Tuesday, 18 November 2014

Endesnya Sambel Blelek Plus-plus

Pernah denger sambel blelek??pertama kali tahu nama dan resepnya dari suami. Beda emang ya yang tinggal di daerah deket kota sama gunung hahaha, sambel sesedep ini nggak tau, *kucek diri sendiri*. Minimal taunya sambel terasi dan paling maksimal taunya sambel petis hahaha. Yang nggak tau dan nggak mau tahu, rugi dah!!saya aja yang baru tahu 3 tahun ini rugi bangettt, surga banget deh sambel ini. Sejak tahu sambal blelek, setiap minggu sekali pasti bikin dan nggak absen dari lesehan makan siang dan malam saya. Sambel blelek ini paling simpel dan murah meriah, dinikmatinya sama terong lalap yang bulet kecil, berhubung kebun kecilnya ibu kos banyak terong ijo panjang, jadi disuruh panen tiap pagi, horay!!Biasanya sih suami mintanya direbus, tapi request dari ibu kos disuruh goreng, baiklah mari kita coba. Mau tau resepnya sambel blelek plus plus??yuk, markimas mari kita masak...
 SAMBEL BLELEK
Bahan lalap:
1 ikat bayam, rebus
1 buah timun
1 pete (yang panjang), goreng
7 buah terong ijo panjang,beah jangan sampai putus,goreng
5 buah terong ijo bulet,iris tipis

Bahan sambel:
5 bawang merah
3 bawang putih
7 cabe rawit
Garam
Gula

Cara:
Goreng bawang merah, bawang putih dan cabe rawit setengah matang.
Sebelum diulek, tambahkan gula dan garam.

Penyajian:
Setelah diulek kasar,tambahkan terong ijo bulet,ulek kasar.
Sambal blelek plus plus sudah siap.
Maksudnya plus-plus itu apa ya??kalau sambel blelek asli cuma pakai terong bulet ijo aja, berhubung saya dan suami itu suka sayur dan lalapan, jadi plus lalapannya segambreng, dan kulupan. Dinikmati sama nasi pulen yang anget, sama tahu tempe aja udah enak banget apalagi ditambah kerupuk, surga dunia!!!sluurptttt, endesnya sambel blelek sampai ubun-ubun hahahaha.
Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan...

Mau dan pingin nyoba???
Takut ngiler???
Monggo 

55 comments:

  1. kalau soal sambel, Indonesia merupakan suatu keajaiban dunia, tiada tandingannya.
    Langsung ngiler melihat foto-fotonya. Kayaknya enak untuk dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambelnya berhamburan dan unik..sila coba :)

      Delete
  2. ditambah ikan asin dan pete... mantap deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaddi nambah berapa porsi lg nih hehe

      Delete
  3. Baru denger tuuh..
    wow kaya di sunda juga ada kaya gituh, apa namanya yaa..

    wkwkw lopaa< ntar tak tanyain t dey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jd pnasaran nama sundanya...teh deyyyy come herrreeee ;)

      Delete
  4. ngiler tapi ga suka petenya :(

    ReplyDelete
  5. Laperrrr *ngencess* cabenya 3 aja deh *maklum lg mahal*

    ReplyDelete
  6. Kirain tadi sekilas bacanya sambal bebek :D
    Sebagai pecinta sambal, harus coba bikin sambal ini :)

    ReplyDelete
  7. Baru tau ada sambel blelek ...kayaknya yummy neh, jadi pengen nyoba buat.. :)

    ReplyDelete
  8. errr... aku ga suka pedes.
    betapa bahagianya orang yang suka pedes ya...

    ReplyDelete
  9. Nama sambelnya lucu.. kayaknya enak, asal gak pedes *loh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..unik aja hehe.coba sedulitt aja hihi

      Delete
  10. netes deeh.... Liur srrppp...wwkwkw, pakai terasi lebih mak nyus deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambel trasi dong jafinya bkn sambel blelek hihi

      Delete
  11. Wew..maknyus mak...kbetulan aku jg suka sm lalapan....jd sambel blelek ini perpaduan sambal dan lalap ya.
    .kloplah.. hehhe

    ReplyDelete
  12. Awaas hati2 dalam pelafalan cepet,skilas Mata kbur#efek belekan# bacanya jadinya sambel belek :☺tapi kok gambarny bkin ngeces..baca lagi fokus2.xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha....blelek bukan belek mak^^

      Delete
  13. wah ,,,, ada pete nya yah ??? hehe

    ReplyDelete
  14. subhanallah... kok jadi drooling begini yah, kayaknya enak sama nasi anget :P

    ReplyDelete
  15. pengen coba bikin ah...
    klo ga pake terong, tetep enak ga mak?

    ReplyDelete
  16. nyam nyam nyam,,enak banget,,sambel aku suka,,kalo nggak ada sambel nafsu makanku berkurang :)

    ReplyDelete
  17. setiap ada yanag ngomongin sambel kok rasanya air liur mengalir lancar #Telanludah

    ReplyDelete
    Replies
    1. xuixixixix..artinya suka sambel juga ya

      Delete
    2. Banget mba, malah rasanya lidah sudah mati rasa, sepedas apapun sekarang rasanya dilidah cuma panas dikit, jadi taunya makanan sudah sangat pedas itu pas lagi makan dan perut langsung perih. parah kan?

      Delete
  18. terong yang diulek itu mentah ya ?

    ReplyDelete
  19. oh, tidak dihaluskan semuanya, soalnya pembantu saya pernah bikin pakai terong hijau juga tapi diuleg agak halus

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mak,kasar2 aja yg penting kecampur sama sambelnya ^^

      Delete
  20. Hai pete... how are you...
    disini susah cari pete, untung aku gak doyan mbak hehehe

    ReplyDelete
  21. Nggak tergoda lihat isinya Mbak..huwu, itu pete dengan terong bisa diganti ga yaa?

    ReplyDelete
  22. Lagi inget2 terong panjang warna ijo yang gimana itu he he. Soalnya kebanyakan liat terong panjang ungu sama yg ijo tapi bulet he he. Manteb deh pake cabe rawit nyam

    ReplyDelete
  23. Resepnya sederhana, yg penting ada cabe dan pete pasti enak :D

    ReplyDelete
  24. Aku paling familiar sama sambel belacan, Mak. Harum banget pas dibakar. :D

    ReplyDelete
  25. aduuuh..kayaknya nikmatnya surgaa deeeh...jadi pengeeeen :)...coba diimpor ke sini hehehe

    ReplyDelete
  26. ya ampun mbaaaaak, kesalahan fatal menjelan gmakan siang ngeliat beginian, pengeeeeeeeeen hiks.

    ReplyDelete