gitu kalau makan pakai kuah, nafsu makan bertambah.
Terkepung asap
Waktu lagi musim asap di Riau, saat itu saya masih tinggal di Siak Riau. Mulai dari asap yang biasa sampai asap yang masuk ke rumah. Rasanya ngeri banget, apalagi pas lagi hamil. Jadi selama musim asap saya seringnya di rumah terus.
Keluar bercak
Pernah sekali keluar bercak, gara-gara kecapekan ngantar teman jalan. Alhamdulillah sorenya pas kontrol dan nggak masalah, disuruh banyak istirahat dan minum obat penguat kandungan.
Ngungsi ke Batam
Selain gara-gara asap di Riau yang semakin hari semakin tebal, akhirnya memutuskan untuk ngungsi dan pulang ke rumah yang ada di Batam. Selain demi kesehatan si jabang bayi, juga biar aman. Meskipun di Batam juga terkena dampak asap tapi nggak pekat seperti di Riau.
BB cepat naik
Mulai masuk kehamilan ke 7 bulan, rasanya berat badan ibu dan bayi mulai naik drastis. Khususnya buat saya nih, perasaan biasa aja tapi semenjak hamil bulan ke 7 kok perasaan berat badannya cepat naik. Yaa....apapun itu, sya menikmatinya.
Baju banyak yang nggak muat
Dari sekian banyak baju yang saya punya, dan satu lusin lebih gamis yang ada di lemari, cuma dua gamis saja yang cukup waktu hamil ke 7-8 bulan. Uwwww....untung banyak daster longgar, jadi jalan paginya tetep dong pakai daster hehehe.
Pakai sandal jepit
Dua sepatu slip on nggak muat, padahal kaki saya nggak bengkak. Jadi mau nggak mau kemanapun saya pergi, mulai kontrol ke dokter, jalan-jalan ke mall dan ke pasar pakai sandal jepit hehehe. 
Nggak keturutan beli bakso
Sehari sebelum saya lahiran, sore-sore pingin banget makan bakso, tapi berhubung sampai maghrib abang tukang bakso nggak lewat. Jadilah tertunda ngidamnya hehehe.

Yang terakhir nggak nguati ya, nggak keturutan beli bakso hehehe. Sampai sekarang juga belum beli bakso, padahal abang tukang bakso setiap hari lewat hehehe. 
Teman-teman ada yang punya pengalaman serupa???


***





13 comments:

  1. subhanallah....kehamilan itu benar2 sesuatu yang dinanti semua calon ibu ya mbak, selamat ya btw kemarin sdh lahiran alhamdulillah.
    dan emang beberapa teman yang hamil ukuran sepatu pun ikut berubah hihihi, unik ya.

    ReplyDelete
  2. Moga cepat bisa makan baksonya, mabruk atas lahirannya

    ReplyDelete
  3. Yang tidak terlupakan saat kehamilan anak pertama mak, mabok parah...pingsan di berbagai tempat saat masa ngidam :)))

    ReplyDelete
  4. Banyak hal yang bisa jadi kenangan pada melahirkan kali ini, ya? :D

    ReplyDelete
  5. kalo saya 3 bulan pertama suliiiittt makan...maunya mabok dan mual mulu kalo liat makanan...jangankan mencium bau masakan, lihat tulisan di sepanjang jalan tentang jenis makanan aja sudah langsung hoek hehehe...

    ReplyDelete
  6. Naik berapa kiloo dr sbelum hamil, Kak? :D

    ReplyDelete
  7. Seru Mba baca ceritanya meski ngalaminnya pasti berat di beberapa poin ya, hehe :)

    ReplyDelete
  8. Saya dulu sewaktu hamil itu senangnya makan nasi anget tabur garem, setiap pagi.

    ReplyDelete
  9. maak sewaktu hamil Olive aku ga rasain apa2 , mabok, ngidam tak ada..
    tetep seperti biasa aja, orang2 pun sampe aneh, ini si nchie hamil apa engga :D

    Cuma berat badanku yang naik 16 kg, dah kaya moln gede tengahnya. Tapi kepala tangan dan kaki kecil ga bengkak :D

    ReplyDelete
  10. Iya hampir sama, kecuali aku di Batam nggak ngungsi tapi cari sesuap nasi. :))

    ReplyDelete
  11. Seru, ya..Hehheehe.
    Btw salut nih sama dirimu Mba, msh bisa update blog :)

    ReplyDelete
  12. pengalaman tak terlupakan ya mak..nanti pas hamil kedua lain lagiii lhoooo hehehe...semangaat :)

    ReplyDelete
  13. Kalau aku, dari hamil arya sampai sekarang, ngga keturutan makan mie dari pancinya langsung, tapi pancinya kaya yang di drama2 korea itu. Hahaha.. Gara2 habis liat drakor, Is. Jiah, ngga banget deh!

    ReplyDelete