Friday, 14 March 2014

[on friday] Pray for Us,Pray for Riau

Bukan tentang jemuran yang tak kunjung kering
Bukan tentang kaki-kaki mungil yang asik bermain
Bukan tentang buku pelajaran yang rindu untuk dibaca
Bukan tentang pena yang haus belaian sang empu
Bukan tentang benda hijau yang bernama masker
Bukan, bukan tentang itu semua..
Adakah yang lebih segar dihirup daripada asap dipagi hari???
Adakah yang lebih hangat dihirup daripada asap di siang dan malam hari???
Bukan satu hari
Dua hari
Ataupun satu minggu
Tapi bertahun-tahun
Jangan salahkan pemerintah
Jangan salahkan masyarakat
Jangan salahkan tangan-tangan unik
Lalu, siapa yang patut disalahkan???
Entahlah...
Rakyat berteriak
Badan tak lagi mampu berhembus
Nafas, apalagi...
Tuhan, sekiranya ini baik buat kami
 Meski terseok
Papah kami
 Kuatkanlah kaki-kaki kami

***
Siak Riau,14/3/2014
@hmzwan

 

78 comments:

  1. Semoga bencana yang bertubi-tubi bagi Indonesia ini segera berakhir ya, mak......, AAMIIN..

    ReplyDelete
  2. smoga segera berakhir.. smoga tmn2 di riau slalu diberi kekuatan..

    ReplyDelete
  3. semoga segera balik ke kondisi semula dan semua diberkahi Alloh Swt .. aamiin

    ReplyDelete
  4. Hmm... sediih aku klo liat dengar dan baca berita asap :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu..iyha,pengap rasanya mbk :(

      Delete
  5. 2014 tahun yang di awali dengan rentetan bencana, semoga cepat berakhir

    ReplyDelete
  6. :"( semangat mak.... hikz semoga pemerintah cepat turun tangan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha mak,aminnn...makasih yaa.. :)

      Delete
  7. Berduka cita mendengar berita ini han,semoga pemerintah segera turun tangan mengatasi bencana ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,miris kali....aminnnnn,makasih ya :)

      Delete
  8. Baik-baik di sana mbak, semoga diberi rahmat hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha mbk nunu,aminnnn...makasih ya :)

      Delete
  9. Semoga segera membaik disana ya miss...

    ReplyDelete
  10. Semoga segera membaik disana ya miss...

    ReplyDelete
  11. semoga segera bisa ditangani ya, mba. denger2 katanya sengaja dibakar sama oknum ya dan udah terjadi bertahun2? motifnya apa ya? hiks :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya untuk pembukaan lahan

      Delete
    2. mbk ila....iya mbk disengaja,untuk pembukaan lahan sawit baru,,, :(

      nana...betul :)

      Delete
  12. Subhanallah merinding bacanya Mbak. Masalahnya nafas dipertaruhkan. Semoga kondisi seperti itu segera berakhir ya Mbak. Kasihan masyarakat. Masa iya pihak yang berwenang tidak bisa menyelesaikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha iya itu bk,dah bertahun2 pula...sedih rasanya

      Delete
  13. Hanna dan semua yang ada di Riau...semoga masalahnya cepat teratasi ya, turut prihatin

    ReplyDelete
  14. kita hanya bisa berpelukan dan sesenggukan :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah hari ini siak hujan dari tadi jam 6 mbk :)

      Delete
  15. yg sabar ya, mbak..duh..sedih juga liat mbak & warga Riau sana..di sini aja udah mayan tebel apalagi di sana ya.. :( smoga segera turun hujan..aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha kak,alhamdulillah hari ini hujan dari jam 6-sekarang :)

      Delete
  16. Asapnya udah sampe sumbar n dsana skul diliburkan jg...ini ulah oknum2 yg sngaja bakar lahan, biar cpt kelar.klu ditebas bnyak biayanya.ini udah ada permainan antara bnyak pihak.logikanya ini nyaris terjadi tiap tahun..klu sesekali dlm 10-20 thn bru bisa dimaklumi,tp klu nyaris tiap thn itu namanya sdh tradisi mrk oknum2 itu.thn ini lbh parah krn sdg musim kemarau n api susah dipadamkan...pemerintahnya memble..mungkin krn bnyak kepentingan dsana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha mbk,miris bangetttt....saya aja geleng2 yang baru setengah tahun tinggal disini...

      Delete
  17. banyak bencana alam ya akhir akhir ini, hanya bisa bedoa smoga cepat berlalu krn badai pasti berlalu mak, ga bs bayangin gmn korbanya .

    ReplyDelete
  18. Semoga lekas usai. Beritanya muncul setiap hari, semakin hari juga semakin meluas. Saya turut prihatin Mbk. Presidan rencananya akan turun tangan menangani masalah ini. Kita berdo'a saja.

    ReplyDelete
  19. hiks, sedih banget sih .. :(

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. sip mak,alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  21. Replies
    1. aminnn..alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  22. Ih sedih tiap baca tulisan tentang Riau. Duh... kenapa begitu terus, ya?
    Semoga musibahnya cepat berlalu dan orang2 yg bertanggung jawab akan hal ini diberi hukuman yang berat. Sehat-sehat selalu, ya Mak :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,udah bertahun2 juga...alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya,makasih mak nia :)

      Delete
  23. izin copas

    .kunka. kaskus

    ReplyDelete
  24. http://www.kaskus.co.id/thread/53219b1e20cb1789728b4573

    .kunka. kaskus

    ReplyDelete
  25. kita ...punya rasa yang sama mak...
    semoga keadaan cepat bersih kembali...., tak mau menhirup asap mlulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn,,semoga mak,alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  26. semoga turun hujan yah mbak biar asapnya gak tebal ^_^ padahal Bekasi sering hujan lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn..alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  27. sedih mak :( smoga segera turun hujan dan mereka yg tangannya jahil segera insaf deh, huh :) sabar ya maak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. miris mak...aminn,alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  28. Kita korban keserakahan :(

    ReplyDelete
  29. semoga lekas baik-baik saja, is.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn...alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya,makasih zuh :)

      Delete
  30. semoga musibah ini segera berlalu ya mba, prihatin bangetttt....kebayang banget ya sesak begitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn.....alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  31. Miris ya :(
    Kadang nggak habis pikir, katanya Indonesia satu, tapi kenapa seakan terpecah karena pemerintah nggak cepat merespon :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah mak,miris bangettt rasanya...alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  32. Semoga saudara2 kita di sana diberi kekuatan dan ksabaran.

    Baik2 di Siak ya, Mba Hann.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn..alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya,makasih ya mbk :)

      Delete
  33. ga bisa membayangkan seandainya saya yg tinggal di kawasan yg berselimut asap, untungnya jombang masih relatif segar udaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah,salam buat jombang ya

      Delete
  34. Semoga asapnya segera berlalu dan pemrintah cepat tanggap (meskipun sampai sekarang kita tahu seperti apa tanggapannya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn..alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  35. Maak... saya tuh sediiih banget sama keadaan Riau, kota mu dan sekitarnya yg terkena asap, dimana asap ini bukan bencana, tapi manusia perusaknya. Semoga Allah selalu melindungi mak Hana dan suami ya... dan semua warga Riau dan sekitarnya. Semoga masalah ini cepat bisa diatasi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,akibat ulah tangan2 yang serakah :(
      aminnn..alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya :)

      Delete
  36. semoga selalu dlm lindungan Allah ya mba,,smoga seera berlalu,,

    ReplyDelete
  37. Kabarnya sekarang udah hujan ya mak.. semoga cepat berlalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya,aminnn :)

      Delete
  38. Semoga Allah memberi kita kekuatan ya mak, supaya bisa melewati semua ujian hidup dengan baik.. terutama buat saudara2 sesama hamba Allah yang berada di Riau, aamiin.
    Btw mak, puisinya bagus :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn...alhamdulillah kemarin hujan seharian jd lumayan hilang asapnya,hehehe makasih mbk :)

      Delete
  39. semoga musibah ini akan cepat teratasi dan semua penduduk baik baik aj salam kenal

    ReplyDelete
  40. sedih saya bacanya, Mak. Semoga bencana ini jangan sampai terulang lagi, ya. Aamiin

    ReplyDelete