Wednesday 8 September 2021

Momen Haru di Acara JNE Deklarasikan Hari Bahagia Bersama

Momen Haru di Acara JNE Deklarasikan Hari Bahagia Bersama. Bertahun-tahun seringkali saya menggunakan jasa pengiriman JNE untuk penjualan baju anak, tapi baru selasa sore kemarin saya tau makna dibalik tagline “Connecting Happiness” nya JNE. Dua kata yang ternyata maknanya sangat luas, dan di acara ini juga saya dibikin haru yang tidak berkesudahan dengan cerita-cerita inspiratif. 

Beruntung sekali, pada hari Selasa, 7 September 2021 saya berkesempatan hadir di acara virtual zoom JNE. Berawal dari tagline JNE yang selalu diusung yaitu “Connecting Happiness”, JNE deklarasikan Hari Bahagia Bersama yang ditandai dengan peluncuran buku yang berjudul “Bahagia Bersama”.  

Bertempat di Studio Markplus.Inc, EightyEight@Kasablanka, Jalan Raya Casablanca no.88, Menteng Dalam Jakarta Selatan. Acara launching dilaksanakan melalui virtual Zoom. Semua orang pun dapat menyaksikan secara online melalui tayangan langsung di Youtube JNE. Acara ini dihadiri oleh M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Maman Suherman Penulis dan Penggiat Literasi, Muhammad “MICE” Misrad kartunis, Andy F. Noya, Melanie Subono, serta Ivan Gunawan.

Sekilas Tentang JNE

JNE berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Pada akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Mulai tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, JNE mempersiapkan JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications, serta membangun 250 kantor operasional juga mempeluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.

Sesi Talkshow Makna Bahagia

Melani Subono, Semua Orang Punya Harapan

Saya ingat betul ketika Melani Subono, founder Rumah Harapan ditanya tentang kesibukannya, ia menjawab "sibuk bahaga dan membahagiakan orang". 14 tahun yang lalu Melani Subono membuat Rumah Harapan, mencari orang yang benar-benar hidupnya tinggal menghitung jam dan tidak mampu. Salah satunya cerita tentang seseorang yang ingin sekali punya kaos merah, iya...cuma pingin kaos warna merah. Akhirnya dipenuhin oleh Rumah Harapan dan beberapa saat kemudian ia pergi. 

Rumah Harapan merupakan gerakan, bergerak dari donasi kecil seperti uang 2000, 3000. Kita bisa membantu orang dengan hal yang paling kecil. Menyenangkan seseorang itu tidak melulu dengan uang tetapi dengan hal kecil.

Kang Maman, Pecah Telur Setelah 3 Tahun

Sebelum mengiyakan untuk menulis tentang JNE, 3 tahun Kang Maman hampir seminggu sekali diajak karyawan JNE makan. Yah, ini sebagai cara untuk mengajak Kang Maman menulis tentang JNE. Bayangin ya, merayunya selama itu ahahaha. Sebelum mengiyakan untuk menulis tentang JNE, Kang Maman punya syarat yaitu ingin bertemu dengan 3 direktur JNE, salah satunya Pak Feri. Begitu pak Feri bilang "silahkan tulis apa saja, sudut pandang apa saja, saya tidak akan akan dikte, saya tidak akan hapus satu kalimat pun, bebas menulis". Setelah mendengar itu, dengan waktu 3 bulan akhirnya jadi bukunya. Tapi butuh waktu 2 tahun 9 bulan untuk mengiyakan. Akhirnya pecah telur juga Kang Maman menulis buku profil perusahaan.

Selain mendapatkan kebahagiaan karena bisa bebas menulis profil perusahaan tanpa didikte, Kang Maman juga mendapatkan 3 point penting dari project ini yaitu tentang Berbagi, Memberi, Menyantuni

Kang Mice, Kartunis itu Karyanya Harus Lucu

Berawal dari hobi, akhirnya Kang Mice menjadi Kartunis dan sudah berjalan selama 23 tahun. Bekerja di salah satu harian nasional hampir 17 tahun, tidak pernah datang ke kantor karena kerjanya dari rumah. Ke kantor tersebut hanya hanya 2 kali, kerja udah 17 taun tapi datang ke kantor cuma 2 kali..enak ya ahaha. Kang Mice bercerita bahwa ia tidak pernah kehilangan ide, kehabisan bahan dan tema. Bahkan tidak pernah jenuh, karena beruntung sekali Kang Mice dilahirkan di negeri yang sangat dinamis, jadi nggak kehabisan bahan. Salah satu supportnya yaitu kondisi negeri ini.

Setiap karya yang ia buat selalu ada pesan, semua cerita datang dari realita sehari-hari. Semua potret realita ditampilkan dalam kartun, termasuk mengkritik, yaitu dengan cara yang lucu.

Ivan Gunawan, Hidup itu Simpel

Dari lulus SMA Igun (sapaan Ivan Gunawan) sudah memantapkan hati untuk jadi desainer, tapi seiring berjalan waktu ternyata bakatnya tidak hanya jadi desainer aja tapi jadi entertainer. Menurut Igun, Bahagia itu ketika kedua orangtua tidak menghalangi untuk melangkah, satu arti bahagia yg tidak ternilai sampai saat ini. Selain itu, Igun selalu merasa bahagia ketika ada orang yang ingin foto, setelah itu ia selalu bilang "terima kasih".

"Hidup itu simpel, selama kita bisa jujur dalam apapun, jujur dalam berkreasi, itu adalah kebagiaan yang nggak bisa digambarkan dengan apa-apa"  ujar Igun. 

Andi F. Noya, Berbagi bisa membuat orang bahagia

Tau sosok Andi F. Noya sejak jaman kuliah dulu, karena saya aktif menonton acara beliau di salah satu stasiun televisi. Jurnalis dan Founder BenihBaik.com. BenihBaik merupakan Platform crowdfunding sosial yang memberi peluang orang untuk merasa bahagia. Siapapun bisa mendapatkan akses untuk berbuat baik. Dengan adanya Benih.Baik semua orang bisa berbuat baik, jika dengan materi bisa dengan nominal sekecilpun. Siapapun bisa mendapatkan akses untuk berbuat baik. Di BenihBaik, tidak ada alasan untuk berbuat baik setiap harinya. 

Berbagi tidak hanya melulu soal uang, tapi bisa dengan apapun. Kita bisa berbagi ilmu, tawa dll. Berbagi bisa membuat orang bahagia. "Satu tahapan diatas sukses, yaitu signifikan. Hidup kita bukan untuk kita saja tapi hidup kita berdampak baik untuk orang lain. Itulah kebahagiaan sejati". Ujar Bang Andi. 

M. Feriadi Soeprapto, Berbuat Baik Jangan Menunggu Kaya

Sejak awal perusahaan berdiri, Founder JNE H. Soeprapto (alm) mindset karyawan sudah dirubah. Diajarkan untuk membantu menyantuni anak yatim, membantu lingkungan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar dan mendapatkan balasan oleh Allah. Sampai saat ini ajaran tersebut masih dipegang teguh, ini semua ada di dalam surat Al maun dan Al baqoroh. "Makannya di JNE kita percaya bahwa setiap kebaikan yan g kita lakukan akan ada balasan, berbisnis tidak hanya kepada manusia tapi kepada Tuhan". ujar Pak Feri

Selain kedua orangtua, sosok inspiratif yang menanamkan prinsip berbagia adalah Rasulullah. "Berbuat baiklah dulu baru kita akan mendapat sesuatu, jadi berbuat baiklah dulu jangan menunggu kaya" ujar Pak Feri

Cara JNE Berbagi Kebahagiaan (Ada haru di setiap cerita) 

Beruntung sekali saya hadir di acara ini, selain haru biru dengan banyak cerita bahagia dari berbagai pihak diatas. Saya juga dibikin terharu dengan cara JNE berbagi kebahagiaan. Seperti cerita Bang Andy, bahwa JNE memberikan bantuan menggratiskan pengiriman tabung oksigen (yang untuk rumah sakit) saat awal-awal pandemi, yang jumlahnya nggak ratusan bahkan ribuan. Udah kebayang kan, itu tabung oksigen yang besar beratnya berapa kilo dikali aja dan itu digratiskan sama JNE. Sebenarnya dana yang dikumpulkan oleh Benih.Baik dan Dompet Kemanusiaan Media Group bisa untuk membayar JNE, tapi setelah digratiskan selamanya dan bisa untuk membeli paket sembako, APD, tabung oksigen lebih banyak lagi.

Masya Allah....ini bikin saya mbrebes mili lho pas Bang Andy cerita.

Beda cerita dengan Bang Andy, Kang Maman punya cita-cita harus berada di dunia buku. Beliau punya target mengirim 1000 buku ke daerah per tiga bulan. Akhirnya bertemu dengan JNE, dan JNE menggratiskan pengiriman buku. Batasnya berapa kilo?tidak ada!!. Masya Allah, dibikin terharu lagi...

Teman-teman bisa lihat cerita inspiratif di acara ini dengan klik link dibawah ini ya

JNE Deklarasikan Hari Bahagia Bersama Sekaligus Peluncuran Buku "Bahagia Bersama"

Tepat tanggal 7 September 2021, JNE mendeklarasikan Hari Bahagia Bersama sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke 31 tahun. Sekaligus peluncuran buku Bahagia Bersama kolaborasi antara JNE, Kang Maman dan Kang Mice. Kisah nyata yang diangkat tentang berbagi yang kemudian membawa perubahan besar. Terutama, bagi siapa pun yang berada di dalam atau terhubung dengan perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional JNE. Prinsip berbagi telah menjadi hal yang dijalankan oleh JNE sejak didirikan lebih dari 3 dekade lalu, tepatnya pada 26 November 1990. 

M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, mengatakan, “Dalam menjalankan bisnis, JNE memiliki tagline “Connecting Happiness” yang berarti mengantarkan kebahagiaan. Maknanya sangat luas, sehingga jika bicara tentang JNE, maka bukan hanya tentang pengiriman paket, namun dalam berbagai aspek kehidupan. “Bahagia Bersama” adalah hasil yang dituju dari prinsip Berbagi, Memberi dan Menyantuni yang selama ini JNE jalankan”.

Maman Suherman selaku penulis buku Bahagia Bersama mengatakan, “Sebuah kehormatan dapat menjadi penulis Buku Bahagia Bersama dan turut menularkan prinsip serta nilai-nilai berbagi yang membawa perubahan menjadi lebih baik lagi bagi individu mau pun masyarakat luas”. “Berbagi agar dapat bahagia bersama perlu dilakukan sebanyak mungkin oleh tiap orang, tidak hanya dalam keadaan lapang tapi juga bahkan dalam kondisi sempit”, tambah pegiat literasi ternama yang akrab disapa Kang Maman ini.

Muhammad Misrad yang akrab disapa Mice, selaku kartunis yang turut membuat ilustrasi buku Bahagia Bersama menuturkan, “Merupakan sebuah challenge yang sangat asyik bisa menjadi bagian dari penyusun isi Buku Bahagia Bersama. Prinsip berbagi agar semua bisa bahagia bersama harus disampaikan secara berbeda sehingga pesan bisa diterima oleh semua kalangan dan semua umur, bahkan anak-anak”.

Cara Mendapatkan Buku "Bahagia Bersama"

Sampai akhir acara, saya dibuat penasaran sama isi buku "Bahagia Bersama". Penasaran dengan cerita dari banyak sosok yang inspiratif. Nah, buat teman-teman yang penasaran dan pingin punya bukunya.  Buku “Bahagia Bersama” dapat dibeli secara offline di toko buku Gramedia dan juga secara online melalui website gramedia.com serta toko resmi JNE di Tokopedia dan Shopee. Berbagai program menarik terkait buku Bahagia Bersama pun dapat diikuti semua orang melalui akun resmi sosial media JNE.

Teman-teman, jangan lupa bahagia ya...




28 comments:

  1. Salut sama kalian yang membagikan kebahagiaan hemm keren kiatnya.

    ReplyDelete
  2. Luarrr biasa ini message-nya baguuusss banget!
    JNE selalu bisa menciptakan program2 yg auto bikin banyak orang terinspirasi dan ingin berbuat baik juga.
    Keren maksimal!
    Apalagi para pematerinya juga super duper keren yakkk

    ReplyDelete
  3. Bahagia bersama pasti asyik ya di anding bahagia sendirian hehe. Juga bisa membahagiakan orang lain. Nilai plus jelas.JNE menurutku dengan layanannya selain menciptakan kebahagiaan bersama juga bagi orang lain.

    ReplyDelete
  4. Wah kece nih motivasi yang disampaikan keren banget apalagi pematerinya orang-orang top, heem cukup menginspirasi, nih

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, berbuat baik itu jangan menunggu kaya, berbagi jangan menunggu banyak. Karena berbagi bukan hanya soal uang dan harta, tapi bisa juga dalam bentuk ilmu, tenaga, dan pikiran.

    Semoga buku Bahagia Bersama laris manis dan membuat pembacanya dapat berbahagia tanpa tapi :)

    ReplyDelete
  6. Orang-orang yang bahagia karena membahagiakan orang lain ngumpul bareng JNE. Keren! Inspiartif semua!
    AKu kenal JNE sejak pertama kerja di 1998. Dan kini pencapaiannya sehebat ini! Salut!
    Aku punya koleksi buku komik Mice yang solo maupun kolaborasi dengan kartunis lainnya, karena anak sulungku suka gambar. Kebayang kerennya kalau Kang Maman, Mice dan JNE bareng berkolaborasi dalam Bahagia Bersama

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ada program seperti ini untuk UMKM di daerah. Karena kadang bukan hanya butuh modal UMKM tapi juga butuh pelatihan dan bimbingan. Semoga UMKM semakin berjaya

    ReplyDelete
  8. Lengkap banget ulasannya mbak, sukaak. Jadi tahu cerita tiap narasumber di acara JNE ini. Luar biasa mereka semua, berbagi dengan cara masing-masing, bahwa bahagia nggak selalu tentang sesuatu yang besar. Salut juga untuk JNE yang setia melayani konsumen dengan pelayanan terbaik. Dan jadi mau beli buku ini.

    ReplyDelete
  9. JNE memang sudah lama banget ya, pioneer nih. Suka dengan taglinenya Conneticting Happiness, ini maknanya luas banget. Bahagia itu bersumber dari hati ya, bila pimpinannya bahagia, menularkan ke semua lini pegawai untuk terus bahagia.

    ReplyDelete
  10. Kang Maman ni memang kalau urusan berbagi selalu ok. Meski JNE butuh waktu lama tuk bjuk, itu juga karena harus pastikan brand yang mmenggandengnya memang sesuai.
    Aaah... bahagia sekali memang, kalau berbagi.

    ReplyDelete
  11. JNE memang layak sekali mendapatkan predikat pemgiriman terbaik.
    Karena pada Awalnya memiliki tagline “Connecting Happiness". Jadi bekerja dengan sungguh-sungguh dan bahagia.

    ReplyDelete
  12. Acara ini daging banget ya dengan narasumber yang kece-kece. Kita harus jujur pada diri sendiri biar lebih bahagia. Jangan lupa untuk tetap berbagi

    ReplyDelete
  13. Kadang yang menghalangi berbuat baik karna nunggu kaya. Padahal ikut acaranya ini jadi melek kita bisa bantu apa saja dan kapan saja

    ReplyDelete
  14. Barokallah ya mba, banyak banget yang bisa dipetik pelajaran nya terutama tentang berbagi. Nggak sabar menantikan bukunya.

    ReplyDelete
  15. Aku senang sih JNE menggandeng seniman (komikus) untuk promosinya. Ini memperlihatkan kreativitas dalam tubuh JNE yang inovatif dan beda dibanding kompetitornya.

    ReplyDelete
  16. Penasaran sama isi bukunya mana ilustrasinya Mice lagi, isinya pasti inspiratif banget dan bikin haru-biru, Kang Maman gitu lho yang nulis..

    ReplyDelete
  17. Rumah harapan, wow so sweet banget gerakannya yaa, gerakan donasi mulai dari nilai kecil, tapi berbagi bahagianya akan berasa banget yaa. Sukses buat semuanya dan kerasa sampe sini aura kebahagiannya bersama

    ReplyDelete
  18. Narasumbernya keren-keren banget ya, dan ada penulis favoritku kang Maman yang memang sudah lama ngak ada buku barunya dan aku baru tahu kalau ada buku barunya di tahun ini. Setuju dengan kata Andy F Noya, kalau berbagi itu bisa membuat kita lebih bahagia.

    ReplyDelete
  19. berbuat baik datangin kebahagiaan ya mak
    seneng rasanya bisa menyenangkan orang
    cobaa kirimi aku paket pakai jne pasti akuuu bahagiaaaa

    ReplyDelete
  20. wah, sedang masa produktifnya nih kalo usia 21 tahun yah JNE, moga bisa melayani dengan prima dan bisa mempermudah layanan dengan smart, kami suka nih pake JNE karena bisa bikin bahagia

    ReplyDelete
  21. Acara ini inspiratif sekali, ya. Benar-benar membuktikan bahwa berbagi itu membawa kebahagiaan, baik untuk yang diberi maupun yang memberi. Salut dengan JNE yang selalu berbagi sampai mengeluarkan buku pun temanya berbagi.

    ReplyDelete
  22. Valuenya nambah ya buat JNE bukan cuma perusahaan antar barang tapi filosofi tentang kebahagiaanya itu yang jadi inspirasi. Meningkatkan brand image juga makanya banyak yang tetep setia dengan JNE karena memang pelayanannya baik

    ReplyDelete
  23. Wah ad Ivan Gunawan yah, sepakat sih bahagia itu simpel, gak perlu harus ini itu. Menarik deh event Hari Bahagia nya

    ReplyDelete
  24. Keren nih JNE sudah punya buku, kalau Kang Maman yg nulis, bakal bagus kayaknya. Aku setuju sama bang Andy, berbagi itu membuat bahagia, ga heran JNE pun berbagi, biar semua bisa bahagia ya

    ReplyDelete
  25. suka banget dengan cover buku kang Maman tentang JNE ini, temanya juga bagus yaa. Jadi pengen beli bukunya deh. Acaranya juga banyak insight tentang kebaikannya ya mbak. MasyaAllah. moga berkah untuk JNE yang terlibat dalam acara hari bahagia bersama JNE

    ReplyDelete
  26. Melanie Subono "Sibuk bahagia dan membahagiakan orang"
    Kalau kesibukannya kayak gini, nggak bakal punya waktu buat julid sama orang lain ya mbak.

    Wah, jadi pengen baca bukunya kang Maman tentang JNE nih

    ReplyDelete
  27. Wah, indpiratif ya tokoh-tokohnya. Pastinya banyak hikmah yang bisa dipetik dari tulisan-tulisan di buku ini. Suka semua deh aku dengan tokohnya. Huhu kepengen banget bisa baca bukunya. Ada ya di Gramedia dan toko buku online. Nyari ah, aku butuh motivasi nih saat ini/ :D

    ReplyDelete
  28. JNE dengan nama besarnya selalu menginspirasi
    untuk berbuat baik. Saya pernah lihat tayangan di Youtube ttg pendirinya yang baik banget.

    ReplyDelete