Wednesday, 8 January 2020

Inilah Cara Bisnis Coworking Space Budget Terbatas tapi Ramai Penyewa

Jika dihitung, maka peningkatan permintaan coworking space yang ada di Asia itu telah mencapai 35,7 persen per tahun. Melihat peluang yang ada tersebut, maka tentu siapa saja bakal tertarik untuk bisa membangun coworking space. Pada dasarnya Anda perlu mengenali cara bisnis coworking space. Yang merupakan sebuah ruang kerja yang bisa digunakan bersama untuk suatu keperluan kerja.

Jika Anda mulai tertarik untuk mengetahui cara bisnis coworking space, maka Anda pun tak bisa sembarangan. Akan ada sejumlah hal yang patut untuk Anda perhatikan demi suksesnya bisnis coworking space yang nantinya akan Anda gagas nanti :

Biaya Operasional
Kenali beberapa jenis dari biaya operasional coworking space, seperti halnya biaya listrik, biaya perawatan, biaya pegawai dan lain sebagainya. Dari harga tersebut maka bisa Anda perkirakan juga besarnya biaya operasional para pesaing Anda. Apabila jumlah biaya tersebut lebih besar dari pada omset yang Anda miliki, maka segera alihkan bisnis Anda dalam bidang lain.

Fasilitas Terjamin
Cara bisnis Coworking Space yang berikutnya yaitu fasilitas terjamin. Fasilitas yang berkualitas dan sempurna itu menjadi sebuah daya tarik bagi pelanggan. Agar bisnis Anda lebih baik dari pesaing, maka perhatikan pula berbagai fasilitas yang disediakan. Pastikan apa juga yang Anda miliki lebih mumpuni jika dibanding bisnis coworking space lainnya. Sehingga para pelanggan akan merasa puas dan lebih dari apa yang mereka harapkan.

Bagaiamana Cara Bisnis Coworking Space?
Kenali Persaingan
Sebelum Anda mendirikan bisnis coworking space, maka cobalah kenali pesaing Anda terlebih dahulu. Seperti Anda ketahui, yang dimaksud para pesaing yaitu pihak-pihak yang akan menawarkan layanan coworking space atau sejenisnya. Maksud dari layanan sejenis di sini adalah yang menyewakan ruang kantor ataupun ruko.

Lokasi
Memilih sebuah lokasi untuk coworking space yang strategis itu menjadi sebuah faktor penentu untuk kesuksesan. Disini Anda harus bisa untuk memilah dan memilih mana yang menjadi lokasi strategi, mana lokasi yang tidak. Lokasi terbaik yaitu lokasi yang bisa dijangkau ataupun diakses oleh transportasi umum, berada di pusat kota. Lokasi strategis lainnya di pusat perekonomian, perkantoran dan lain sebagainya. Semakin strategis lokasi bisnis Anda, maka semakin tinggi pula peluang coworking space Anda untuk terisi penuh.

Manfaatkan Ruang
Cara bisnis Coworking space berikutnya yaitu manfaatkan ruang. Apabila Anda sudah mempunyai lokasi yang strategis, maka langkah selanjutnya Anda cukup memoles ruang yang ada. Disini Anda bisa dengan membuat desain, ataupun rancangan sketsa sebaik mungkin. Anda bisa juga bekerja sama dengan para desainer untuk bisa menentukan desain mana yang bisa mewakili luas ruang yang telah Anda miliki. Hindari untuk membuat sketsa berlebihan, buat yang standar namun fasilitas yang lengkap.

Sediakan Fasilitas yang Ramah di Kantong
Jika Anda ingin memenuhi fasilitas coworking space, maka berhati-hatilah dalam hal menganggarkan biaya pembelian perabot seperti halnya meja, kursi, dan sebagainya. Anggarkan dana tersebut sesuai keperluan saja, jadi apabila kebutuhan tersebut tidak sangat mendesak, maka Anda bisa membelinya langsung ke produsen. Hindari untuk membeli peralatan dari toko. Biasanya harganya akan 40 persen lebih mahal.

Sediakan Fasilitas Teknologi
Entah itu mendirikan usaha co-working space dengan dana minim atau berlebih, maka fasilitas teknologi tentu jadi hal paling utama. Hanya saja, bila Anda mempunyai dana terbatas maka usahakan untuk hanya bisa memenuhi teknologi dasarnya saja. Sedangkan sisanya Anda sediakan seiring dengan perkembangan bisnis Anda. Fasilitas dasar itu seperti halnya jaringan WiFi, printer, dan lain sebagainya.

Tekan Budget Pemasaran
Perlu untuk Anda ketahui, bahwa memasarkan bisnis itu tidak perlu dilakukan dengan cara  mengeluarkan anggaran. Anda bisa juga dengan gunakan fasilitas berteknologi modern dengan metode yang tepat. Dengan begini, maka Anda pun bisa menghemat banyaknya biaya pemasaran.

Setelah Anda sudah mengetahui tips untuk mendirikan dan cara bisnis coworking space ini, maka kini tinggal saatnya untuk Anda mengeksekusi satu persatu. Bila ada kendala dalam hal berbisnis, maka tentu saja itu merupakan hal yang biasa dan patut untuk Anda selesaikan. Sekarang, Anda sudah siap berbisnis coworking space? jika iya coba simak di https://www.cekaja.com/info/bisnis-coworking-space-persiapkan-5-hal-ini/ untuk mengenali lebih lengkap bisnis tersebut.

No comments:

Post a comment