Skip to main content

Post : Aplikasi Mesin Kasir Pendukung Bisnis Resto dan Retail

Post : Aplikasi Mesin Kasir Pendukung Bisnis Resto dan Retail - Akhir-akhir ini dunia usaha mengalami perkembangan yang pesat. Masih ingat nggak, awal pandemi di Indonesia banyak pelaku usaha yang gulung tikar. Mulai dari pelaku usaha kuliner seperti warung sampai restoran besar. Tapi saat pendemi pulalah banyak muncul pelaku usaha baru, mulai dari pelaku usaha dadakan di rumah sampai menjamurnya warung kopi dan makanan kekinian dimana-mana.

Salah satu kebutuhan pelaku usaha untuk mengelola bisnisnya adalah dengan menggunakan sistem Point Of Sale (POS). Nggak ada salahnya bagi pelaku usaha untuk beradaptasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, yaitu dengan menggunakan mesin kasir. Selain praktis, mesin kasir juga memudahkan semua urusan pengelolaan bisnis. 

Apa itu POST?

Merupakan aplikasi kasir online lengkap POST yang dapat mencatat penjualan, mengirim struk, mengelola inventori, memantau tren keuntungan, hingga menyimpan data pelanggan untuk semua outlet dalam satu aplikasi, melalui smartphone.

Dengan aplikasi POST semua pembayaran hanya dengan nggunakan satu  aplikasi. Bisa untuk semua jenis pembayaran, mulai tunai, kartu, dan Digital Payment. Semua transaksi pembayaran customer sudah tercatat secara otomatis dan kita bisa memantau laporan secara real-time. Cukup satu kali aktivasi melalui dashboard untuk mengaktifkan seluruh metode pembayaran.



Manfaat menggunakan POST

Berikut beberapa keuntungan yang didapat dengan menggunakan aplikasi POST di antaranya:

1. Menciptakan efisiensi waktu dengan menyederhanakan proses bisnis

2. Meningkatkan produktivitas

3. Mengurangi biaya operasional

4. Menyediakan laporan dan analisis data yang lengkap dan akurat

5. Mengurangi resiko human error

6. Transaksi lebih mudah dan aman

7. Riwayat transaksi lebih lengkap dan rinci

8. Mampu mengecek persediaan barang

9. Perubahan harga produk dapat dilakukan dengan mudah

10. Laporan transaksi dapat diakses kapanpun dan dimanapun


Cara menginstall aplikasi POST

Untuk mengakses aplikasi POST tentunya kita harus menginstall dulu aplikasinyaa melalui smartphone.  Caranya:

1. Buka aplikasi Google Play Storeklik kolom "pencarian". Ketik " POST Aplikasi Kasir" , lalu pilih.

2. Pilih POST – Aplikasi Kasir Point of Sale, kemudian Install dan tunggu proses hingga selesai.

3. Setelah itu, aplikasi sudah bisa langsung digunakan dengan klik Open.

Fitur aplikasi POST

Buat yang baru tau aplikasi POST dan ingin mencoba menggunakan, pasti penasaran kan kira-kira apa aja sih fitur yang ada di POST. Berikut beberapa fitur di aplikasi POST.

1. Catat dan scan

Tidak perlu khawatir dalam hal mencatat transaksi karena kita bisa langsung scan barcode  produk kita dengan POST.

2. Cetak dan kirim struk

Struk bisa dicetak langsung maupun dikirim via email ataupun WA.

3. Atur produk dan diskon

Inilah salah satu kepraktisan dari aplikasi POST, yaitu bisa mengatur produk dan diskon lewat aplikasi saja.

4. Multi outlet

Dengan satu aplikasi kita bisa mengetahui performa setiap cabang bisnis kita. Termasuk untuk mengetahui cabang mana yang penjualannya paling besar, dll.

5. Pembayaran e-wallet dan kartu

Semua jenis pembayaran bisa langsung melalui aplikasi. Dan semua transaksi dan pembayaran sudah tercatat secara otomatis.

6. Penjualan multichannel dan pesanan online

Aplikasi ini bisa mencatat transaksi penjualan tiap channel penjualan (dine-in, takeaway, food delivery, e-commerce) serta mengatur harga jual beli.

Kebetulan saya punya usaha bisnis online baju anak, masih kecil sih. Tapi dengan adanya aplikasi kasir online memudahkan saya untuk mencatat penjualan. Biasaya saya tulis manual, tapi kali ini setelah menginstal aplikasi POST, jadi lebih praktis aja. Kebiasaan buruk saya saat di luar rumah dan ada yang order baju, saya ngak langsung tulis karena kan nggak bawa buku catatan. Nah, sejak ada aplikasi POST, saya bisa leluasa memakainya. Misalnya saat di luar rumah ada yang order baju, saya langsung mencatatanya di aplikasi. Praktis banget nggak pake ribet.

Buat pelaku usaha resto dan retail, baik untuk yang baru merintis ataupun sudah lama tapi masih manual. Bisa banget pakai aplikasi mesin kasir POST, karena aplikasi ini bisa membantu mencatat penjualan dan melihat laporan harian, mingguan ataupun bulanan. Selain itu, pelanggan juga bisa memilih jenis pembayaran, sehingga lebih efektif dan efisien.

Teman-teman, ada yang sudah tau aplikasi POST?




Comments

  1. Jadi, sekarang mejalani usaha sudah tidak ribet harus memiliki mesin register yang besar itu ya. Cukup meggunakan aplikasi POST saja, semua bisa dengan mudah tercatat dan mudah jjuga gak ribet nhyari kalkulator lagi kan y

    ReplyDelete
  2. sejak kemajuan teknologi seperti sekarang ini tentu makin memudahkan semua orang dalam menjalani hidupnya, salah satuya untuk pemiliki bisnis

    ReplyDelete
  3. Wah banyak keuntungannya ya pakai aplikasi kasir POST ini. Kebetulan banget, iparku mau coba buka usaha cafe, tapi sekarang baru tahap renovasi tempatnya. Ntar aku kasih tau tentang app POST ini deh, krn benar2 praktis, menguntungkan baik penjual maupun pembeli.

    ReplyDelete
  4. Pernah denger POST ini Mak, temenku pelaku UMKM ada pake juga, katanya memang terkoordinir dan gampang sekali. Selain itu praktis, lebih efektif dan efesien.

    Yeay, smoga bisnis jualan onlennya laris manis yaaa..

    ReplyDelete
  5. Ooooh ini maksudnya aplikasi POST pengganti mesin kasir manual itu ya mbak? Enak banget ya serba praktis ga perlu benda segede gaban kayak dulu hehehehe :) Mau usaha baru atau lama, yang penting menggunakan POST ini semua dikelola dengan baik tentunya ga rempong ya.

    ReplyDelete
  6. Keren ya mesin kasir register yg gede bisa diubah jadi aplikasi di hape yang ringkas dan praktis digunakan. . Cocok untuk umkm2 yaa yg modalnya ga terlalu gede tapi pengin rapi juga sistem pembayaran dan cashflownya

    ReplyDelete
  7. Jujur baru tau mba tentang aplikasi Post ini, memudahkan untuk pencatatan transaksi ya kalo begini, kepikiran aja ya developernya sampe bikin aplikasi yang membantu banget terutama pelaku usaha mikro, btw semoga dagangannya laris manis ya dan thank you infonya tentang POST

    ReplyDelete
  8. Satu aplikasi bisa dipakai untuk mengelola data di beberapa cabang? Wah ini sangat menarik. Jadi walau nggak berkunjung ke cabang resto, tetap bisa memantau dari jauh ya. Praktis, hemat waktu dan biaya

    ReplyDelete
  9. Nah ini kan jadinya memudahkan banget. Bikin pencatatan lebih rapi. Jadinya semakin semagat untuk berbisnis

    ReplyDelete
  10. Dulu pas buka warung es krim aku kedodoran banget buat bikin laporan keuangan, inventor pokoknya beneran riweh dan akhirnya cape sendiri beruntung ya mba kini ada POST saya juga lagi merintis kembali usaha frozen food bakso isi dan laporannya juga manual jadi pengen install POST juga deh karena butuh banget biar lebih teratur

    ReplyDelete
  11. Dengan aplikasi mesin kasir POST ini bisa menolong para pelaku usaha resto dan retail melakukan pencatatan dengan baik, ya, Mbak. Bahkan bisa mempermudah proses transaksi. Memudahkan, deh!

    ReplyDelete
  12. Mesin kasir POSTnya keren. Serasa punya akunting pribadi ya. Disediaan analisanya nih. Beneran nih pas pandemi emang banyak yang terdampak tapi jadi muncul juga pelaku baru di sektor ekonomi

    ReplyDelete
  13. aplikasi post ini memang sangat sangat memudahkan transaksi jual beli ya mbak
    pedagang resto dan retail jadi mudah melakukan pencatatan
    nggak cuma di mall, bahkan pedagang warung pun sudah pakai aplikasi mesin kasir post ini

    ReplyDelete
  14. Kemajuan zaman dibarengi dengan canggihnya teknologi yang bermanfaat bagi manusia. Keren nih aplikasi Post, sangat membantu dalam teknis transaksi jual-beli ya.

    ReplyDelete
  15. Aku pernah belanja di warung makan trus bayarnya pakai mesin kasir ini mba. Memudahkan banget dan praktis :)

    ReplyDelete
  16. Alat2 kyk gini membantu banget ya soalnya emang gak bisa dipungkiri ada human error. Tp tetep sih operatornya jg kudu masukin datanya dengan baik.
    Cocok buat para pengusaha resto atau OS gtu ya mbak.

    ReplyDelete
  17. Praktis banget ya aplikasi post gini sebagai mesin kasir, aku jadi pengen pakai juga untuk usaha kelas online ku pencatatannya manual banget

    ReplyDelete
  18. Semakin praktis ya klau Ada mesin POST yang dapat mencatat penjualan, mengirim struk, mengelola inventori, memantau keuntungan... Satu mesin fungsinya ganda

    ReplyDelete
  19. Baru tau aplikasi post, bisa nih direkomendasikan ke teman yang punya usaha apalagi masa Pandemi gini jadi jadi harus online

    ReplyDelete
  20. Belum tau apps POST ini, teh..
    Free kan, teh?

    Ternyata sangat membantu pembukuan banget yaa..
    Lebih praktis dan teliti...
    Tapi tetap dicatat manual juga gak, teh?

    ReplyDelete
  21. Wah bisa nih yang digunakan sama orang yang baru belajar teknologi
    Bikin mudah transaksi juga daripada catat di buku penjualan

    ReplyDelete
  22. Aplikasi post ini apakah bisa pakai printer termal apa aja mba? Pengen pakai deh...

    ReplyDelete
  23. Diperlukan banget ini ya Mbk, mesin kasir yang membantu transaksi dan tidak bikin ribet. Syukurlah ada aplikasinya sekarang ya.

    ReplyDelete
  24. Cocok banget nih aplikasi POST ini buat usaha kecil-kecilan di rumah kepunyaan ibu saya. Bisa menghindari human error yang kadang terjadi kayak salah input harga atau jumlah barang yang dibeli.

    ReplyDelete
  25. Klo sudah punya aplikasi SPOT gini pekerjaan jd ringan ya bisa teratur dn gk Ada lg bon2 pembayaran tercecer

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.