Friday, 12 June 2015

Sudut Kota : Mereka yang Berjasa

Karena pada setiap sudut kota, banyak hal yang harus diceritakan.
~HM Zwan~

Masih ada yang bertanya kota Siak itu dimana??dengan senang hati saya akan terus menjawab, Siak Sri Indrapura itu ada di Riau. Tepatnya kota kecil di tengah-tengah hutan sawit area Riau, sempat geleng-geleng kepala pas saya naik pesawat mau landing di bandara Syarif Kasim II Pekanbaru. Tampak nyata hutan sawitnya, bener-bener kaya ya Riau ini hehehe. Itu baru sawitnya, belum yang dibawah tanah hehehe. Dari kota Pekanbaru ke Siak membutuhkan waktu 2-3 jam perjalanan darat/sungai. 

Sebenarnya banyak hal yang membuat saya terkesima dengan kota Siak, salah satunya adalah pemandangan setiap pagi sampai siang. Kalau kita keluar rumah pagi-pagi, misalnya mau ke pasar, pasti di tengah perjalanan bertemu dengan ibu-ibu petugas kebersihan. Dengan topi beraneka ragam model dan bentuk, para ibu-ibu (dari yang muda sampai mbah-mbah) asik menyapu jalanan kota. Biasanya ada yang menggunakan sepeda motor, ada juga yang masih menggunakan sepeda ontel. Sebagian besar yang menyapu adalah ibu-ibu, sedangkan bapak-bapak biasanya tugasnya mempercantik rumput, menyiram bunga pakai mobil dan memotong rumput di pinggir jalan. 

 Jalan selebar ini pun disapu lo hehe,kata saya,ini jalan pesawat...lebar banget pokoknya. Samping kiri adalah hutan lindung, banyak monyet pastinya hehe.
 Ini jalan menuju ke pasar

Bersih kan???terus, kamu kapan ke Siak???hehehe...

Silahkan baca juga..
****

31 comments:

  1. Aku mau ke Siak, tapi kirimin tiketnya yaaa hihihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah maunya gratisan hihihihi

      Delete
  2. Wow, jalan selebar itu disapu. Mirip landasan pacu kapal terbang, ya.

    ReplyDelete
  3. Mbak aku siak-siak loh... hahaha

    Aku mau ke Siak mbak tapi gatau kapan, traktir aku yak nanti ehehe

    ReplyDelete
  4. Saya pengen banget ke Siak, Mb... Ada sahabat saya masa kuliah disana. Tp sampe skrg, blm kesampean jg... :(

    ReplyDelete
  5. Bersih banget dan...sepi..hihihi..

    ReplyDelete
  6. Waa... Bersih banget iyaa itu jalan, pada rajin petugas n disiplin masyarskatnya jg pasti ituh

    ReplyDelete
  7. lebaran insyaalloh maen kesana ke siak :)

    ReplyDelete
  8. Dari rumah ke pasar jaraknya berapa kilo Mbak? kelihatannya jauh banget yah, apa karena efek jalanan yang kinclong jadi terlihat jauh :D

    ReplyDelete
  9. Keren ya jalanannya luas banget, mulus trus sepi pula.

    ReplyDelete
  10. Bersih sekali ya Kota Siak..
    Takjub ada prtugas yang nyapu jalan lebar, secara di kota saya yg bersihin jalan itu mobil kusus penyapu jalan :)

    ReplyDelete
  11. Itulah yg bikin kangen. Jawa padat banget & kotor. Minggu lalu suamiku mampir siak perjalanan ke dumai. ADa warung satu lagi langganan kami, namanya gak tau, kecil warungnya, kayak dirumah sendiri, dekat mesjid. Menunya menu kampung, enak bgt.

    ReplyDelete
  12. Aku kapan ke Siak? Aduhhhh ini pertanyaan ajakan ya Hanna... Riau masih asri ya..bersih lagi..

    ReplyDelete
  13. pengen dong ke Siak, liat istana Siak Sri Indrapura..

    ReplyDelete
  14. Lebar & bagus banget mbak....

    ReplyDelete
  15. Kalo aku mbolang ke Siak, siap menerima temporary homeless ini mbak? hihi......

    ReplyDelete
  16. mbaaaak, kemari diomongin mbak Ani Berta di fun blogging, katanya seperti mbak Hana yang memperkenalkan kota tempat tinggalnya di blog jadi ikut membantu mempromosikan potensi daerah hehe

    ReplyDelete
  17. bersih banget ya, andai seluruh indonesia jalannya gitu duh bikin nyaman

    ReplyDelete
  18. ya ampun, pantesan bersih banget...

    ReplyDelete
  19. Ihhh, daerah siak ini ingetin aku ama kota Lhokseumawe, aceh utara..di komplek arunnya... jalannya jg panjang2 dan lebar gitu :D.. Trs di sisi satu hutan.. dulu kita srg main di hutannya, tp sjk ada GAM, takut :(

    ReplyDelete
  20. Bersihnyaa... semoga masyarakatnya juga ikut menjaga kebersihan^^

    ReplyDelete
  21. lengang banget ya mbak suasananya...bikin betah...

    ReplyDelete
  22. Besar banget tuh jasanya. Saya pernah tuh ke Pekanbaru. Kalau siang cuacanya panasss.... Apalagi buat yang kerjanya di luar rungan.

    ReplyDelete
  23. saya tiap kali lihat foto-foto Siak yang diupload di blog ini tuh suka sama jalan-jalan yang kelihatan kosong. Mungkin karena udah biasa banget lihat kemacetan. Jadi buat saya pemandangan langka banget lihat jalan mulus yang kosong hihihi

    ReplyDelete
  24. Zwaaaaan..
    Pengeeeeen ke Siak trus diajak jalan-jalan dan ditraktir makan kepiting sama dirimuh *eh*
    Tapi disono ada Indomaret kan yah, aku takut nyasaaaar...bhahahaha...
    *kalo lagi tersesat patokanku kan Indomaret*

    ReplyDelete
  25. bersih bangeeet, iya bisa untuk landasan pesawat yaaa ><"

    ReplyDelete
  26. Bersih banget kotanya, mba. Berarti hutan sawitnya mengelilingi kota ya, saking luasnya.

    ReplyDelete
  27. Pengennya ke Siak, ke Palembang, kemana2, Tapi ya rempong bawa anak 2, hehe.

    Btw, di Jakarta juga yg nyapu banyak ibu2 / bapak2 tua. Nyapu daun berguguran, pohonnya ditiup angin, ya nyapu lagi, hehe. Tapi ya Jakarta mah ga sebersih Itu krna masih banyak oknum yg suka buang sampah di Jalan, disitu kadang saya merasa sedih :(

    ReplyDelete
  28. Berarti orang Siak itu rikat ya, rajin bersih-bersih sampe jalanan pesawat ikut disapu :D

    ReplyDelete
  29. Ibu-ibu yang luar biasa. Keren ^^b

    ReplyDelete