Tuesday, 20 May 2014

Rempelo Ati Bumbu Rujak

Kalau lihat belimbing wuluh, lansung kepikiran bumbu rujak..
~HM Zwan~
Bismillahirrahmaanirrahim..
Entah berapa tahun saya nggak megang lagi yang namanya belimbing wuluh, pokoknya sejak menikah dan pindah ke Batam. Sebelumnya sering banget ngerasain masakan ibu yang berbau belimbing wuluh, mulai dari pepes, bumbu rujak, sampai jangan asem. Kebetulan di rumah ibu ada pohon belimbing wuluh, jadi kalau butuh asal ambil aja. Nah kapan hari di kasih nenek belimbing wuluh bawa dari Pekanbaru. Kepikiran buat bumbu rujak, kebetulan di kedai ada rempelo ati ayam, beli deh. Sekali-kali, soalnya tiap hari lauknya tahu tempe hehehe. Melas tenan to yo hahaha...sungguh, ini nggak melas karena tahu tempe itu enak luar biasa^^.
 Bahan
5 buah rempelo ati ayam (goreng)
8 buah belimbing wuluh
5 buah cabe ijo (iris serong)
1 ruas laos (geprak)
air secukupnya
Gula
Garam
Kaldu ayam

Bumbu Ulek Kasar
8 buah bawang merah
4 buah bawang putih
3 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
4 buah kemiri
1 ruas kunir

Cara Memasak
 Panaskan minyak goreng, tumis bumbu ulek kasar, cabe ijo dan laos sampai harum.
Tambahkan gula, garam, kaldu ayam dan air secukupnya.
Masukkan rempelo ati, aduk.
Masukkan belimbing wuluh yang diiris-iris, aduk, tunggu sampai airnya sedikit kering (cemek-cemeki).
 Angkat, hidangkan selagi hangat.
Heummm,harummmm sangat. Bumbu rujak ini khas bangetlah pokoknya, seger-seger gimmana gitu, cocoknya dinikmati sama nasi pulen yang anget, plus krupuk hehehe. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.
***
2014
@hmzwan

28 comments:

  1. aduh, pagipagi dipameri kuliner enak, jadi pengeeen

    ReplyDelete
  2. Sungguh ininalesan sebenar benarnya alesan. Tempe itu enak luar biasa. Hehehehe

    ReplyDelete
  3. masakannya mesti menggoda,,mesti,,,hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ah mbk dwiiiii bisa aja nih...cupcupcup....

      Delete
  4. diganti ayam juga kayaknya enak ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangettt mbkkk hihi...enak pokoknya

      Delete
  5. Wiw.. mantap luar biasa O.o
    Gemes, pengen nambahin cabe lagi

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. belum pernah mkn pesmol mbk hehe

      Delete
  7. Heuuumm....Menarik...coba aahhh...
    Makasih Sharenya ^^

    ReplyDelete
  8. Belum pernah nyoba mbakhannnn, bolehlaaahhh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. putriiiii apa kbrrr???bikinlahhh...tar incip yaaa :)

      Delete
    2. Alhamdulillah mbakhann :))
      boleeeehhhh akan kukalahkan masternya hhhaa

      Delete
  9. Haduuuhhh rempelo ati !! makanan enak tapi diriku harus tau diri karena bapaknya anak-anak ada kolesterol. Aku sendiri lebih seneng rempelonya daripada atinya nih. Kenyal-kenyil gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooowwhhh...kbalikan nih.q suka atinya mbk hehe

      Delete
  10. aduuuhh kepingiiin
    tapi aku sedang mengurasi jeroan
    ... asam urat udah di ambang batas yang mengkhawatirkan

    ReplyDelete
  11. kalo gak pedes, Dija boleh minta ya tante???

    ReplyDelete
  12. belum pernah masak pake belimbing wuluh... kayanya seger banget... cobain ah :)

    ReplyDelete
  13. Yummy banget deh kliatannya..selalu..Kalo mak Hanna yang masak..

    ReplyDelete
  14. Ini makanan kesukaanku Mbaak!!
    Karena Belimbing Wuluhlah rasa masakan ini jadi nano-nano, asem-pedes-manis..

    ReplyDelete
  15. wih ini kayaknya enak banget, kalo diganti ama cabe merah gimana ya ?

    ReplyDelete
  16. seger, pagi2 udah baca postingan ini

    ReplyDelete
  17. Makasiiiih, aku dapet rasa asemnya blimbing wuluh doaaang..heheeee, enak bgt yaaak bumbu rujak

    ReplyDelete
  18. Sudah lama nggak masak dan ketemu sama belimbing wuluh ini :(

    ReplyDelete