Friday 22 July 2016

Handphone Tertinggal di Pesawat?Segera Lakukan Hal Berikut


Handphone Tertinggal di Pesawat? Segera Lakukan Hal Berikut. Ceritanya, seminggu yang lalu ketika saya balik dari mudik hari raya, handphone tertinggal di pesawat. Hebat ya, berasa pesawat pribadi, ninggalin hp (selanjutnya handphone disingkat hp) seenaknya di pesawat hehe. Waktu itu saya naik AA dari Surabaya tujuan Pekanbaru tapi transit 25 menit di Bandung. Saat transit, baby K sama bapaknya di kursi sebelah, sedangkan saya olahraga gerak badan sebentar kemudian nyalain hp buat balas sms mbak yang tinggal di Gresik. Kemudian iseng buka fb dan bikin status kekinian kalau saya sedang di Bandung, sebenarnya impian lamaaa banget pingi nginjakin kaki ke Bandung, tapi do'a saya belum terkabul. Maka dari itu, mumpung lagi duduk manis di pesawat sambil melihat bandaranya orang Bandung, saya nyetatus (mohon dimaklumi ya...).  Tiba-tiba pas saya matikan hp, baby K ngerengek, tangan kanan menaruh gitu aja hp di slempitan rak depan kursi. Pesawat melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru, sebelum turun saya sempat tanya suami "Mas, hp ku udah di tas??", dengan enteng suami menjawab "Sudah kok..". Pas sudah mau makan di area bandara, saya minta hp ke suami, ternyata tidak ada. Wassalam...Innalillahi....hp saya tertinggal di pesawat. Yaudah, saya nggak banyak bicara tapi banyak istighfar, lalu dalam hati bilang kalau masih rezeki hp akan balik, tapi kalu nggak berarti bukan rezeki saya. Lanjut sarapan plus makan siang di AW....hehehe.

Kok main ikhlas aja gitu??
Nggak tau ya, pokoknya lempeng aja gitu, ikhlas aja wes...
Nggak lapor ke pihak bandara??
Nah, itu dia..ingatnya baru pas sampai Siak - Riau (ikhlas aja pokoknya, udah pasrah gitu "sayanya"^^)

Handphone Tertinggal di Pesawat?Segera Lakukan Hal Berikut..
1. Lapor ke pihak bandara
Jika hp tertinggal di pesawat dan taunya masih di area bandara, segera lapor ke pihak bandara setempat. Siapa tau hp kita sudah di serahkan oleh pihak maskapai ke pihak bandara setempat jika ditemukan oleh pramugari, jadi nggak perlu repot lagi, tinggal urus saja di bandara.
2. Telpon call centre maskapai penerbangan
Ini berlaku jika sudah jauh dari area bandara. Waktu di bandara saya sudah ikhlas aja gitu kalau hp hilang, tapi mendadak pingin telpon call center AA. Dengan alasan, siapa tau hp saya masih duduk manis nyelempit di rak kursi dan belum ada yang ngambil. Kebetulan jarak tempuh kota Siak - Riau ke bandara Sultan Syarif Kasyim 2 Pekanbaru 1,5  jam (versi ngebut travel), lumayanlah. Jadi saya langsung menghubungi call center AA untuk mengadukan bahwa hp saya tertinggal di rak kursi pesawat. Jangan buang tiket pesawat ya, karena beberapa yang akan ditanyakan pihak AA saat kita menceritakan kronologi hp tertinggal. Diantaranya kode booking pesawat, nomor kursi atau kalau kita barteran kursi sama orang lain, jangan lupa, ceritakan juga sedetail mungkin. Misalnya, saya barteran duduk di kursi sebelah jendela karena mendadak dipertemukan dengan mas-mas yang baik hati untuk menawarkan duduk di dekat jendela. Hp saya tertnggal di rak depan kursi, tepatnya di rak tempat penyimpanan majalah. Sedetail mungkinlah laporannya, biar jelas.
Sekedar info : Untuk investigasi, dibutuhkan waktu 2x24 jam, tapi kalau 2x24 jam lebih belum juga dihubungi kita bisa telpon call center. Sampai sekarang belum ada konfirmasi dari pihak AA, kata mbak-mbak call center nanti kita dihubungi oleh mereka. Sip..
2. Ikhlasin aja
Kalau tertinggal di mobil sendiri sih, sudah pasti kita bisa langsung ambil. Tapi kalau hp tertinggal di pesawat, gimana nasibnya??kalau pesawat pribadi sih nggak masalah, nah, kalau pesawat orang gimana??. Ikhlasin aja ya, duh mbak.....nggak segampang itu kaliiii. Banyak catatan, nomer hp penting dan foto-foto kenangan lain di hp. Kalau sudah hilang gimana lagi!!jadi, ikhlasin aja ya, khusnuzzon sama Allah, berdo'a semoga mendapat ganti yang lebih baik, aamiin. Toh, kalaupun barang tersebut balik ke kita, artinya masih rezeki kita. Tapi kalaupun hilang, artinya bukan rezeki kita.

Jadi, INTINYA......sebelum turun dari pesawat, pastikan semua barang penting masuk di tas. Sebisa mungkin ketika kita minta tolong mengecek orang lain, pastikan kita melihat sendiri barang itu sudah aman. Dan, yang terakhir, pesan ini di khususkan untuk saya yaaa....JANGAN SEMBRONO ^^
Sekian, semoga bermanfaat...

Teman-teman, ada yang punya pengalaman serupa??atau yang mau kasih tambahan solusi, silahkan share ya....


****

20 comments:

  1. Kalo ketemu ya alhamdulillah bgt ya mbak. Jgn sembrono lg

    ReplyDelete
  2. Waduhh kalau sampai ketinggalan di pesawat saya bisa semaput hehehhe.saya ndak prnh pegang hp di dalam pesawat mbak, jd pas mau naik udh di matikan dan di pegang kembali di terminal bandara.

    ReplyDelete
  3. Huaaa berguna banget ni buat jaga2 pas naek pesawat
    Aku saking takutnya kepencet nyala, abis kumatiin tu hape biasanya tsktatoh di dlm tas hshaaa

    ReplyDelete
  4. semoga hp nya ada yang kembaliin kalau nggak smg dapat ganti yang lebih bagus mba

    ReplyDelete
  5. kayaknya sih yang bener adalah ikhlasin saja ya mbak

    ReplyDelete
  6. Innalilahi. Wah semoga kalau memang belum rejekinya, nanti segera diganti dengan yang lebih baik mbak

    ReplyDelete
  7. Waah kok bisa ketinggalan di pesawat Mbak?Semoga bisa segera ditemukan kembali yaa...Btw infonya membantu sekali jika ada orang lain yang ketinggalan hp di pesawat

    ReplyDelete
  8. Whaaa makasih sharenya mba..buat pelajaran ni

    ReplyDelete
  9. Jadi akhirnya hapr balik ga?moga2 bisa balik ya kalo pun ga ntar insyaallah dapet ganti yg lebih oke ;)

    ReplyDelete
  10. Pengalaman berharga mbak, next time lebih hati2 hehe

    ReplyDelete
  11. semoga HPnya bisa balik lagi yah Mbak.
    semoga kita slalu waspada yah Mbak, sharenya ini penting loh dicatat ada tipsnya itu loh.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah mbak, saya beluam pernah sekalipun naik pesawat tapi semoga kalau besok-besok naik pesawat nggak sampai ketinggalan handphone. Belinya susah soalnya, hehehe. Tapi karena tulisan ini saya jadi tahu langkah apa saka yang harus segera dilakukan daripada nangis karena handphone ketinggalan. :D

    ReplyDelete
  13. Gw kalo turun pesawat selalu ngecek barang2 printilan kayak hp, kamera, dompet. Takut nya yaa kayak gitu kejatuh ngak sadar.
    Tapi nama nya musibah ngak bisa di tolak yaaa ... Ikhlas ini yang bener

    ReplyDelete
  14. Ternyata ngene crita ne. Tak pikir ialng jatuh pas transit neng Bandung :(. Beli baru aja minta Kakakng Prabu oxoxoxoxo

    ReplyDelete
  15. Trus gimana? Ketemu nggak hpnya? Semoga ketemu ya.

    ReplyDelete
  16. Endingnya nggak diceritakan mbak?

    ReplyDelete
  17. lek yang ini gak berubah... suukanya gletak gletek.... besok jangan diulangi lagi y mak...

    ReplyDelete
  18. Sekarang gmna mbak?
    Udah ada kabar dr pihak maskapainya?
    Smoga hapenya ketemu ya, klo ilang, semoga cepet dpt gantinya

    ReplyDelete
  19. harus bolak-balik cek memang ya mba..semoga cepat ketemu

    ReplyDelete