Skip to main content

Pentingnya ASI Bernutrisi untuk Bayi yang Istimewa

Ternyata menyusui itu gampang-gampang susah. Pengalaman saya dulu punya anak pertama lumayan kaget, terlebih saat itu saya dilarikan ke rumah sakit karena air ketuban pecah di usia kehamilan 8 bulan.  Jadi saat itu saya benar-benar belum ada persiapan apapun, termasuk untuk urusan menyusui. Belum kepikiran sama sekali. Fokus saya hanya ingin melahirkan dengan lancar jika memang saat itu waktunya. 

Setelah melahirkan, saat pertama kali menyusui rasanya campur aduk. Semua ilmu tentang menyusui yang saya baca saat masa hamil hilang semua, saya hanya fokus dengan arahan cara menyusui dari suster. Sekali dua kali anak saya masih lumayan rewel karena mungkin menurut dia belum pas, setelah beberapa kali Alhamdulillah anak tidak rewel. Meskipun begitu, ada saatnya saya harus belajar posisi menyusui yang aman dan nyaman untuk saya dan si kecil. Nah, disinilah saya perlahan mulai merasakan dan memahami apa yang saya baca tentang menyusui. 

Pentingnya ASI Bernutrisi untuk Bayi yang Istimewa

Banyak sekali manfaat ASI bagi ibu dan bayi khususnya. Untuk bayi, ASI dapat memberikan imunitas sehingga tidak mudah terkena infeksi dan sakit. Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu juga dapat mempererat ikatan ibu dan bayi. Badan WHO merekomendasikan agar bayi mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, kemudian dilanjutkan hingga usia 2 tahun.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun.  Memberikan ASI bernutrusi, ASI berkualitas kepada bayi sangatlah penting karena di dalam ASI terdapat banyak sumber nutrisi yang baik untuk bayi. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam ASI ada protein, zat besi, kalsium, vitamin dll yang mudah diserap oleh bayi. 

Tips  Lancar Menyusui

Agar lancar menyusui, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya :

1. Mencari tahu ilmu menyusui

Sebelum melahirkan, penting sekali mencari tahu ilmu tentang menyusui. Saat menjadi ibu baru pastinya kita akan merasa kebingungan,tapi setidaknya jika tahu ilmunya. Maka kepanikan dan kebingungan itu bisa diminimalisir. Mencari tahu ilmu menyusui bisa lewat mana saja, bisa dari buku, artikel di internet, dokter, suster atau lewat saudara, teman saat berkunjung ke rumah, kita bisa konsultasi dan bertanya. Khususnya dengan mereka yang sudah berpengalaman. 

2. Makan makanan yang sehat

Untuk memastikan ASI yang baik, ibu harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Karena makanan yang sehat dapat membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya. Dan apa yang menjadi asupan Ibu menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu sangat penting bagi Ibu untuk memperhatikan asupan makanannya, agar bisa memberikan ASI yang bernutrisi. ASI bernutrisi bisa dilihat dari ASI kental berwarna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup. 

Selain itu, ibu menyusui juga harus banyak mengkonsumsi cairan. Cairan disini tidak hanya air mineral saja tapi cairan bisa didapat dari segelas jus atau bisa didapat dari buah yang mengandung banyak air. Saya dulu sering banget makan buah alpukat, pepaya dan pisang. Selain mudah di dapat, buah pepaya dan pisang juga tergolong buah yang banyak dijual di pasaran dan harganya murah. 

3. Jauhi stres dan istirahat yang cukup

Untuk ibu yang baru memiliki anak, mempunyai bayi tentunya akan menjadi hal baru. Jauhi hal-hal yang membuat stres atau capek. Istirahat yang cukup akan membuat badan tidak mudah lelah dan ini juga berpengaruh terhadap produksi ASI.

4. Peran keluarga

Agar menyusui berjalan lancar, peran lingkungan sekitar sangat mempengaruhi sekali. Mulai dari peran ibu yaitu harus bisa meyakinkan diri sendiri bahwa dirinya bisa dan dapat menyusui dengan baik. Salah satunya dengan makan makanan yang bergizi. Peran suami sangatlah penting, berupa dukungan dan motivasi. Contohnya membantu pekerjaan ibu, mencuci baju anak atau menjaga anak.

5. Konsumsi suplemen

Selain mengkonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup, sebaiknya ibu menyusui juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengkonsumsi  suplemen bernutrisi lengkap. Untuk suplemen bernutrisi, kita bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Salah satu dengan mengkonsumsi produk untuk ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG). 

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui:

- Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia

- Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu

- Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit

- Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.

- Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui

Tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG)

Blackmores adalah merek kesehatan alami terkemuka di Australia. Rangkaian produk berkualitas yang meliputi vitamin, minerals, herbal dan suplemen nutrisi. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang menjadi nutrisi penting di masa menyusui, harus dipersiapkan sejak masa kehamilan. Bukan hanya bonding antara Ibu dan anak, menyusui merupakan salah satu cara pemenuhan nutrisi pada buah hati. Dengan mengASIhi selama enam bulan tanpa makanan lain, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya, serta membantu perkembangan tubuh dan ootakny. 

“Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk untuk ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG), berupaya untuk membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan asi bernutrisi, khususnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan si buah hati,” ujar Dian, Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition.

17 kandungan nutrisi esensial dalam Blackmores PBFG antara lain asam folat dan zat besi yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu. Blackmores PBFG juga mengandung Omega 3/DHA tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. Selain untuk menunjang pertumbuhan otak dan mata buah hati, Omega 3/DHA penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik kadarnya. 

“Di Kalbe Blackmores Nutrition, kami menyadari pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk dapat menyukseskan pemberian ASI. Masih dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week 2020, selain  mengedukasi seputar ASI dan menyusui melalui akun Instagram @blackmoresid, Kalbe Blackmores Nutrition juga mengajak para ibu untuk berbagi pengalaman dan tantangan di masa-masa menyusui serta dukungan lingkungan dan orang-orang terdekat dalam membantu menghadapi tantangan di masa-masa menyusui,” ujar Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager Kalbe Blackmores Nutrition. “Harapannya agar dengan berbagi pengalaman dari dan dengan sesama ibu, para ibu hamil dan menyusui menyadari bahwa ia tidak sendiri, sehingga nantinya dapat lebih percaya diri menjalani masa-masa menyusui dan memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati,” tambah Dian. 

Selain itu, komitmen berkelanjutan Kalbe Blackmores Nutrition dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui juga telah dibuktikan melalui kerjasama Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat, organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara llaya. 

“Kalbe Blackmores Nutrition memahami bahwa semua ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati. Sejak 2017, kami bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua,” tutup Dickson Susanto, General Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Untuk mendapatkan ASI yang bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa, calon ibu harus mempersiapkan sedini mungkin. Yaitu sejak masa kehamilan dengan makan makanan yang bergizi dan minum suplemen seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store. Selain itu, Dalam memperingati World Breastfeeding Week 2020, Kalbe Blackmores Nutrition melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di social media @blackmoresid seputar ASI dan Menyusui, untuk meningkatkan awareness Ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati, karena Blackmores percaya, setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu baginya.

Teman-teman, punya tips lancar menyusui juga? Ayo dong sharing.. 

 

Comments

  1. Memang bukan hanya bonding antara Ibu dan anak, menyusui merupakan salah satu cara pemenuhan nutrisi pada buah hati, maka proses mengASIhi perlu dipersiapkan sejak dini. Diantaranya dengan konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk melengkapi nutrisi ini ya, Mbak

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat zaman aku menyusui anak2 duluuu. Bagus banget kalau kita rajin mengonsumsi buah2an, sayur2an terutama katuk dll. Ditambah produk Blackmores ini makin lancar jaya aja ASI yang keluar buat debay ya mbak. Memang deh, ersiapan harus dilakukan sedini mungkin demi buah hati tercinta :) TFS.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah..komplit sekali kandungan yang terdapat di dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) ini yaa mbak..gak tanggung-tanggung..total ada 17 nutrisi esensial~

    ReplyDelete
  4. Pengalaman menyusui ini momen yang indah banget ya Mak. Meski sempet kebingungan mulai dari posisi yang ga pas,dllnya. Dulu suster aku galak, makanya bersihin putingnya,tarikin, ko ga adaaan sih. Huhuuu..

    Belajar dari sekitar, bikin asik, secara jaman dulu palingan masih dari buku dan mulut ke mulut. Jaman sekarang mudah banget infonya, plus suplemen ASI aja banyak, kek Blackmores ini, yang bikin ASI berkualitas. Ibu dan bayik senang.

    ReplyDelete
  5. Masya Allah ya Allah memberikan ASI.
    Memang terlihat di anak2 di masa 6 bulan pertamanya makanannya hanya ASI, mereka bisa berkembang dengan baik.

    ReplyDelete
  6. Blackmores ini tuh emang bagus banget menurutku, karena kebetulan aku juga pakai produk Blackmores yang lain. Nah kemarin ini waktu adikku lahiran aku hadiahkan Blackmores yang Pregnancy and Breastfeeding ini.

    ReplyDelete
  7. mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran memang paling penting serta simple untuk dibuat di rumah ya :D stay safe and stay healthy ya kak!

    ReplyDelete
  8. Agar lancar asi dan juga ASInya bernutrisi memang perlu dipersiapkan ya...Selain makan minum bergizi, kita bisa menambah suplement seperti Blackmores ini

    ReplyDelete
  9. Inget dulu hamil anka ke 1 ga masuk makanan smp 7 bulanan. Makanya susu, biacuit, sm pisang doang. Takut jg anakku gmn ya...
    Tp aku minum blackmores terus dan alhamdulillah anakku sehat n asiku jg banyak

    ReplyDelete
  10. Selain sayur, buah dan makanan bergizi lainnya tambahan suplemen bergizi perlu juga ya mbak biar ASI semakin berkualitas.

    ReplyDelete
  11. Dukungan keluarga perlu banget ya kak, terutama suami karena rasa bahagia menjadi barometer kita sukses menyusui atau tidak

    ReplyDelete
  12. Tipsnya pede aja dan keras kepala, hihihi... Tentunya dengan didukung sama ilmu yang memadai ya, dan kalau ada masalah bisa konsultasi sama ahlinya...

    ReplyDelete
  13. Bener ya, setelah lahiran itu, segala ilmu menyusui mendadak hilang. blank. sama kaya ilmu parenting. hahaha.

    Tapi, menyusui itu masa-masa yang tidak bisa diulang lagi setelah anaknya menolak menyusu. Dan kalau sudah melewati masa ini, sedih rasanya. Seperti ada yang hilang.

    ReplyDelete
  14. Waah info penting nih mbak buat adikku yang lagi hamil. Blackmores nutrisinya banyak dan lengkap ya, Ibu menyusui wajib konsumsi nih.

    Btw aku kok mupeng sama pisang alpukatnya yaa. Haha.

    ReplyDelete
  15. Kalau lihat Blackmorest jadi ingat dulu selalu konsumsi ini saat menyusui.

    ReplyDelete
  16. Setuju nih, Mba. Calon ibu harus mengetahui ilmu ASI agar saat melahirkan nanti tidak kaget jika ASI tidak langsung ke luar. Apalagi saat ini akses mencari informasi sangat mudah karena ada internet.

    ReplyDelete
  17. Mungkin ini masalah sugesti juga ya. Dulu, pas masih menyusui, aku tuh ngerasa ASI jadi lancar banget kalau makan katuk sama sayur bening bayam, hehe. Selain itu minum susu kedelai juga perasaan bikin ASI jadi bancar banget. Trus kentelll banget. Tapi mungkin sugesti aja sih.

    ReplyDelete
  18. you the lucky mommy because the blasck mores support you do it. as for a long time, i didnt know about this product. I am ofren eat vegetable and drink best water to make my ASI full

    ReplyDelete
  19. Iya sebelum bayi lahir memang harus rajin cari informasi ya biar lancar menyusui, aku dulu sempat kasih bayi sufor karena nggak mudeng..Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini bisa jadi booster asi kita biar makin melimpah ya..

    ReplyDelete
  20. Iya sebelum bayi lahir memang harus rajin cari informasi ya biar lancar menyusui, aku dulu sempat kasih bayi sufor karena nggak mudeng..Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini bisa jadi booster asi kita biar makin melimpah ya..

    ReplyDelete
  21. Iya nih. Asi penting banget untuk buah hati. Dulu aku minum blackmores jg untuk ASI. Nutrisinya lengkap dan enak

    ReplyDelete
  22. Iya banget, asi yang diberikan ke anak haruslah asi yang bergizi. Biar anak jadi sehat dan kuat. Aku ngerasain banget ini. Soalnya aku bandingin sama adik ipar. Kebetulan kami lahiran bareng. Asi sama2 banyak. Tapi aku dulu minum suplemen asi. Sementara dia enggak. Anak kami pada beda jadinya. Baik dari segi berat badan dan kecerdasan bisa terlihat bedanya.

    ReplyDelete
  23. Sama sih.. harus cukup terpenuhi kebutuhan nutrisinya, jangan stress, istirahat yang cukup, banyak minum air putih juga ya..

    ReplyDelete
  24. Mengamini tips-tips dari Mbak Iis, peran keluarga memang penting buat memperlancar ASI. Semangat mengASIhi ya

    ReplyDelete
  25. karena ASI berasal dari makanan yang di konsumsi sang Ibu yaa..maka harus bergizi dan yang terbaik.
    Blackmores membantu sekali mendampingi Ibu menyusui memenuhi nutrisinya.

    ReplyDelete
  26. Jadi ingat jama menyusui anak-anak dulu, 3 anak dramanya juga beda-beda.
    Sayangnya dulu belum kenal sama produk blackmores ini

    ReplyDelete
  27. Wah, dulu pas menyusui aku juga mengonsumsi Blackmores lho say. Dan memang sangat sangat membantu aku memenuhi nutrisi dan memperlancar ASI. Alhamdulillah, sekarang anak-anakku tumbuh sehat dan jarang sakit..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis