Friday, 14 November 2014

Satu Siang di Group WA

 ...Be happy...

2 percakapan di group WA...
Sawang sinawang
Agak siangan saya mengakifkan mobile network, seperti biasa bunyi pemberitahuan fb dan WA berseliweran. Satu hal yang menyita perhatian saya dari lembar berwarna kuning adalah percakapan group WA, kebetulan teman-teman irt beberapa ada yang aktif ngobrol, tiba-tiba ada salah satu teman yang nyeletuk begini.
"ibu-ibu RT enak bener ya jam segini masih pada masak aja, kayak nyantai banget..kalo aku sebelum subuh sudah bla bla bla bla..."
Pernah dengar pepatah Jawa sawang sinawang..??intinya, apa yang kita lihat sawang itu belum tentu benar, mungkin benar tapi tidak seutuhnya, atau bahkan mungkin sebaiknya, tidak benar. Misalnya saja, kita melihat memang si A kaya, tapi belum tentu orang itu bahagia karena semuanya berlimpah seperti apa yang kita duga atau kita imajinasikan.
Jadi, mari bersyukur....

Tentang KBM
Tau kbm??kegiatan belajar mengajar. Ceritanya berawal dari salah satu teman di group satunya lagi, kebetulan dia (guru PAUD) sedang promo usahanya yaitu jual buku metode membaca untuk anak-anak. Sampai pada akhirnya ada yang tanya, kbm itu apa sih??dan berujung pada percakapan panjang. Ngomong-ngomong soal kbm, kegiatan guru dan anak-anak di sekolah, mau nggak mau mengingatkan saya pada saat menjadi guru PGTK tahun 2012-2013, khususnya saat memegang kelas playgroup. Ternyata, betapa menyenangkan sekali berkumpul dengan anak-anak balita, kebetulan yang saya pegang paling kecil usianya 1,9 bulan, jadi sudah kebayang bagaimana aktifnya anak tersebut. Ketika teman-temannya duduk rapi di depan saya, anak tersebut sibuk lari kesana kemari. Kalau saya kejar, itu anak-anak yang duduk manis malah ikut-ikutan lari, walhasil kelas kacau balau, tapi tambah seru hahaha.

Mejadi guru PGTK itu harus kreatif, beneran loh, ngak bohong. Saya aja bener-bener mati gaya pas mau cerita sambil ngelucu gitu, kok jadinya pada bengong semua ya hahaha. Beda banget sama ngajar anak-anak SD, SMP, SMA atau SMK. Mau tidak mau harus bisa mendongeng, membacakan cerita, melucu, membuat anak-anak tertawa, dan harus bisa nyanyi. Kalau ada yang tanya, suka mana, ngajar anak PGTK atau jadi guru BK??emmmm....dua-duanya deh hahaha. Kalau ngajar PGTK itu asik banget, main-main mulu, artinya bermain sambil belajar. Kalau ngajar BK juga asik sih, diajak anak-anak main game mulu hahaha, game disini bukan game online dll tapi permainan mengasah kreativitas dan otak hehe.
Hasilnya, hari ini saya kangen semua murid-muridku.... :(

Hari ini, beberapa group percakapannya random banget, dan berhasil mengingatkan saya untuk bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan, serta mengingatkan bahwa menjadi guru itu menyenangkan ^^

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan



48 comments:

  1. Menjadi pengajar anak-anak merupakan salah satu obat awet muda lho .... bisa dibuktikan secara gaib hahahaha

    ReplyDelete
  2. anak2 memang selalu bisa membuat kita, org dewasa tertawa terbahak2 ya mak...

    ReplyDelete
  3. wah saya juga pernah tuh mak jadi guru tk tepatnya TPA di mesjid dekat rumah waktu masih kuliah, selain di tuntut kreatif harus sabar juga ngadepin anak-anak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ya??tos dulu mak...bener banget,harus sabarrr hehe

      Delete
  4. Huah, baru tau saya kalo mbak Hanna ini dulunya guru si murid-murid kecil. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari playgroup,tk sampe smk udah pernah semua mbk hehehe

      Delete
  5. betul , Mak.

    kalau ketemu anak2 itu seneng banget bawaannya..

    dulu waktu pulang dari Gontor, ngabdinya di mana mak?

    Minta no WA nya dunk Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mak,seru rasanya....boleh,via fb ya ^^

      Delete
  6. mantep, semoga KBM-nya semakin berkembang terus :)

    ReplyDelete
  7. wweeeeee... asik skli tuh anak2 kliatanya ,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget,ini seru2an aja sih hehe

      Delete
  8. Duhh...jadi kepengen ngajar lagi...:(

    ReplyDelete
  9. Setuju sekali, Mak. Emang semua itu sawang sinawang. Pepatah yang bikin kita inget bahwa semua itu ada plus minusnya :)

    Aku juga jadi kangen ngajar huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak...uwaaa,banyak yg alumni guru ya ternyata hehehe

      Delete
  10. kadang kita memang suka merasa rumput tetangga lebih hijau. Trus ngiri. Padahal gak perlu, ya

    ReplyDelete
  11. kita nggak ngerti apakah hidup orang lain itu sebenarnya enak atau nggak. kita hanya ngerti kulit luarnya, karena isinya mereka bungkus rapi. yup, sawang sinawang, itu yang bener :)

    ReplyDelete
  12. Ngajar TK mungkin ya, kalo PGTK kan berarti jadi dosen.. He he soale PGTK kan Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pgtk...playgroup dan Taman Kanak-kanak

      Delete
  13. Jadi guru BK tuh ternyata asik to ? baru tau nih hihi....

    ReplyDelete
  14. Kata kepsek saya pas masih di TK bilang gini mbak, kalau bisa menghadapi anak-anak TK kemungkinan besar bisa menghadapi anak-anak SD-SMA. Nah sebaliknya tuh.
    Merasa beruntung saja, sebelum mengajar di SD, saat ini, saya dulu pernah ngajar di TK.

    *kangenMbakHanna

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohyaa??saya malah baru tahu heehe..k saya sd,smp,pgtk,sma,smk hehhe
      kangen mbk ika juga^^

      Delete
  15. Ngebayangin serunya ngajar anak2 pgtk itu .. :D

    ReplyDelete
  16. kadang memang kalo yang diomongin suka di lebaykan, padahal nyatanya engga begituh :)
    yup balik lagi ke bersyukur n tetep ternsenyum ya bu guru cantik

    kayanya awet muda trus kalo ngajar di tk yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak...hahahaha,iya hahahihi muu xixixixi

      Delete
  17. saya malah serem mak, klo hrs ngajar di tengah2 anak gt :D

    ReplyDelete
  18. Jadiiiii, kangen ngajar lagi nih, Mbak? :)

    ReplyDelete
  19. Seru jadi guru, terutama guru anak-anak cilik! Aku bisa ikut lompat-lompat dan nyanyi, Mbak. :D

    ReplyDelete
  20. Enak ya, seru jadi guru TK, tapi harus sabar ya mbak ngadepin anak-anak :)

    ReplyDelete
  21. Emang bener, kita suka envy ama status orang padahal siapa tau dia envy sama kita (geer banget)

    ReplyDelete
  22. Memang ya mbak harus banyak bersyukur.... biar itu rumput hijau tetangga terlihat imitasi hihiii

    ReplyDelete
  23. kalau ngajar anak kecil butuh kesabaran ekstra ya,,,,

    ReplyDelete
  24. punya wa gak bilang2 nih :) bukan nomor yang biasa untuk sms ya

    ReplyDelete
  25. Ceritanya sih ini malarindu ngajar lagi yaaa :)

    ReplyDelete
  26. kelihatan menikmati sekali tuh anak2 KBM.. :D

    ReplyDelete
  27. Tante, sekolahnya Dija butuh banyak guru
    sapa tau ada temannya Tante yang berminat..
    heheheh

    ReplyDelete
  28. waah pernah ngajar bocah2 cilik ya mak...
    kebayang anak2 yg ga bisa duduk diam n berlarian:D

    ReplyDelete
  29. pastinyaaa...aku juga pernah jadi guru anak2 maaak....dan sering kangeeen aja, kebayang wajah lucu mereka yang polos :)..bersyukur tiada henti, buat hidup hepi..

    ReplyDelete
  30. kalau lihat gini, jadi inget murid-murid ku, memang sih sempet bikin resek, tapi kalau gak ketemu kangen juga, hehehe

    ReplyDelete