Thursday 9 June 2016

Menu Puasa untuk Ibu Menyusui

Assalamu'alaikum..apa kabar teman-teman HM Zwan??semoga sehat selalu. Lama nggak ngeblog dan silaturahmi, maklum mudik duluan ke kampung halaman dan mendadak sinyal 3 nggak ada,hickz, rasanya sedih banget. Akhirnya pakailah bloetooth tethering, Alhamdulillah bisa, yeayy. Kali ini saya mau sharing tentang menu puasa untuk ibu menyusui. Ohya, perlu diketahui, bulan puasa kali ini anak saya Baby K usianya 5 bulan 18 hari dan masih ngASI eksklusif. Awalnya mau nggak puasa tapi kok rasanya sayang banget, karena ramadhan tahun lalu saya nggak puasa, pas hamil muda, muntah dan eneg terus perutnya. Jadi, nggak puasa deh. Setelah banyak baca beberapa artikel yang berhubungan dengan puasa saat menyusui, akhirnya saya niat banget buat puasa. Alhamdulillah sampai hari puasa ke empat ini, semuanya lancar. Terus persiapannya apa aja sih??

Persiapan Puasa untuk Ibu Menyusui
Jujur, saya nggak ada persiapan yang bener-bener disiapkan sebelum hari H puasa. Buat saya, persiapannya cuma tiga, niat puasa, yakin (ibu dan anak) kuat, dan konsumsi banyak sayur dan buah. Udah itu aja, itupun bener-bener sudah membantu dan bikin puasa jadi tenang dan lancar, Alhamdulillah.

Menu Puasa untuk Ibu Menyusui
Menu hari pertama

Persiapan saya untuk menu sahur utamanya adalah buah, sahurnya habis satu buah pepaya ukuran sedang, sisain 4 potong buat ibu dan mbak. Maruk jiddan ya, hehehe. Dua buah pisang, kemudian disusul makanan berat, nasi megengan. Untuk konsumsi nasi, baik saat sahur ataupun buka puasa, nasi saya batasi, setengah sendok nasi mejikom. Sayurnya dibanyakin, uwww nikmat banget rasanya hehehe.

Menu hari kedua

Untuk hari kedua, menu buahnya masih sama, buah pepaya dan pisang. Kok buah itu melulu sih??stoknya banyak kakakkk... hehe. Jadi memanfaatkan yang ada, plusnya saya demen banget sama kedua buah ini. Alhamdulillah di hari kedua, debay senyam senyum aja. Alhamdulillah nggak lemes. Ohya, sahurnya saya minum 2 sdm madu hutan Siak Riau, baru inget bawa madu hehehe. Satu lagi, pas buka puasa diawali dengan minum jeniper hangat, hari pertama nggak ada jeruk nipis, habis stoknya hehe.

Menu hari ketiga

Sahur di hari ketiga, buah yang masih bertahan adalah pepaya dan satunya lagi ada blewah. Nggak dibuat es blewah, tapi di makan gitu aja, seger banget rasanya. 

Sampai saat ini, di hari ke empat, puasanya lancar, baby K nggak rewel atau lemes, dan ASInya pun lancar jaya, Alhamdulillah. Teman-teman punya pengalaman yang sama??ayo dong sharing^^
Selamat berpuasa..


*** 

14 comments:

  1. Selalu ada pepaya di setiap menunya, :)
    ternyata pepaya kaya akan manfaat ya, Mbak?

    ReplyDelete
  2. Wah, cocok ini untuk adik saya. Kebetulan dia juga sedang menyusui juga ^^

    ReplyDelete
  3. mba Hanna..dulupun berpuasa juga waktu menyusui..emang gak masalah kok..asal kita selalu positif thinking aja

    ReplyDelete
  4. mbaaaa... aku minum jus kurma susu setiap sahur, alhamdulillah asi juga lancar jaya. semangat ngasi ya mbaa

    ReplyDelete
  5. mampir kesini tetiba pengen bikin bala2 alias bakwan :D

    ReplyDelete
  6. Wah happy nyaaa puasa sekarang meriah ya berkat si kecil

    ReplyDelete
  7. Cocok banget. Saya juga lagi menyusui. Hehehe

    ReplyDelete
  8. wah info bermanfaat bgt mom.. ditunggu menu hari2 berikutnya biar bisa nyontek.. aku jg lg menyususi

    silahkan berkunjung kembali
    http://www.yeni-susanti.com/

    ReplyDelete
  9. menunya oke bangeeet mba..bahkan untuk ibu yang tidak lagi menyusui hehehehe

    ReplyDelete
  10. Ah jadi lapar. Btw suka gambar apel kroaknya.
    Lucu dan kreatif :)

    ReplyDelete
  11. jeniper itu jeruk nipis peras kan Mbak? bukan yg lain? hihihih.
    semangat terus yah Bumil. Alhamdulillah saya jg shaum, tahun kemarin juga :)

    ReplyDelete
  12. Itu kan menu buat ibu menyusui, trus kalo menu buat gadis agar secepatnya dapet jodoh apa, Mbak? hehe.

    ReplyDelete
  13. puasa lancar menyusui juga lancar ya

    ReplyDelete
  14. Saya juga nggak ada persiapan khusus saat berpuasa sambil menyusui. Alhamdulillahnya sih pas mesti belanja sambil gendong2 Rayyaan sendirian juga nggak masalah, meski di mall di Manado so pasti banyak yang nggak puasa he he. Cuma pas hamil memang sayangnya nggak bisa puasa sama sekali karena masih morning sickness. Btw itu foto bakwannya bikin ngiler hi hi #pengenngemil

    ReplyDelete