Monday, 4 August 2014

Lampu Colok


Satu hal yang saya sangat suka dari perpindahan antar pulau adalah tradisinya, salah satu dari sekian tradisi di Siak - Riau pada bulan ramadhan yang masih berjaya sampai saat ini adalah lampu colok. Tempat bekas minuman kaca atau kaleng yang diisi dengan minyak tanah, lalu diberi sumbu dan dihidupkan pada saat jelang maghrib. Tradisi ini dimulai pada malam ke 21 ramadhan sampai malam takbiran, meskipun meriahnya baru terlihat di malam ke 27 sampai malam lebaran.
Biasanya lampu-lampu ini di taruh diatas pagar rumah, ada juga yang menaruh diatas kayu yang ditancapkan ke tanah, di sekitar jalanan kota dekat sungai Siak banyak yang ditaruh di tepi jalan, ada juga yang ditancapkan di pohon. Lebaran kali ini tidak banyak variasi lampu colok, karena biasanya di berbagai sudut kota ada lampu colok berbagai bentuk, seperti masjid dll. Kapan hari saat keliling kota, saya hanya melihat lampu colok berbentuk kapal, sayang sekali motor kami laju jadi tidak bisa mengabadikan moment tersebut.
Adakah tradisi lampu colok di lingkungan teman-teman saat jelang Idul Fitri..??

***
4 agustus 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan


44 comments:

  1. Disini tidak ada lampu colok Hanna... Masa-masa kecil dulu setiap menjelang akhir Ramadhan aku dan teman2 biasanya keliling kampung dengan lilin yang diletakkan di batok.... lampu colok kelihatan lebih kreatif dan semarak ya.
    Selamat Idul Fitri, maaf lahir batin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lilin ditaruh di batok??jadi penasaran bentuknya mbk :)
      sama2 mohon maaf lahir batin :)

      Delete
    2. Batok kelapnya untuk wadah lelehan lilin... dan bisa kadi pegangan untuk dibawa2 :D

      Delete
  2. Persis di kampung saya juga, Kampung Klender pinggir Jakarta tempo duluu...:)

    ReplyDelete
  3. ini suasana masa kecil banget.
    sekarang kampung sudah terang benderang oleh listrik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,kerasa banget nyambut idul fitrinya :)

      Delete
  4. Menarik sekali. Kalau tradisi di Pontianak (Kalimantan Barat), kurang lebih sama juga dengan tradisi Lampu COlok. Namun lampu yang ada dan biasa dipasang oleh warga Pontianak hanyalah lampu templok atau lampu dengan menggunakan botol kecil seperti botol Kratingdaeng. Ada sumbunya. Dipasang berjejer di halaman rumah, langgar atau masjid, Biasanya sih menjelang 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan. Menyambut malam Lailatul Qadar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama berarti pak,kalo di jawa namanya juga lampu templok atau oblek :)

      Delete
  5. Klo di aku dulu namanya lampu teplok gitu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dirumahku juga lampu templok mak :)

      Delete
  6. Wah, keren banget. Kalau di daerahku nggak ada :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. adanya mungkin obor kali ya mbk :)

      Delete
  7. Dikampung saya (Riau juga tapi arah ke Jambi/Sumbar) namanya bukan lampu colok tetapi 'lampu cikdung ... entah masih ada entah tidak, entahlah ... nasib saya yang terdampar hidup di Jakarta sudah 1/4 abad ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...masih ada kayaknya pak,namanya unik :)

      Delete
  8. wah ditempat saya dihidupkan kembali takbiran keliling kampung sambil membawa obor, heboh dan meriah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo disini tekbiran tetep ada tapi pakai lampu hias :)

      Delete
  9. Kalau tempat saya obor yang dari bambu berisi minyak tanah. Lalu, ditutup dg kain, Ka. :D

    ReplyDelete
  10. Wah baru tahu ada tradisi lampu colok nih, di kampungku sana belum ada tradisi ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi..ayo bikin mbk,biar ketularan tradisinya gitu hehe

      Delete
  11. Saya baru dengar ini mbak ;) unik ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru lihat yang seperti ini mbk^^

      Delete
  12. Di semarang maupun Kudus ga ada tradisi ini, keren ya liat lampu berjejer2

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling2 obor ya mbk kl di jawa, iya..seneng bangett,ndeso gitu hehe

      Delete
  13. Disini gak ada yang kayak gitu mbak, adanya cuma bawa obor keliling kampung kalo malam 17 agustus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama berarti kayak dikampungku hehe

      Delete
  14. Di dumai ada lampu colok. Haha, banyak yang masang. Yang bikin jadi kaya hiasan juga banyak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,di riau kebanyakan kayak gitu ya :)

      Delete
  15. jd inget masa2 masih kecil di gorontalo, wkt keliling2 pas malam takbiran, dmana2 bnyk cahaya2 kecil, tp kayanya sih dr lilin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,dulu mbk lia kecilnya di gorontalo ternyata :)

      Delete
  16. kagak mudik ya lebaran kali ini ? Lampu colok gini kalo di jawa apakah lampu senthir yang pake botol diisi minyak dan diberi sumbu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,hehehe baru denger namanya lampu senthir,iya ini kembarannya :D

      Delete
  17. kangen dengan suasana pake lampu teplok,,,dulu nggak ada lampu tidur,,,ibuku selalu pake lampu teplok kalau mau tidur,,,ah,,jadi kangen ibu nih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,sama...kalo pake lampu teplok rasanya itu romantis banget ya :)

      Delete
  18. Ini tradisiku saat masih ngaji mbak, sekarang ganti merconan :(

    ReplyDelete
  19. tradisi seperti ini masih ada di kota saya mak, walaupun sudah jarang

    ReplyDelete
  20. Maaf lahir batin mbak Hanna :)
    Di kampungku, di Waru sana, pernah sekali aku ngeliat pas malam takbiran. Satu kampung lampunya sengaja dimatiin, trus di sepanjang jalan dipasang lampu kayak gini. Suka ngeliatnya.. Tapi rasanya, aku cuman sekali itu aja ngeliat, habis itu udah ga pernah ada lagi....

    ReplyDelete
  21. disini gak ada tradisi yg seperti itu, padahal seru yaa...jadi cantik juga kan jalanannya :D btw, maaf lahir bathin ya mba Hana ^_^

    ReplyDelete
  22. di kota makassar, tradisi menyalakan lampu minyak atau lilin menjelang akhir Ramadhan juga ada,,,,bahkan lampu-lampu tersebut dibuatkan wadah khusus yang dihias dan terkadang diarak beramai-ramai keliling kampung sebelum dipajang di rumah masing-masing....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  23. Ngg ada lagi maaak...jadi inget jaman KKN dulu....seruuu memang :)...

    ReplyDelete
  24. ditempat saya, tdk ada lampu colok

    ReplyDelete
  25. di temat saya gak ada tradisi spesial apapun :(

    ReplyDelete
  26. di tempatku gak ada tradisi ini

    ReplyDelete