Wednesday, 8 October 2014

Cara Menikmati Ketupat a la Sumatera

Pesta Lontong Wa Akhwatuha
Maksudnya kebanjiran lontong dan teman-temannya, nggak disangka ternyata berkah Hari Raya Idul Adha sangat terasa bagi saya yang jauh dari orangtua dan sanak saudara. Tahun lalu mendadak ingin lebaran Idul adha di Rengat Riau, dan akhirnya kesampaian keliling setengah dari Provinsi Riau. Tahun ini berhubung suami ada kerjaan jadi lebaran di Siak Riau. Hari sabtu anak-anak kamar sebelah dan depan pulang semua, tinggal saya sendiri, untung rumah ibu kos berdempetan, jadi nggak sepi-sepi amat. Hari minggu sore gerombolan anak SMA pada balik, satu persatu ngasih oleh-oleh, dan mendadak terharu.

Lontong, Buras, Ketupat dan Lemang
Dari ibu kos dikasih lontong yang dibungkus plastik, ketupat ketan, gulai sayur, dan rendang bebek. Dari anak kos ada sepiring munjung buah nangka, ada juga buras, lemang dan rendang ayam kampung. Kalau lontong rasanya biasa seperti lontong pada umumnya, ketupat ketan khas orang Sumatera, kalau di Jawa kan ketupat isinya beras. Kebetulan teman samping kamar orangtuanya orang Bugis, jadi setiap hari raya selalu buat buras dan lemang a la orang Bugis (berdasarkan wawancara hahaha), buras dibuat dari beras yang dikasih santan banyak, rasanya gurih, enak, teksturnya agak bernasi tapi sunguh enak sekali. Nah, lemangnya ini yang dua kali masak (ingat, ini yang prosesnya dua kali masak bukan sekali masak pakai bambu saja). Ceritanya pas mau incip, saya belah tengah pakai pisau, lha kok kebelah sendiri, terntaya sudah dibelah-belah. Sepertinya setelah lemang masak, sengaja di iris-iris kurleb 5 senti dan di bungkus kembali lalu diikat dan dikukus hehe,unik ya. Kalau di Jawa lemang ini kayak lepet, tapi pas saya rasa tekstur lemang lebih lembut dibanding lepet. Assikk, dah kayak pak Bondan aja nih, eaaa. Rasanya enak bangettt.
Cara Menikmati Ketupat a la Sumatera
Kalau di Jawa menikmati lontong dan ketupat pasti sama sayur, sejenis sama sayur lodeh gitu. Tapi lain cerita di Sumatera, disini lebih simpel, unik, dan asik banget. Cukup di cocol dan dinikmati dengan rendang kelezatannya sudah terasa, awalnya sih aneh, tapi kok lama-lama enak juga hahaha. Kalau dagingnya habis, otomatis bumbunya masih banyak, namanya aja rendang, cocol aja pakai bumbu udah enak banget. Mempelajari budaya setempat itu nggak perlu mengorek-ngorek dengan susah payah, cukup dengan melihat cara mereka, ajak berbincang, lalu ikuti. Pelan-pelan nambah lagi ilmu budaya disini hehehe.
Pernah nyoba makan ketupat dicocol pakai rendang...??

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

33 comments:

  1. Ketupat merupakan salah satu hidangan atau makanan favorit keluarga kami saat merayakan idul Fitrie maupun Idul Adha kemarin. Rasanya kalau merayakan hari lebaran tanpa KETUPAT rasanya kurang lengkap aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep kang, kapan2 mampir ke kang asep ah :)

      Delete
  2. Ala maaaak...itu Lemang nya! Hhhmmm...kesukaan keluarga kami. Memang bikinnya repot, tapi hasilnya doong...yahud legit dan gurihnya!

    ReplyDelete
  3. ada lagi loh cara menikmati lontong dan ketupat yg asyik, dicemplungin di indom*e kuah, wuuuiihhh maknyuuss dan full carbo muahahaha...

    ReplyDelete
  4. hi hi selalu Mba, pasti pasangan ketupatnya rendang dan opor...


    Kalau ke tempat tante baru ketupat ketan dan tape serta gulai bantai enak bgt he he he he

    ReplyDelete
  5. lontong,,,eh,,,,nangka,,,disini belum masak nangkaku di pohon,,,,hmmm yummy,,,ada kerupuk apaan itu,,,

    ReplyDelete
  6. maak...bikin ngiler kalau ngomongin makanan, btw saya suka lemang lho, tapi gimana ya cara bikinnya, ajarin dong hehehe....tapi bener Idhul Adha yang penuh berkah, kemaren saya juga dapat kiriman ketupat dari tetangga...

    ReplyDelete
  7. wew enak kayaknya, beli rendangnya di warung padang :d

    ReplyDelete
  8. belom pernah makan ketupat di cocok sama rendang, lebih sering makan ketupat sama soto ayam atau mie rebus haha

    ReplyDelete
  9. Ketupat cocol rendang..memang nendang ! Mamak mertuaku kan lama tinggal di Jambi, nhaa kalo lebaran pasti ada menu ini,,,,kalo di mamakku ketupat opor ayam, di mertua ketupat cocol rendang..trus aku kombinasiin deh, ketupat siram opor, taruh kuah dan daging rendang yang kental itu..mangstaabbb !

    ReplyDelete
  10. Dicocol wihhh... belom pernah Mbak.
    Kapan hari aku ke Makassar, dikasih burasa'... sama kali ya sama buras. Enggak pakai apa-apa sudah enak :)

    ReplyDelete
  11. duh gusti ada nangka mejeng juga ? Glek...

    ReplyDelete
  12. mbakkk minta buah nangkanya donk 1 piring ... Aja :D

    ReplyDelete
  13. wew...jadi pengen makan ketupat euy.. Ada lagi Mak cara makan ketupat Sumatera, selain dicocol pake rendang, bisa juga dicocol pake kuah opor. Lebih makyus rasanya, hehehe

    ReplyDelete
  14. ya ampun... lengkap banget & bikin ngiler...

    ReplyDelete
  15. hmmm,,jadi pengen melancong dan berkuliner ke Sumatera :)

    ReplyDelete
  16. Waaah.. ada buras jugaaa....
    Itu menu wajib kalo lebaran di rumahku mbak... Mama gak pernah absen masak buras tiap lebaran. Jadi kangeeen...

    ReplyDelete
  17. Bener, di sumatra kalau makan lontong gk perlu pake kua sayur yg banyak. Sedikit sayur atau rendang uda terasa. Aku juga orang sumatra..

    ReplyDelete
  18. Belum pernahh....
    Ketupat yg biasa ta makan pakai sayur lodeh, sambel kelapa. Mau dunk dikasih tester-nya

    ReplyDelete
  19. Glek... air liur langsung menetes saat membacanya... :)))
    Yang ngasih ketupat dsbnya pahalanya banyak banget, karena apa? masaknya syusyahhh bgtzz

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah nyoba lemang mbak :p Enak banget ya mbak sering dapat makanan gratis, hehe..

    ReplyDelete
  21. Haduuuh jadi kangen lemang & lontong sayur. Kemarin suami datang dr Pku gak mau bawain lontong sayur, ntar basi. Akhirnya dibawain bumbu rendang & cabe lado ijo. Btw lontong plastik itu nggak baik lo. Coba cek blog mak Oci Ym (Pekanbaru), dia punya cara bikin lontong pakai rice cooker untuk menghindari plastik.

    ReplyDelete
  22. Wah, aku belum pernah coba :D Tapi aku memang gak makan daging, sih, hihihi. Pernahnya makan ketupat sama sayur wortel :)

    ReplyDelete
  23. Ketupat, buras, lemang sudah pernah saya makan.
    Dengan kuah yang pas maka rasanya nikmat banget
    terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  24. Biasanya klo lebaran Jaman aku blom nikah dulu: ketupat, sayur nangka/tauco, rendang, ayam. Ada jg ketupat ketan, makannya pake kue bolu ato ama tape ketan. Tuuhh jd laper deh

    ReplyDelete
  25. ketupat itu enak ya dimakan pake apa aja... masukin ke bakso atau soto juga enak...hmmm nikmat banget

    ReplyDelete
  26. Tadi sempat heran, Mbak Hanna tahu buras dari mana ... ternyata ada tetangga orang Bugis ya hehehe ... kalo saya suka makan burasnya thok, pake sambal saja ... gurih soalnya :)

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah, rezeki datangnya dari pintu mana saja :))

    ReplyDelete
  28. Aku seriiing banget dicocol gituuu...karena ngg begitu suka sayur santan...asli enak..ngg pakai dagingnya malah, hanya bumbu nya ajaaa

    ReplyDelete