Tuesday, 17 January 2017

Bakmi Lendir : Sajian Kreasi Bakmi Mewah Menggugah Selera

Bakmi Lendir : Sajian Kreasi Bakmi Mewah Menggugah Selera. Kebetulan minggu lalu saya baru pulang ke Batam, sempat kumpul dan sarapan bersama dengan keluarga bulek. Sayang sekali saya tidak beruntung mendapatkan kotak yang berisi mi lendir, dapatnya kwetiau goreng seafood. Sedangkan mi lendir jatuh ke tangan sepupu, hohoho. Nah, kebetulan kemarin siang suami pingin makan mi, pas banget masih ada stok Bakmi Mewah di kardus. Entah tiba-tiba pingin bikin Bakmi Mewah jadi mi lendir. Langsung eksekusi deh di dapur. 

Jika teman-teman pernah mencicipi mi lendir yang populer di Batam,khususnya Tanjung Pinang. Kali ini saya mau berkreasi membuat mi lendir spesial menggunakan Bakmi Mewah. Mi lendir banyak di temui di Kota Batam, ada yang menjajakan di ruko sampai pedagang kaki lima. Mi lendir merupakan Kuliner khas Batam, khususnya daerah Tanjung Pinang. Sajian mi kuning yang diberi kuah kacang kental, taburan cabai rawit potong dan telur rebus. Disebut mi lendir karena tekstur kuah kacangnya yang kental. Ohya, bahan utama membuat kuah kacang menggunakan ubi jalar yang berwarna kuning, atau jika tidak ada bisa diganti dengan kentang. Rasanya tetap enak, kental, manis dan cocok dinikmati dengan mi.
Mengapa harus mi lendir?kan bisa mengkreasikakan Bakmi Mewah dengan berbagai ide menu lain. Lagi-lagi, atas nama rindu menikmati sepiring mi lendir dan entah rasanya sebelum memasak saya sudah bisa membayangkan kenyalnya Bakmi Mewah yang diaduk menjadi satu dengan kuah kacang. Uww, yummmiiii. Dan, ternyata hasilnya memuaskan, banget. Satu hidangan bakmi lendir nggak cukup buat berdua, nyesel banget. Kata suami saya, "Enak ya, Bakmi Mewah dicampur kuah kacang!!!". Biar nggak dibilang hoax, mari berkreasi..

BAKMI LENDIR
Bahan utama yang di perlukan:
1 kotak Bakmi Mewah
Air secukupnya untuk merebus mie

Bahan kuah kacang : 
1 gelas air
3 sdm minyak goreng
50 gr kacang tanah,goreng lalu haluskan
3 sdm gula merah sisir
1 buah kentang,kukus lalu haluskan
1 lembar daun salam
1 batang sereh
2 sdm tepung maizena, cairkan dengan 3 sdm air
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya

Bahan pelengkap :
75 gr taoge rebus
2 butir telur rebus
Cabai rawit, potong kecil-kecil
Daun bawang, potong kecil-kecil
Kerupuk

Bumbu yang dihaluskan :
1 buah cabe merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe rawit

Cara membuat Bakmi Mewah :
Buka kemasan Bakmi Mewah, sisihkan kecap, minyak, sambal dan daging ayam.
Panaskan air sampai mendidih.
Rebus mie dan daun bawang kering ke dalam air mendidih selama kurang lebih 3 menit.
Setelah direbus kurang lebih 3 menit, tiriskan mie dan daun bawang.
Tuang kecap dan minyak, aduk rata. Sisihkan.

Cara membuat kuah kacang :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam dan sereh sampai harum.
Masukkan 1 gelas air, tunggu sampai mendidih.
Masukkan kacang goreng dan kentang yang sudah dihaluskan, gula merah, garam dan kaldu bubuk. Aduk, koreksi rasa.
Masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan air, aduk sampai kental.
Jika rasa sudah ok dan kuah sudah kental, angkat, saring. Sisihkan.

Cara penyajian :
Tata Bakmi Mewah yang sudah direbus diatas piring, tambahkan daging ayam dan sambal, aduk rata.
Tambahkan taoge rebus.
Siram mi dengan kuah kacang.
Beri irisan telur rebus, taburi potongan cabai rawit, daun bawang dan kerupuk.
Bakmi lendir siap dinikmati.

Setelah Bakmi Lendir siap, saya langsung menikmatinya bersama suami. Mencampur jadi satu mi dengan kuah kacang yang creamy dan rasanya enak bangeeet. Serius, enak bangetttt. Terbayar sudah rindu menikmati mi lendir dan bayangan saya mengkreasikan Bakmi Lendir menggunakan Bakmi Mewah. Tekstur mi yang lembut, licin, kenyal, tipis dan tidak mudah putus saat dinikmati. Aromanya pun menggugah selera, apalagi ditambah daging ayam dan jamur asli yang juicy banget di mulut. Hmmmm, sedap mantap!.

Tips membuat kuah kacang
1. Jika tidak ada ubi jalar, bisa diganti dengan kentang rebus.
2.Kentang dan kacang goreng harus dihaluskan sehalus mungkin.
3. Gunakan gula merah agar manisnya pas.
4. Untuk tekstur kekentalan kuah sesuai dengan selera, biasanya ada yang kental sekali ada juga yang sedikit encer. Saya lebih suka yang kental, pas dan cocok banget rasanya jika disatukan dengan mi.

Resep ini recommended banget, buat pecinta Bakmi Mewah yang mungkin bosan dengan menu biasa. Tanpa menghilangkan tekstur mi yang kenyal, licin, tipis dan tidak mudah putus. Dan bikinnya pun mudah dan cepat, nggak butuh waktu lama. Jadi, tunggu apalagi, yuk berkreasi dengan Bakmi Mewah.

Teman-teman ada yang sudah pernah berkreasi dengan Bakmi Mewah??ayo dong sharing...

41 comments:

  1. Namanya unik, tapi boleh juga ini di coba.

    ReplyDelete
  2. Rindu makan mie lendir, tapi ternyata bisa buat sendiri dengan kreasi Bakmie mewah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen terobati bikin ini,enak sil

      Delete
  3. Saya suka banget Bakmi Mewah. Enak!

    ReplyDelete
  4. Unik banget nih, mie campur kuah kacang. Berasa makan pecel. Thanks buat resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan pecel mbk,ini kuah kacangnya beda, beda banget sama pede

      Delete
  5. ini kok menginiiii sih mba... bikin aaaahhhh...jadi lapeeerr hihi

    ReplyDelete
  6. tapi mie nya kurang ngeleser kali ya mak? :) saya jadi pengen nyobain mie lendir

    ReplyDelete
  7. Belum pernah makan mi lendir, ide bakmi sama kuah kacang ini kereen! mau maaak seporsi dong heheheh

    ReplyDelete
  8. Wah, boleh juga nih. Mungkin aku bisa pakai kuah kacangnya untuk pasta tanpa telur karena aku vegetarian. Pasti enak, yummy :)

    ReplyDelete
  9. Saya penasaran banget nih dengan mie lendir-nya Batam. Kalau di kota kelahiran saya Wonosobo ada yang namanya Mie Ongklok, ada lendir-lendirnya gitu juga. Yang beda bahan pendapingnya yaitu kucai, kol, dan tahu. Terus dimakannya pake sate sapi bumbu kacang. Yummyy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi penasaran sama mi ongkloknya

      Delete
  10. baru mau akan nih , enak ya mienya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak....minya lembut,licin, n kenyal. Kanda, kayama pasti suka

      Delete
  11. Aih penasaran pengin cobaaa mi lendir huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jalan ke Batam jangan lupa undip mi lendir ya mbk

      Delete
  12. Saya sudah membeli tapi untuk cucu jadi belum pernah merasakannya.
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  13. Bakmi lendir namanya lucu ya..kelihatannya enak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuliner khas Batam mbk,enak banget

      Delete
  14. Wah, baru tau nih. kalau di tempatku namaanya mie ongklok, ada lendir-lendirnya juga. :D

    ReplyDelete
  15. mie, kalau untuk anak kosan tetep sama aja namanya , mie . mau bakmi atau mie xxx. tetep mie dan cara masaknya tetep sama , mie

    ReplyDelete
  16. Baru tau loh ada Mie Lendir mba Han

    ReplyDelete
  17. Wah, tiba-tiba lapar. :D Benar2 kreatif nih. Coba juga ah.

    ReplyDelete
  18. wah jadi pengin nyobain mi lendir mak, belum oernah soale . .

    ReplyDelete
  19. Baru dengar nama mi lendir mbak, next time boleh dicoba nih kreasinya

    ReplyDelete
  20. ih mantap lendirnya :) kreatif pisan ^^

    ReplyDelete
  21. Penasaran pingin nyobain mak, bisa delivery nggak ya? ^_^

    ReplyDelete
  22. Kemasan bakmi ini memang menggugah selera.
    Saya pernah membelinya tapi belum pernah menikmatinya karena diserbu cucu duluan.
    Terima kasih ulasan dan resepnya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur.

    ReplyDelete
  23. Buset ...mantab surantab mie-nya.

    ReplyDelete
  24. baru tahu kalau ada namanya mie lendir ....

    ReplyDelete
  25. sayangnya Dija gak boleh makan mie instant oleh Ibu
    hiks
    padahal pingin banget

    ReplyDelete