Skip to main content

Teman Kreasi Indonesia, Membuka Peluang Lewat Kokreasi

Teman Kreasi Indonesia, Membuka Peluang Lewat Kokreasi - 5 tahun belakangan, jika kita bisa lihat dan rasakan. Banyak sekali anak muda yang terjun di berbagai aspek. Mulai dari wirausaha hingga menjadi content creator. Nggak usah jauh-jauh deh. Pernah tanya cita-cita ke anak-anak? Pasti banyak yang menjawab, "pingin jadi youtuber?". Nah, dengan banyaknya kebutuhan anak muda sekarang, Smartfren memberikan mereka panggung atau wadah untuk mengembangkan apa yang mereka punya. Salah satunya seperti WOWLabs, sebagai platform kokreasi untuk generasi konten. 

Tepat tanggal 25 Maret 2021, saya berkesempatan menyaksikan acara Launching Teman Kreasi Indonesia yang diadakan secara virtual. Hadir juga bapak Roberto Saputra selaku Chief Brand Officer Smartfren, pak Dhani dan teman-teman Smartfren Community seperti kak Evan, kak Aska dan kak Didik. 

Teman Kreasi Indonesia, Sebuah Cara Membuka Peluang Lewat Kokreasi

Teman Kreasi merupakan sebuah inisiatif dari smartfren community. Yang pada akhirnya tahun 2015 mulai berpartnership dengan Smartfren. Teman Kreasi Indonesia memiliki 5 keyword yaitu peluang untuk berkreasi, kokreasi, sosial enterpreuner, local heroes dan suistanable community development. Dengan adanya kokreasi, yaitu upaya untuk berkolaborasi, bekerjasama saling menguntungkan. Tentunya ini akan menjadi lebih baik dan peluangnya akan lebih luas lagi.

teman-kreasi-Indonesia

Kalau kita bisa lihat, logo Teman Kreasi Indonesia bentuknya seperti anyaman. Saat pandemi banyak pebisnis yang gulung tikar, dengan latar belakang seperti itu akhirnya Smartfren menggalangkan bisnis lokal, khususnya UMKM. Filosofi anyaman, jika kita bersama, akan menjadi kuat. Dengan ini, Smartfren menjadi penggerak dan mamiliki harapan agar UMKM di Indonesia bisa lebih maju. 

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, “Kehadiran Teman Kreasi Indonesia adalah bukti bahwa sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik. Kami yakin Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital. Apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100% 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial.”

Program Teman Kreasi Indonesia berjalan melalui dukungan yang sinergi antara Smartfren, WOWLabs dan Smartfren Community. Smartfren sebelumnya telah meluncurkan WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten, dan melahirkan berbagai produk edisi terbatas. Karya terbaru kokreasi tersebut berupa jersey pesepeda dari Common Spot dan Show The Monster, akan dijual dan sebagian hasilnya digunakan sebagai modal pendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia.

Contohnya, kak Evan, bisa mendapatkan peluang untuk mengkreasikan mobil pertama Atta Halilintar dari karakter topeng kosong. Yang merupakan simbol ekspresi yang paling inti.Proses pewarnaan dan penggambaran mobil dibutuhkan waktu satu hari penuh yang dilakukan di rumah Atta. Selain itu, Show the Monster itu bentuk aspirasi terhadap monster. Karena cinta dengan monster. Semua orang bisa menjadi diri sendiri. 

Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren menambahkan, “Peluncuran Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi upaya Smartfren mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet. Saat ini program ini telah hadir di 24 kota, dengan dukungan dari Smartfren Community dan partner kokreasi Smartfren WOWLabs. Kami selalu terbuka dan aktif mencari kota-kota lain yang ingin bergabung sebagai keluarga Teman Kreasi Indonesia, serta bersama-sama membuka peluang baru.”

Hadir juga para Leader dari Smartfren Community. Ada kak Aska yang membangun platform bisnis Pasar Sayoor. Berawal dari jalan-jalan, kebetulan saat itu di daerah yang ia kunjungi sedang panen, lalu mengobrol dengan petani. Ternyata ada satu masalah, yaitu petani mendapatkan harga yang paling rendah. Akhirnya tercetuslah ide membuat Pasar Sayoor. 

Selain itu, juga hadir kak Didik, Blogger. Dengan kegiatannya sebagai Blogger yang tidak jauh dari mempromosikan segala hal di Internet. Awalnya gabung di smartfren community. Punya misi, untuk mencerdaskan masyarakat desa untuk melek teknologi. Sampai akhirnya dipertemukan dengan Teman Kreasi Indonesia. Salah satu produk UMKM nya adalah keripik Usus Ayam "Jumain" Kriuknya Ngangenin, Ledre Bojonegoro

Peserta program Teman Kreasi Indonesia mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online. Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat.

teman-kreasi-Indonesia


Saat ini Teman Kreasi Indonesia telah hadir antara lain di wilayah Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya, dan Bali. Rencananya Smartfren akan menghadirkan program tersebut di berbagai wilayah lain yang sudah dijangkau oleh Smartfren Community. Produk yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia ini antara lain berupa kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, ledre.

Bagi pelaku wirausaha atau mereka yang ingin mengembangkan wirausaha berbasis digital dan sosial dapat mengikuti akun Instagram resmi @SmartfrenCommunity, @TemanKreasi_id atau menghubungi info@temankreasi.id.


Semoga dengan adanya program Teman Kreasi Indonesia, para UMKM di Indonesia bisa go digital, melek teknologi agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.


Comments

  1. Seruuu banget ya mba
    Teman Kreasi Indonesia ini menunjukkan bahwa kolaborasi adalah kata kunci untuk bikin kita maju bareng!
    Bener2 Sebuah Cara efektif Membuka Peluang Lewat Kokreasi

    ReplyDelete
  2. Anak bungsuku tuh kalau ditanya cita-cita pasti jawab mau jadi YouTuber. Mau dilarang kan nggak mungkin ya, jadi bisanya diarahkan dan diajarin aja jadi YouTuber yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  3. wow, ide yang sangat menarik dari smartfren community untuk membuat teman kreasi Indonesia. Membantu UMKM Indonesia lebih melek digital dan go digital juga

    ReplyDelete
  4. Eh ada kota Depok.
    Seneng banget sekarang jaman berkembang sejauh ini. Kolaborasi juga digalakkan dimana-mana.
    Bangga juga UMKM diberi ruang dan diberi kesempatan seluas luasnya untuk berkembang :)

    ReplyDelete
  5. Logonya juga kayak orang pegangan tangan ya mbak, saling menguatkan. Semangat UMKM Indonesia, semoga dengan smartfren bisa sama-sama maju dan berkembang menghadapi pandemi dan tentunya kehidupan kedepannya.

    ReplyDelete
  6. Program Teman Kreasi Indonesia ini pasti banyak manfaatnya buat para UMKM, apalagi saat kondisi pandemi seperti sekarang.
    Btw banyak kuliner lokal yg unik ya, rasanya seperti apa ya keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju dan keripik jantung pisang itu? penasaran haha.

    ReplyDelete
  7. Bagus ya mba komunitas dr provider ini..
    Jadi usernya jg berkembang apalagi yg punya bisnis utk bisa survive di masa pandemik aja itu udah luar biasa. Wah suppportnya keren 😍

    ReplyDelete
  8. Memang ya yg namanya kolaborasi itu dibutuhkan banget spy kt bs makin maju. Note banget nih buat para wirausaha digital kudu tau ttg ini.

    ReplyDelete
  9. Bagus banget program teman kreasi dari smartfren ini, dan ada pula di pulau Natuna. Semoga jangkauannya makin luas, makin banyak pelaku UMKM yang terbantu

    ReplyDelete
  10. wahh acara ini seru banget ya mbak acara Taman Kreasi Indonesia ini
    sangat efektif membuka peluang lewat kokreasi
    makanya penting banget untuk saling berkolaborasi

    ReplyDelete
  11. wah jangkauan Teman Kreasi Indonesia luas juga sampai ke pulau kecil Natuna. Semoga dengan program ini pengusaha UMKM terbantu untuk go digital dan lebih pro dalam mengelola usahanya.

    ReplyDelete
  12. Iyayah sekarang kalau ditanya mau jadi apa? Pada blg pemgen jadi youtuber apalagi liat yg pada sukses jg jd youtuber btw program teman kreasi ini mantab ya semoga next makin menjangkau seluruh wilayah

    ReplyDelete
  13. Smartfren emang keren sih ya... Ada komuniti yang dibina secara serius.. sampe bisa jadi UMKM yang berdaya saing.

    ReplyDelete
  14. Keren banget nih Teman Kreasi. Memberi wadah untuk bisa berkreasi. Dan bener, zaman sekarang udah gak musim kompetisi. Udah beralih ke kolaborasi. Bisa mengangkat semua pihak yang terlibat. Saluuut buat Smartfren.

    ReplyDelete
  15. Salut sama Smarfren dan Teman Kreasi yang mewadahi kreativitas anak-anak muda untuk berkreasi. Semoga semakin berkembang.

    ReplyDelete
  16. Sekarang memang kalau bisa segalanya mulai ada bentuk digitalnya, khususnya buat UMKM kudu mampu memasarkan secara digital ya mbak?
    Taman rekreasi ini salah satu bentuk edukasi yg berharga pastinya

    ReplyDelete
  17. Teman Kreasi Indonesia membantu para anak muda mewujudkan impiannya, bersama.
    Yakin dengan langkah bersama, semakin cepat berkembang.

    ReplyDelete
  18. Aamiin.
    Wooww ada Kak Didik blogger hits Bojonegoro, makin asik nih. Seru acaranya aplgi Teman Kreasi Indonesia ini banyak membuka peluang untuk saling berkolaborasi

    ReplyDelete
  19. Generasi sekarang tuh super duper kreatif. Isi pemikiran mereka tuh kadang out of the box. Makanya harus banget ya ada "media" untuk mereka menuangkan kreativitasnya

    ReplyDelete
  20. Teman kreasi patut didukung nih untuk suport anak muda Milenial kreatif dan banyak ide

    ReplyDelete
  21. Inspiratif banget ya Smartfren nih. Sebagai pengguna setia saya bangga operator ini bisa membantu kaum UMKM untuk bisa lebih maju dan berkembang. Semoga programnya lancar ^_^

    ReplyDelete
  22. Wah, keren ini! Kegiatan ini sangat membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui jalur digital, ya 😃.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say