Tuesday, 22 July 2014

Sambel Tahu Tombo Kangen

Bismillahirrahmaanirrahim...
Alhamdulillah masih diberi nikmat kesehatan sampai detik ini, seneng banget, bersyukur banget. Ngomong-ngomong masalah sehat, pastinya nikmat makan lumayan enak dan lahap, apalagi kalau kangen ibu nan jauh di Jawa terus diobati dengan masak makanan tombo kangen. Nah, masakan tombo kangen ibu kali ini sabal tahu, ya meskipun tiap waktu telpon kalau kangen tapi kurang tsah kalau belum masak makanan tombo kangen hehe. Dari kecil sampai sekarang, ibu lumayan sering buat sambel tahu buat sarapan, bahannya simpel banget. Bahan utama pastinya tahu dan kacang tanah yang digoreng terlebih dahulu, lebih enak kalau ada petis, tapi sayang disini nggak ada yang jual petis *saya belum nemu di pasar*. 

"SAMBEL TAHU TOMBO KANGEN"
Bahan
5 buah tahu, goreng
1 genggam kol
1 genggam toge
2 buah daun seledri, iris 

Bahan Sambel
1 genggam kacang tanah, goreng
2 bawang putih
4 bawang merah
2 cabe merah
5 cabe rawit
Air secukupnya
Garam
Gula merah
2 sdm kecap manis

Cara Memasak
Sambal :  sisihkan air dan kecap, ulek bahan sambel sampai lembut, tuangi air sampai kental lalu tambahkan kecap. Masukkan tahu, ulek kasar.
Penyajian : letakkan nasi, tambahkan irisan kol, daun seledri, tuang sambal tahu, taburi toge. Hidangkan.
Sluurpttt....ladziz jiddan pemirsah hehehe, bener-bener tombo kangen ibu deh. Ohya, satu lagi, jangan lupa kerupuknya hehehe. Nggak loe nggak rame hahaha.
Semoga bermanfaat, selamat berpuasa, baarokalloh.
***
22 juli 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

21 comments:

  1. kayak nya sambel nya mantapp banget dehh hehehe :D

    ReplyDelete
  2. mantap nih sambel tahunya.. boleh dicoba :)

    ReplyDelete
  3. widiiiw.. langsung ludahku sudah berkumpul di mulut, tinggal keluar tok mbak hana

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiew....sampe segitunya ya hehhe

      Delete
  4. hmmmm,,lak pinter masak yo ngene,,,nggarai koncone ngiler,,,haduh haduh,,wes nggak kuat aku rek,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iki jek sinau mbk,abal2 poko'e hehe

      Delete
  5. huaah ini seperti tahu tek ala mbak hanna yoo, eeh dapet salam mbak dari mbak ria rochma yang digresik itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul nduk hehehe...wa'alaikumsalam.. :)

      Delete
  6. Mudik nggak Mbak?
    Aduh, seenak-enaknya makanan pedes, aku nggak sanggup makannya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kayak'e na..hahaha mesti iki g seneng pedes :)

      Delete
  7. ini sih gak usah pake nasi juga kayaknya enak :)

    ReplyDelete
  8. Klo dikertosono dimkn sm lontong mbak...namanya lontong tahu....hemmm sadappp...
    Jadi kangen rumah juga... huwaaaaa,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kangen kerupuk'e mbk..kertosono gitu lo hehehe

      Delete
  9. aku datang bawa sepiring nasi nih miss

    ReplyDelete