Monday, 2 September 2019

Resep Mudah dan Praktis Membuat Susu Almond

Resep Mudah dan Praktis Membuat Susu Almond.  Sejak tahu enaknya rasa susu almond, akhirnya mendadak ketagihan. Dalam arti ketagihan nggak setiap hari harus minum susu almond ya, ketagihan rasanya gitu. Menurut Wikipedia, popularitas susu almond sendiri sangat meningkat sejak tahun 2011, bahkan mengalahkan susu sari kedelai sebagai minuman yang menyehatkan di tahun 2013. Luar biasa drastis ya meningkatnya, padahal harga almond sungguh fantastis lho.


Saat in mengkonsumsi susu almond sudah jadi lifestyle bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Almond tidak hanya bisa dikonsumsi untuk camilan saja, tapi dibuat menjadi susu juga bisa jadi alternatif lain. Selain untuk susu dan camilan, almond panggang juga bisa dijadikan tren l toping aneka smoothie.

Cara membuat susu almond sangatlah mudah, ada dua cara pembuatan. Yang pertama menggunakan almond mentah yang harus direndam semalam atau beberapa jam, setelah itu blender dengan air matang dan pemanis, saring dengan kain, masukkan wadah. Simpan dalam kulkas, habiskan dalam waktu 2-3 hari. Kalau di suhu ruang, habiskan dalam waktu 6-8 jam. Sedangkan yang kedua menggunakan almond panggang. Blender almond panggang dengan air matang dan pemanis, saring. Susu almond siap dihidangkan. Kita tidak hanya bisa menikmati susu almond original, bisa juga ditambah aneka rasa, seperti coklat dan lain sebagainya.


Nutrisi yang terkandung dalam kacang almond yang menjadi bahan baku sari kacang almond mengandung serat pangan, vitamin E, magnesium, selenium, mangan, seng, natrium, zat besi, fosfor, tembaga, kalsium, dan asam amino triptofan. The UK Institute of Food Research menemukan almond juga mengandung probiotik. Namun sari kacang almond mengandung protein yang lebih rendah dibandingkan susu sapi sehingga tidak bisa dijadikan susu formula pengganti air susu ibu. (Wikipedia).

Resep Mudah dan Praktis Membuat Susu Almond
Sejak sebulan yang lalu saya sudah beberapa kali membuat susu almond sendiri di dapur #hotwajan. Menggunakan almond panggang, takaran bikin susunya main feeling aja sih ini hehe. Yaaa dikira kira aja. Karena kebetulan di rumah ada almond panggang. Setelah browsing kesana kemari, ternyata bisa juga ya membuat susu almond menggunakan almond panggang. Lebih praktis gitu, tidak harus menunggu almond semalaman atau beberapa jam.


Satu resep dibawah ini jadi 1 gelas besar. Alhamdulillah enak banget, kenyang banget lho. Ohya, setelah diblender susunya saya saring, dan sarinya saya cemilin. Enak lho..hahaha.. Untuk pemanis ya saya pakai kurma, buang isinya, blend jadi satu dengan kacang almond.


Resep Susu Almond 
By : @hm_zwan

Bahan :
300ml air matang hangat
Segenggam almond panggang
3 butir kurma, buang isinya

Cara membuat :
Blender semua bahan, saring, hidangkan.

Segenggam almond panggang yang kulitnya sudah dikupas ya. Kulitnya enak lho dicemil hahaha, nggeragas banget Emmmm. Ohya, ini almond panggang dari @azkia_hijabs. Jadi buat teman-teman yang cari almond panggang untuk camilan atau bikin susu almond, bisa ceki ceki di instagram @azkia_hijabs. Komplit banget, ada kurma, madu, kacang-kacangan wa akhwatuha.


Membuat susu almond sendiri itu rasanya bikin hati bahagia, kita memilih sendiri apa yang akan kita buat, kita nikmati dan tau apa yang terbaik yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Semakin kita tahu apa yang kita buat, maka semakin kita bisa menghargai sebuah proses. Dari sebutir kacang almond hingga menjadi segelas minuman yang sangat menyehatkan. Susu almond.


Teman-teman, ada yang suka susu almond?

28 comments:

  1. Mudah juga nih ya Kak dalam membuat susu almond ini. Pingin nih mempraktekkannya juga hihi

    ReplyDelete
  2. Saya sendiri belum pernah nih meminum susu almond ini. Tapi sepertinya enak banget nih

    ReplyDelete
  3. Bahan untuk membuat susu almond ini juga sangat mudah di dapatkan nih ya

    ReplyDelete
  4. Caranya mirip kayak bikin susu kedelai ya..tapi kalau saya mah prefer dipanggang aja kalau almond. Dibikin susu ada nyisa ampasnya berasa rugi, hihihi.. 😁

    ReplyDelete
  5. wah ternyata gampang banget ya bikin susu almond...bisa dikreasikan juga dengan bahan lainnya ya..Jadi pengen coba bikin..

    ReplyDelete
  6. Mbak, aku ketinggalan banget ya. Aku baru tahu almond bisa dijadikan susu dan banyak disukai sama orang-orang, hahaha.

    Biasanya aku cuma ngemil almond panggang aja. Itupun pas lebaran aja deh kayaknya, hahaha

    ReplyDelete
  7. Iyaaa, bikin susu almond mudah ternyata..Saya pernah nyoba juga dengan campuran kurma..Rasanya manis sedap...Diminum pas dingin...segar

    ReplyDelete
  8. Aku udah pernah coba susu almond ini. Dan enak. Dan ternyata dikasih tau tutorial bikinnya, mudah yah. Bisa nih dipraktekkan

    ReplyDelete
  9. aku masih sering pesan dan beli susu kedelai mbak
    Kalau susu almond belum pernah hehehe
    Boleh deh ntar kepoin IG nya
    Makasihh mbak ^_^

    ReplyDelete
  10. Almond dibikin susu itu enak. Apa lagi ini ditambah dengan kurma. Yummy...

    ReplyDelete
  11. Praktis banget ya resep bikin susu almond, tapi harga kacang almond masih mayan ugak ya mba

    ReplyDelete
  12. Jadi pingin bikin sendiri lagi. Dulu sering bikin, eh pas punya bayi malah engga bikin2. Wkwk. Pdhl ini joss banget buat asi booster ya Mba. Makasi resepnyaa :D

    ReplyDelete
  13. Duh jadi ngiler, aku suka banget almond, teman juga ada yang jualan..ternyata bisa pakai Almond panggang ya buat dibikin susu..

    ReplyDelete
  14. Pernah diajarin sama mamahku untuk bikin susu almond ini tapi aku mager, akhirnya kalau mau susu almond beli sama teman yang jualan deh.

    ReplyDelete
  15. Kayaknya kalau di tempat saya akan kesulitan mendapatkan kacang almondnya Mbak. Kudu beli ke mall dulu. Di pasar nggak pernah nemu, apalagi di warung.

    ReplyDelete
  16. Aku baru saja kemarin nyobain susu almond, dan itu bisa menjadi salah satu booster ku untuk memperbanyak ASI

    ReplyDelete
  17. Katanya almond baik untuk kesehatan khususnya menutrisi ibu hamil yah kak, tp aq belum coba nih, baca resepnya ternyata mudah, coba ah

    ReplyDelete
  18. Aku suka banget sama susu almond ini emang harganya lumayan mahal tapi khasiatnya enak ya.... Mantap

    ReplyDelete
  19. Nutrisi yang dikandung kacang almond lumayan banyak dan sangat bermanfaat untuk tubuh ternyata.
    Wah saya jadi penasaran seperti apa rasanya

    ReplyDelete
  20. Wah, gampang ya ternyata bikin susu almond ini. Aku kira kudu gimana gitu. Jadinya selama ini selalu beli. Kudu nyoba bikin deh.

    ReplyDelete
  21. Kacang Almond itu dijadikan cemilan aja udah enak. Aku belum pernah bikin susu Almond, ternyata enggak perlu direbus kayak bikin susu kedelai ya

    ReplyDelete
  22. Saya sukaa... Belum pernah buat sih.. Tapi dapat dari oleh-oleh teman... Rasanya memang enak.. Gurih, lezaat. Harganya juga lumayan mahal.. Hihi. Sebotol kecil 25rb. Tapi sesuai sih dengan manfaatnya..

    ReplyDelete
  23. Mak jual mak jual hayoooo. Siapa tau jalan ke depan loh iniiii
    Tak dukung

    ReplyDelete
  24. Saya suka kacang almond. Enak buat cemilan gak bikin gemuk. Tapi untuk bikin susu almond kok saya gak yakin bisa enak. Hehe.. trauma pernah bikin susu kedelai enggak berhasil. Wkwkwk... Tapi mungkin kalau pakai almond panggang beda ya mbak. Coba aaah

    ReplyDelete
  25. zaman jadi busui aku suka banget minum susu almond. Enaaak dan membantu melancarkan ASI. Cara buatnya mudah juga nih ya

    ReplyDelete
  26. Mantaapp~
    Kayanya cocok untuk menu diet yaa..
    Hehehe...obsesi banget.

    ReplyDelete
  27. makasih banyak refrensinya, tadinya saya mikir dimana beli almondnya, ternyata dilampirin juga... sangat membantu memperkenalkan susu almond ke org awam kayak saya

    ReplyDelete
  28. Eh baru aja kemarin ada klien mau difotoin produknya berupa susu almond
    Jadi pengen beli lagi hahaha
    Enak soale dan cocok untuk bumil

    ReplyDelete