Monday, 21 October 2019

Nasi Tiwul, Emang Enak?

Nasi Tiwul, Emang Enak?.  Ada yang suka nasi tiwul?jangan jangan, baru denger, hahaha. Rugi lho wkwkwk. Saya bukan pecinta nasi tiwul, tapi sejak nikah sama orang Ponorogo. Pelan-pelan dibuat jatuh cinta sama yang namanya nasi tiwul. Ohya, fyi.. Tiwul ini terbuat dari tepung singkong yang dicampur, diuleni dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai nampan kayu. Sampai terbentuk gerindilan. Setelah itu dikukus beberapa menit, jadi deh tiwul. 


Dulu saya taunya tiwul itu jajanan pasar yang rasanya manis karena ada taburan gula merah dan kelapa parutnya. Tapi di Ponorogo jadi beda gini menikmati tiwul nya. Di Ponorogo, tiwul dimakan dengan lauk, sayur bukan dimakan pake gula merah dan kelapa parut, macam getuk wa akhwatuha gitu. Jadi, dulu itu tiwul dikonsumsi setiap hari, kalau kita sehari-hari makan pakai nasi, mereka pakai tiwul. Dan kebiasaan seperti itu masih bertahan sampai sekarang. Tidak setiap hari tapi, sesekali saja.


Pertama kali makan nasi tiwul rada aneh, ya iyalah karena sudah terbiasa makan pakai nasi putih hahaha. Tapi makin kesini kok makan nasi tiwul ini ngangenin ya. Sampe-sampe waktu kami masih tinggal di Subang Jawa Barat, bela-belain banget bawa tiwul kering lho. Kalau kangen, langsung masak deh. Tuntas sudah rindunya sama kampung mertua.

Kalau di daerah rumah mertua, nasi tiwul dinikmati sama sayur lodeh pedas tapi yang versi blendrang ya atau sayur lodeh yang sudah nginap atau masak kemarin. Dimakan sama sambel blelek, kulupan atau rebusan daun plus ikan pindang, itu juga nggak kalah boros nasi hahaha.

Cara Memasak Nasi Tiwul Instan
Gara-gara sering posting makan siang pakai nasi tiwul, akhirnya banyak banget yang DM dan beberapa tanya via kolom komen tentang cara masak nasi tiwul. Terutama nasi tiwul instant, karena sekarang kan banyak banget yang jual tiwul instan. Termasuk saya hahaha. Itupun gara-gara bulek bikin tiwul kering banyak, saya iseng jual, eh laku sampai banyak yang nggak kebagian dan tanya terus huhuhu. Bulan depan deh ya, insya Allah pulang dan bawa banyak haha.

Jadi, ini saya bikin nasi tiwul bahannya dari bulek, beliau bikin sendiri nasi tiwul keringnya. Khusus buat kalian yang penasaran sama cara masak nasi tiwul. Kapan hari saya bikin tutorial masaknya. Nggak sampe 10 menit kok sudah jadi. Cus ya klik video berikut.



Nasi tiwul beserta lauk pauknya
1. Dinikmati dengan sambel
Buat saya, nasi tiwul dikasih gula merah aja enak. Apalagi dimakan sana sambel, ikan pindang dan lalapan. Enak!!! Mungkin buat yang biasa menikmati tiwul pakai gula merah, rada aneh dengernya. Tapi, serius ini enak bangettt. Cobain deh..

2. Dinikmati sama kulupan
Di rumah mertua, biasanya pas kami anak-anaknya pulang kampung pasti dimasakin nadi tiwul. Lauk pauk ya simpel banget, kadang cuma ikan sungai goreng. Sayur wajibnya itu kulupan atau urap-urap, atau sekedar rebusan aneka sayur sama sambel. Sayurnya metik di depan rumah, di sawah hehe. Terus yang nggak ketinggalan itu pete cina atau kalau orang Jawa nyebutnya lam, atau lamyoro. Ugh, enak banget.

3. Dibuat nasi goreng
Di rumah mertua, kalau ada nasi tiwul nginep alias yang masih sisa. Paginya pasti di goreng, yang rajin banget bikin nasi goreng tiwul ini bulek. Seringnya digoreng gitu aja, bumbu duo bawang sama cabe rawit, terus nggak pake lauk, Toping ya lamyoro ngambil di depan rumah, terus sama kerupuk aja. Dimakan ramai-ramai sambil ngobrol. Alhamdulillah nikmat. 

Bulan depan Insya Allah pulang kampung, bawa nasi tiwul kering banyak pesanan teman-teman hahaha. Terus mau bagi-bagi juga bikin Giveaway biar seru gitu wkwkwk.

Buat yang belum pernah nyoba makan tiwul dengan lauk dan sayur, sepertinya harus nyobain deh. Selain manfaat tiwul ini baik untuk tubuh, juga baik untuk penderita diabetes, biasanya sebagai pengganti nasi.

Teman-teman, ada yang sudah pernah makan nasi tiwul?

27 comments:

  1. Nasi tiwul memang enak banget Mbak saya juga suka heheh.

    ReplyDelete
  2. Benar banget Mbak, nasi tiwul memang paling cocok dimakan dengan lodeh pedas heheh.

    ReplyDelete
  3. Sekarang nasi tiwul instan pun sudah banyak dijual, untuk memudahkan para penggemar yang ingin memakannya tapi tidak sempat mengolahnya heheh.

    ReplyDelete
  4. Ternyata nasi tiwul sekarang juga sudah bisa diolah menjadi nasi tiwul goreng heheh.

    ReplyDelete
  5. Saya juga Mbak, pertama makan nasi tiwul memang aneh tapi lama-lama bikin ketagihan hihi.

    ReplyDelete
  6. Saya salah satu golongan penikmat nasi tiwul yang disajikan berama dengan sambal heheh.

    ReplyDelete
  7. Pengen banget makan nasi tiwul nih, kebayang enaknya dicocolin sambel unch nikmat.

    ReplyDelete
  8. Aku DOYAN BUANGEETTT makan nasi tiwul ini
    Doyan se-doyan doyan-nya euy.
    Duh Mba, mugi2 kita segera meet up dan aku bisa menikmati menu nasi tiwul buatan dirimu
    yhaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Sering banget denger tiwul, kue tiwul, nasi tiwul. Malahan anakku bikin ilustrasi picture book tentang tiwul. Tapi belum pernah makan hahaha *tutup muka* penasaran sama rasanya :)

    ReplyDelete
  10. Beneran pingiiiiiiin. Ah......gara-gara kamuhhh Mbak. Aku mau mesen ahhh

    ReplyDelete
  11. Waktu kecil suka makan tiwul, tapi sekarang orang rumah jarang yang buat. Duh, aku jadi pengin makan lagi.

    ReplyDelete
  12. Aku kalau pulkam Kediri bawa tiwul instan terus dimasak di Jakarta. Tapi anak-anak lebih suka dimanisin mbak terus dimakan dengan parutan kelapa
    Kalau aku dan suami baru berteman sayur makannya.
    Mantuuul!!

    ReplyDelete
  13. belum pernah kalau yang formatnya dibikin nasi aku mba. Tapi aku suka yang masaknya dikasih gula sama sedikit parutan kelapa. Yummy banget klo itu...

    ReplyDelete
  14. Dulu penah waktu kuliah, pas studio di gunung kidul... Tapi cuma nyicip sedikit doang, udah lupa juga rasanya gimana, hehehe...

    ReplyDelete
  15. Dulu kalau mudik ke rumah eyang di Gunungkidul sering dibikin nasi tiwul buat klangenan ibuk. Nasi tiwul lauk jangan tempe dan gereh sama sayur rebus, enaaaak. Kalau sekarang seringnya nemu tiwul yang dimakan pakai parutan kelapa dan gula merah.

    ReplyDelete
  16. Yuh, enak e Mbak, auto ngiler aku. Tambah fotone ayu-ayu, semakin menggairahkan. Eh maksudku semakin menggoda selera, kekeke. Kalau di tempatku tiwul ya dimakan pakek sayur kalau orang tua-tua. Kalau anak muda ya yang manis itu. Gak doyan mereka kalau sama sayur. Katanya aneh.

    ReplyDelete
  17. Jaman kecil sering makan tiwul mbak, karena memang hanya itu yang bisa dimakan sehari-hari. Cukup dengan sambal bawang aja, rasanya sudah nikmat sekali. Eh ada tiwul hitam juga lho, menurut saya rasanya lebih enak yang hitam dibanding yang putih

    ReplyDelete
  18. Aku suka kok nasi tiwul, enak apalagi kalau dipake lauk teri dan sambel ughh enak banget deh

    ReplyDelete
  19. Saya lumayan lama makan nasi tiwul ini mbak pas ngerowot dulu ehehe, enak kok emang sebagai pengganti nasi. Saya konsumsi pakai sayuran dan lauk seperti biasa.

    ReplyDelete
  20. Pernah sekali makan nasi tiwul, memang agak aneh sih rasanya, mungkin kalau diolah atau dipasangin dengan macam-macam lauk begini, bakal doyan juga kayaknya :)

    ReplyDelete
  21. Enak aku doyan makan tiwul kalau di jawa tiwul gitu jadi manis jadi kue gitu di jual sama lupis gt

    ReplyDelete
  22. Saya taunya tiwul yang pakai gula itu, Mbak. Kalau nasi tiwul belum pernah coba. Haha. Tapi kayaknya gampah deh bikinnya, ya? Coba ah nanti.

    ReplyDelete
  23. Ibuku tu paling suka nasi tiwul, katanya dulu saat kecil sering makan itu :D
    Kalau aku terus terang gak terlalu bisa menikmati hehe. Aku bagian makan lodeh sama ikan sama sambelnya aja deh mbak xixixi ^_^

    ReplyDelete
  24. Lohhh bisa buat menu biasa ya kirain cm buat jajanan'
    Coba ah nanti kalau aku ke rumahmuuu minta menu ini aha nasi tiwul bikinanmu

    ReplyDelete
  25. Tiwul itu apa, kak...?
    Aku pernah denger, tapi belum pernah makan.
    HUhuu~
    Pengin banget nyobain sego tiwul nganggo sambel iwak pindang.

    ReplyDelete
  26. Saya mengenalnya dengan sebutan Sego tiwul, salah satu menu harian saat masih sekolah dulu. Dan kini suka kangen utk makan tiwul lagi, tiap ke pasar nyari jajanan tiwul yg original spt rasa tiwul yg saya makan kala kecil dulu, tapi susyahhh, kebanyakan adanya rasanya sdh ditamabhi (minimal tingkat kemanisannya sdh dikasih gula kayaknya)

    ReplyDelete
  27. Ya ampun, makanan jaman kecil, dulu makan ini bener2 karena ga sanggup beli beras emak ku, sekarang pengen banget makan ini ya karena pengen banget dan kangen dengan rasanya
    Apalagi klo makannya pake ikan asin & sambel, plus oseng kangkung

    ReplyDelete