Monday 10 July 2023

Tips Membeli Rumah Agar Tidak Salah Pilih

Tips Membeli Rumah Agar Tidak Salah PilihRumah merupakan hunian atau tempat tinggal yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang pasti punya impian memiliki rumah sendiri dari hasil jerih payah, menabung atau mengumpulkan pundi-pundi setiap waktunya. Kalau ngomongin tentang rumah, ingatan saya langsung flashback ke tahun 2020. Jadi, ceritanya satu bulan sebelum pandemi tepatnya awal-awal pandemi, saya dan suami memutuskan untuk membeli rumah. Mungkin Sebagian besar orang bilang kami nekat sekali saat itu, gimana tidak, karena dengan kondisi pandemi yang sangat meresahkan banyak orang, akhirnya kita final bisa membeli rumah.


Jujur saja, saat itu kami tidak terpikirkan sama sekali jika pandemi akan berlangsung selama satu tahun lebih. Bermodal tabungan yang kami kumpulkan selama bertahun-tahun dan tentunya berdo'a, akhirnya kami bisa membeli rumah dengan proses yang cukup lancar.

Tips Membeli Rumah Agar Tidak Salah Pilih
Bagi yang pertama kali membeli rumah, pasti rasanya menyenangkan, excited, tapi tentunya rasa bingung juga pasti ada. Karena untuk pertama kalinya ingin membeli rumah yang harganya juga tidak murah, jadi banyak hal yang harus dipikirkan, dipersiapkan dengan matang, direncanakan dan diperhitungkan. Nah, buat teman0teman yang ingin atau sedang dalam perencanaan membeli rumah. Berikut beberapa tips membeli rumah agar tidak saah pilih.

1. Survey lokasi
Pertimbangan pertama dalam mencari rumah salah satunya adalah survey lokasi terlebih dahulu. Mulai dari luas tanah, akses, fasilitas, lokasi yang strategis, bahan bangunan yang digunakan hingga kondisi lingkungannya. Jangan sampai kita tidak mengetahui detail hal-hal diatas karena berakibat akan merugikan kita sendiri.

2. Kenali developer
Zaman sekarang banyak kasus penipuan pengembang bodong, maka dari itu sebelum membeli rumah kita harus berhati-hati dan teliti dalam memilih pengembang rumah. Berikit beberapa cara yang paling mudah untuk mencari tahu reputasi developer adalah melalui portfolio yang bisa kita lihat di website, melihat riwayat proyek yang sudah diselesaikannya.

3. Cek legalitas
Saat ingin membeli rumah, pastikan kita mengetahui legalitas atau perizinan dari properti yang akan kita beli. Mulai dari izin pembangunan, lokasi hingga izin lingkungan.

4. Sesuaikan dengan kemampuan finansial
Sebelum membeli rumah, pastikan kita mengecek keuangan terlebih dahulu. Entah mau membeli secara tunai ataupun dengan sistem KPR, karena membeli rumah bukan sekedar “membeli” saja melainkan banyak hal yang harus dipertimbangkan dan direncanakan, termasuk memiliki kuangan yang sehat. Membeli rumah artinya kita harus mempersiapkan proses administrasi di awal, contohnya seperti biaya notaris, akad jual beli, BPHTB, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli rumah sebaiknya kita mengecek dulu kondisi finansial kita.

5. Memanfaatkan Mortgage Calculator jika ingin mengambil KPR
Sekarang zamannya semua dipermudah, termasuk untuk menghitung kemampuan finansial kita jika ingin membeli rumah idaman. Kita bisa memanfaatkan Mortgage Calculator  untuk menghitung angka yang akan kita keluarkan saat mengajukan kredit rumah (KPR). Meskipun Mortgage Calculator berasal dari UK, tapi bisa digunakan di negara mana saja. Yaa, siapa tau kita bisa investasi satu rumah di UK. Cara menggunakan kalkulator ini juga cukup mudah, caranya kita tinggal mengisi kolom yang tersedia, jangan sampai ada kolom yang kosong, setelah kitu klik calculate., lalu akan muncul hasilnya.


Banyak perhitungan yang bisa kita lihat di Mortgage Calculator ini, seperti berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah. Jadi dengan adanya kalkulator ini sangat membantu sekali dalam perhitungan berapa yang harus kita keluarkan dalam setiap bulannya. Sehingga kita juga bisa dengan lega dan percaya diri jika ingin membeli satu rumah.

Membeli rumah tidak seperti membeli makanan, apalagi yang kita suka langsung kita bayar. Tapi sebaliknya, membeli rumah itu gampang-gampang susah. Jika ingin membeli rumah secara cash ataupun sistem kredit (KPR), banyak hal yang harus diperhitungkan, dipersiapkan dan direncanakan. Salah satunya yang paling penting adalah kita punya finansial yang sehat. Jika keadaaan finansial kita baik, selanjutnya kita bisa memperhitungkan dengan memanfaatkan Mortgage Calculator.

Semoga yang punya impian memiliki rumah idaman bisa tercapai, dan yang belum lunas membayar KPR bisa segera lunas tuntas, aamiin..

Teman-teman ada yang punya pengalaman membeli rumah?ayo dong sharing…



No comments:

Post a Comment