Saturday, 4 August 2012

Sehat dengan Bawang Putih

Berawal ketika saya menelpon ibu, seperti biasa obrolan kita mengalir dari mulai menanyakan kabar hingga masalah masakan. Nah kebetulan pagi itu saya sarapan gule kambing kiriman dari bibi, sontak ibu langsung menyuruh saya untuk mengkonsumsi bawang putih setelah makan makanan yang berlemak tentunya seperti gule, kacang-kacangan, santan dll. Aih, bawang putih??di makan mentah-mentah??gimana rasanya ya??batin saya dalam hati.
Setelah selesai menelpon ibu, saya pun langsung ke dapur untuk mengambil dan mengupas bawang putih. Saya kupas dua siung bawang putih satu yang kecil untuk saya dan yang agak besar untuk suami hehe. Saya coba geprak dulu lalu saya minum seperti minum obat, heummmm baunya bener-bener tajam. Tapi untungnya langsung ketelan hehe….berbeda dengan suami saya, kalau saya digeprak lalu langsung saya telan tapi suami dikunyah sampai habis. Heummmm…..satu kata, HEBATTTT!!!hehehe…

Berbicara tentang bawang putih pastinya yang ada dipikiran kita tentunya bumbu dapur, tapi ternyata bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Misalnya saja penyakit jantung, tumor, kolesterol, flu & batuk, menurunkan berat badan, meningkatkan stamina dan masih banyak lagi.
Berdasarkan pengalaman kakak saya, 1,5 tahun yang lalu beliau merasakan sakit dan nyeri di badannya. Setelah periksa ke dokter ternyata kolesterol kakak saya tinggi dan dianjurkan untuk diet dan berhenti makan makanan yang berlemak dan berminyak (mis:goreng-gorengan). Selama satu tahun setengah kakak saya diet dan ternyata beliau juga mengkonsumsi satu siung bawang putih setiap harinya. Sampai saat ini pun beliau masih rutin mengkonsumsi bawang putih setiap pagi sebelum berangkat kerja, dan hasilnya Alhamdulillah kolesterolnya menurun, lebih sehat dan enak di badan.
Cukup satu suing bawang putih saja jika ingin mencobanya, karena jika terlalu banyak membuat nafas kita menjadi bau. Karena satu saja yang ukuran kecil baunya sudah sangat tajam, jangan lupa setelah memakan bawang putih cara menghilangkan baunya dengan kumur/sikat gigi ya biar mulut kita baunya fresh hehehe….

4 comments:

  1. wahh bawang putih emang sering dijadiin obat,
    kalo chika jerawatan juga suka pake bawang putih, masuk angin, sesak napas juga bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha,lbh enak aja di badan :D.
      bisa buat jerawat juga???hehehe...bolehlah infonya hihihi....

      Delete
  2. Makan bawang putih? Baunya yakkk...
    Sy pilih kapsulnya aja deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha,lumayan tajem baunya mbk :D

      Delete