Skip to main content

Cara Budidaya Ternak Lovebird Lengkap dan Benar

Lovebird adalah salah satu komoditas bisnis ternak yang terus mengalami pertumbuhan signifikan. Makin banyaknya kontes berkicau dan keindahan lovebird serta peluang jual beli yang menguntungkan membuat mulai banyak orang melirik dunia ini sebagai bisnis sampingan atau utama. Mengetahui cara budidaya ternak lovebird lengkap dan benar tentu menjadi keutamaan bagi Anda yang ingin mulai menjajaki peluang bisnisnya.

Untuk mengetahui apakah cara budidaya ternak lovebird lengkap dan sudah terarah, maka Anda bisa mengamati sistematikanya seperti paparan di bawah ini.

1. Buat Rencana Penangkaran
Sebelum memutuskan untuk berbisnis ternak lovebird, maka Anda wajib membuat draft berupa rencana penangkaran, ukuran sangkar atau kandang, dan berapa jumlah lovebird yang akan Anda ternakkan. Hal ini untuk mengetahui besaran modal pertama yang akan Anda gunakan dan memproyeksikan bisnis untuk bulan berikutnya.

Misalnya, jika Anda memiliki modal yang cukup besar, maka bisa saja memulai dari beberapa pasang induk lovebird sehingga langsung menggunakan kandang yang ukurannya agak besar. Jika lebih dari sepasang, maka buatlah sekat antar pasangan. Beda halnya jika memang tidak memiliki modal banyak maka cukup beli sepasang indukan sehat di satu sangkar. Siapkan juga glodok sebagai tempaat bertelur dan tinggalkan ranting kecil, serut kayu serta daun kering yang nantinya digunakan lovebird untuk membangun sarang di dalam glodok sebelum bertelur.

2. Penentuan Induk dan Hasilnya
Kita umpamakan Anda memilih untuk mulai beternak lovebird dengan sepasang jantan dan betina saja. Sebelum membeli, pastikan preferensi apa yang ingin Anda peroleh dari hasil penangkarannya. Anda bisa memilih lovebird yang warna bulunya bagus atau suaranya yang nyaring dan merdu saat berkicau. Tentunya jika lovebird berkualitas memiliki kedua hal tersebut, akan mempengaruhi harga beli Anda dari penjual.

Selain itu pastikan juga jika induk lovebird telah berusia masing-masing lebih dari setahun. Akan lebih baik jika lovebird jantan berusia jauh lebih dewasa atau matang dibanding lovebird betina agar dominasinya ketika proses perkawinan lebih besar.

3. Mengamati Kesiapan Kawin Lovebird
Amati perilaku lovebird yang Anda beli. Jikalau lovebird sudah menunjukkan perilaku sering merentangkan sayap dan mengangkat ekor, maka bisa dipastikan sudah siap kawin. Pada lovebird jantan biasanya akan menggosokkan bagian pantat ke sangkar kayu untuk menunjukkan siap kawin.

4. Tidak Langsung Mempertemukan Indukan Lovebird
Tidak semua artikel yang membahas cara budidaya ternak lovebird lengkap menyinggung terkait penangkaran induk. Di awal sebaiknya jangan langsung mempertemukan lovebird jantan dan betina di satu kandang. Yang dikhawatirkan kedua indukan akan berkelahi jika ada ketidakcocokan. Tunggu sampai ada tanda perilaku siap kawin dari keduanya, lalu baru dimasukkan ke dalam satu sangkar.

5. Pakan yang Mendukung Kesehatan dan Kesuburan
Berikutnya jika kedua lovebird sudah menunjukkan tanda siap kawin dan berada di satu lokasi, beri selingan makanan pendamping selain makanan pokok. Bahan pakan pokok utama adalah milet putih, sedangkan pendampingnya seperti biji sawi, jagung manis dan buah untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan indukan lovebird. Dengan bahan pakan yang bergizi, maka telur yang nantinya menetas pun akan melahirkan anakan lovebird berkualitas.

6. Ketika Sudah Bertelur
Jika lovebird betina sudah bertelur, kurangi frekuensi Anda untuk mengunjungi atau melihat sangkar kecuali untuk memberi pakan. Kadang ada juga betina yang enggan mengerami telurnya entah karena merasa stres atau faktor lainnya. Solusinya mudah jika ada lebih dari satu lovebird betina yang Anda ternakkan. Jika ada lovebird betina lain yang sedang mengerami telurnya, maka lovebird lainnya pun bisa ikut meniru saat kandang didekatkan. Perlu kesabaran jika memang Anda hanya menternakkan sepasang indukan lovebird, cobalah lagi kalau ada telur yang tidak menetas.

7. Setelah Menetas
Setelah anakan lovebird menetas, jangan langsung dipisahkan dari induknya. Tunggu sampai sekitar 2 minggu baru pindahkan ke kandang tersendiri. Pasang lampu 5 watt agar kandang tetap hangat dan pertumbuhan anakan lovebird lebih optimal. Jangan memberi makanan kasar seperti induknya, olah makanan agar teksturnya lunak dan lebih mudah dicerna.

Inilah tahapan cara budidaya ternak lovebird lengkap dan benar yang membantu Anda mengembangbiakkan lovebird dengan prosentase keberhasilan lebih besar. Untuk menambah referensi, baca juga di https://www.cekaja.com/info/cara-budidaya-ternak-lovebird-termudah/ . Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say