Saturday 19 September 2020

Cara Mendapatkan Ide Ngeblog

Cara Mendapatkan Ide Ngeblog. Pernah nggak sih berhenti ngeblog beberapa hari gara-gara bingung mau nulis apa?. Sebenarnya ada bahan untuk ditulis, cuma rasanya nggak tau mau nulis apa. Mau mulai nulis itu nggak bisa, bingung sendiri di depan laptop beberapa menit. Buntu banget deh pikiran, sampai nggak bisa nulis satu katapun. Ini pernah banget saya alami beberapa tahun yang lalu, sampai saya satu bulan tidak menulis satu artikelpun di blog ahaha. Antara males sama keterusan males ini ada bedanya nggak sih?. 

Sampai akhirnya satu hari saya melihat salah satu Blogger yang hampir dua hari sekali selalu share artikel di Facebook. Nah, saat itulah hati saya mulai terbuka. Lalu saya buka word via aplikasi hp, langsung cari beberapa draft yang isinya cuma satu kalimat bahkan ada yang satu kata saja. Saat itu juga langsung lancar lho nulisnya. Banyak sekali penyebab pikiran buntu, salah satunya bisa jadi faktor kelelahan. Tapi kalau lama tidak update tulisan di blog, mau nggak mau, terima nggak terima pastinya kita harus siap dengan konsekuensinya. Seperti PV dan DA turun, heuheu nangisss. 

Nah, untuk itu gimana caranya agar kita tetap eksis ngeblog agar traffic naik, atau minimal nggak anjlok anjlok banget gitu. Berikut beberapa cara mendapatkan ide ngeblog a la HM Zwan.

1. Blogwalking 

Berkah itu ziyadatul khoir, bertambahnya  kebaikan. Berkah blogwalking selain bertambahnya teman, juga bertambahnya ilmu/pengetahuan kita lewat satu tulisan yang kita baca dari satu blog. Kadang setelah blogwalking (bw) ada saja ide untuk menulis hal yang sama, misalnya saja saya bw ke blog si A yang nulis tentang Hotel Murah di Surabaya. Bisa jadi saya dapat beberapa judul ide artikel dengan tema yang sama. 

Contohnya :

Pengalaman mencari hotel murah di Surabaya 

Staycation seru di hotel indah Surabaya

5 Hotel murah di Surabaya harga 200 ribuan

2. Menulis pengalaman 

Berawal dari menulis pengalaman saya bisa tetap ngeblog dari tahun 2009 sampai saat ini. Mayoritas PV yang meningkat berasal dari curhatan atau pengalaman pribadi. Karena salah satu kata kunci yang sering dicari pengunjung adalah kata pengalaman. Pengalaman apapun bisa kita share dan tulis di blog. 

Contohnya :

Pengalaman pertama naik MRT 

Pengalaman menyusui anak pertama

Pengalaman pertama bikin video masak

3. Rewrite artikel lama

Rewrite atau menulis kembali artikel lama bisa jadi salah satu pilihan kita untuk mengisi blog. Saya termasuk yang aktif rewrite tulisan blog lama. Kadang ide itu seperti rezeki, yang muncul dan datang dari arah yang tidak disangka. Lagi scroll tulisan lama, tiba-tiba dapet ide rewrite

Contohnya :

Tulisan lama (yang semua bahan masaknya pakai santan) 

Resep sayur lodeh enak

Resep tongseng kambing

Resep ayam lodho 

Resep ketupat sayur enak

Tulisan baru (rewrite, semua resep masuk di artikel) 

4 resep olahan santan untuk makan siang 

4. Ikut group ODOP (One Day One Post) 

Masih belum dapet ide ngeblog? Yuk, gabung di group ODOP. ODOP merupakan istilah bagi Blogger untuk tetap aktif menulis satu artike perhari. Tiap group ODOP punya aturan tersendiri, mulai dari pilihan tema yang berebeda setiap harinya sampai ketentuan waktunya. Ada yang ODOP versi satu minggu menulis 3-4 kali, ada yang menulis artikel setiap hari selama 30 hari. Tentunya setiap hari temanya berbeda. Gimana, mau gabung di group ODOP?. Lumayan menantang kan.. 

Cara mendapatkan ide ngeblog memang susah susah gampang. Semoga keempat cara diatas bisa membantu teman-teman yang lagi buntu banget cari ide ngeblog. Tetap semangat, semoga sehat selalu ya.. 

Teman-teman, punya cara agar ide ngeblog lancar? Ayo dong sharing.. 

1 comment:

  1. Saya barusan ngepost. Hasil ngublek-ublek galeri foto, mbak. Udah lama macet nulis gara-gara mikir kata kunci. Kangen nulis curhat. Alhamdulillah kesampaian. Padahal udah sering nulis itu. Hahaha...

    ReplyDelete