Skip to main content

Cara Praktis dan Cepat Masak Lepet Menggunakan Panci Presto

Cara Praktis dan Cepat Masak Lepet Menggunakan Panci Presto.Assalamualaikum.. Kapan hari baru tersadar bahwa tenyata cara praktis dan cepat masak lepet ya menggunakan panci presto. Ada yang tau lepet? Jadi lepet itu camilan tradisional yang bahan utamanya terbuat dari beras ketan. Lalu dicampur kelapa parut dan garam saja, lalu dibungkus. Kalau orang Jombang, nyebutnya lepet. Sebagian orang ada yang nyebut lepat, buras dan lain-lain. Beda daerah, beda kota, akan beda penyebutan.

Untuk lepet, biasanya dibungkus menggunakan janur jika lebaran. Ibu saya biasanya membuat lepet dua macam saat lebaran Idul Fitri. Satu dibungkus daun pisang, dan yang satu lagi dicampur dengan kacang tunggak, dibungkus menggunakan janur. Bulan kemarin pas main ke rumah bulek di Kediri, saya dibawain beras ketan sekresek besar,hahaha. Bingung dong mau diapain. Terus baru kepikiran deh bikin lepet isi kacang tunggak.

Cara Praktis dan Cepat Masak Lepet Menggunakan Panci Presto
Karena ngerebus lepet ini butuh waktu lama dan berjam-jam. Kok tau berjam-jam? Lha setiap lebaran ibu saya bikin, ngerebusnya lama banget. Awalnya sempat mikir, ini lepet mateng nggak ya kalau direbus di panci presto? #emakgalau hahaha.

Terus tanya ke ibu dan kakak, eh malah disuruh nyoba. Yaudah deh, Bismillah, saya berani-beraniin ngerebus lepet pakai panci presto. Dalam hati sih ngebatin, nanti kalau 1 jam belum matang tengahnya gimana dong? Mbatin lagi, kalau belum matang ya direbus lagi Em, hahaha. Gini nih efek kalo mbatin yang buruk buruk, wkwkwk.

Kebetulan saya punya panci presto Idealife. Saya membuat lepet cuma 500gr aja, tapi hasilnya lumayan banyak lho. Ohya, beras ketannya direndam air dulu selama 1 jam, setelah itu baru dicampur semua bahan dan dibungkus. Lalu direbus selama 1 jam. Setelah 1 jam tet, panci presto nggak langsung saya buka lho ya. Bahaya, jadi hati-hati. Kalau mau buru-buru dibuka, guyur dengan air atau rendam panci di baskom berisi air. Atau kalau pingin aman, tunggu sampai panci hangat kurang lebih 20 menit.

Setelah saya buka tutup panci, saya ambil satu lepet. Saya iris tengahnya, yang bikin saya lega, seneng nggak karuan itu pas lihat tengahnya. Matang 100% pemirsah, yeay.. Alhamdulillah. Seneng banget rasanya bisa bikin lepet cuma 1 jam nggak lebih lho. Lepetnya matang sempurna sampai dalam dan yang bikin saya tambah terharu itu tekstur lepetnya lembut banget. Karena hasilnya banyak, dibagi-bagikan deh dibawa ke rumah kakak dan beberapa anak yang ngaji di rumah.

Bikin lepet isi kacang tunggak ini, selain bahannya dikit, cara bikinnya praktis dan cepat masak pakai panci presto. Gini nih kalo emak-emak baru ngerasain keajaiban panci presto, pingin masak terus wkwkwk.

Sekilas Tentang Panci Presto Idealife
Ohya, kali ini saya masak bikin lepet pakai panci presto Idealife dari @idealifeonline. Yang saya pakai ini panci prestonya ukuran 7lt,buat saya lumayan gede. Cukup banget untuk teman ibu rumah tangga yang anaknya baru satu seperti saya. Jadi, Idealife Panci Bertekanan Tinggi atau Panci Presto - Aluminium merupakan peralatan masak yang berkualitas. Panci ini dibuat dengan material aluminium yang bermutu tinggi. Mudah digunakan dan fleksibel.

Dengan teknologi terkini, Idealife berhasil menjadikan produknya tahan lama dan teruji secara kualitasnya di pasaran. Selain itu, panci presto ini hadir dengan model terbaru, desain tutup putar dan jepit, sehingga lebih aman. Dilengkapi dengan Double Lock System yang bikin masak jadi lebih cepat. Dan juga pegangan yang kokoh dan kuat.

Ohya, karena panci presto idealife ini model tutupnya terbaru. Jadi cara menutupnya juga sedikit berbeda. Kalau biasanya kita memutar untuk mengunci diturunin dan diputar ke bawah. Untuk panci presto Idealife ini nguncinya diputar ke atas ya, bukan ke bawah. Setelah penutup kedua sisi berada ditempatnya. Putar knop yang berada di tengah, warna hitam ke arah atas sampai terasa berat. Jika sudah berat, artinya panci presto sudah terkunci rapat. Insya Allah aman ya pemirsa, tinggal masak deh hehe.

Catatan Penting bagi Pemula yang Baru Menggunakan Panci Presto
1. Pastikan tutup panci presto terkunci rapat.
2. Setelah masakan matang dan api dimatikan. Jangan sekali-kali langsung membuka tutup panci. Panci presto adalah panci bertekanan tinggi, jadi takutnya meledak pas dibuka tutupnya. Jadi, kalau mau dibuka pas setelah api mati,guyur panci dengan air atau rendam di bak berisi air. Atau kalau mau aman, tunggu kurang lebih 20 menit setelah panci agak sedikit hangat.
3. Setelah pemakaian, jangan lupa di cuci, termasuk tutupnya, pastikan sampai kering sebelum pemakaian selanjutnya.

Selain untuk merebus lepet, bisa untuk masak apa saja panci presto Idealife?
Nah, kebetulan saya sudah tiga kali masak tiga macam menggunakan Panci Presto Idealife. Yang pertama saya bikin Lepet, yang kedua saya coba ngerebus kacang tanah, yang ketiga saya bikin bistik sapi lho. Semuanya saya masak mulai dari satu jam sampai satu jam seteperempat.

Untuk merebus kacang tanah kering, saya cuma butuh waktu satu jam saja, alhamdulillah kacangnya empuk. Yang terakhir saya masak bistik sapi, seneng banget sama hasilnya, empuk lho. Sampai sampai Bubuky seharian lauknya bistik sapi,alhamdulillah emak bahagia.

Nah, yang pingin bikin lepet ketan isi kacang tunggak, cus saya kasih resepnya. Gampang banget kok..
Resep Lepet Ketan Isi Kacang Tunggak  

Bahan :
500gr beras ketan putih
250gr kelapa parut
50gr kacang tunggak
Garam secukupnya
Daun pisang
Tali rafia

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali daun pisang dan rafia. Ambil selembar daun pisang, tuang satu centong beras ketan, bungkus dengan cara menggulung, lipat. Ulang sampai adonan habis. Ambil dua bungkus beras ketan, satukan, ikat menggunakan tali rafia. Masukkan kedalam panci presto, tuang air sampai bungkusan terendam. Tutup, kunci panci presto. Masak selama satu jam, matikan api. Tunggu 20 menit, buka kunci panci presto. Angkat, tiriskan, sajikan.

Seneng deh rasanya bikin lepet laris manis dan keluarga pada suka. Buat teman-teman yang mau kembaran punya panci presto kayak gini, cus langsung ke @idealifeonline ya, harganya lagi diskon jadi 261.120 lho. Hasil lepet nya uwwww mantul, beda banget kalau ngerebusnya pakai panci biasa. Ini tekstur lepetnya lembuuuttt banget, saya lho nyobain ya sampe 2 bungkus hahaha. Itu mah laper hehe.

Teman-teman, ada yang suka masak pakai panci presto?

Comments

  1. Oh jadi gitu ya cara praktisnya memasak lepet. Bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  2. Wah bisa dikatakan panci serbguna ya. Soalnya bisa dibuat apa aja hehe

    ReplyDelete
  3. Wah keren banget nih panci presto :v. Bisa buat apa aja

    ReplyDelete
  4. Wah ada resepnya juga nih. Bisa dicoba nih resepnya :D. Terima kasih kak hehe

    ReplyDelete
  5. Wah ternyaat selain buat presto ikan , ternyata juga bisa buat masak juga ya

    ReplyDelete
  6. Lepet ini favorit aku bangeett mbaa.. Dulu ada yang jual di pasar. Sekarang sudah gak ada lg. Kalau bikin sendiri lama banget ya mb ternyata sampe 1 jam ngukusnya pake panci presto :))

    ReplyDelete
  7. Kalau buat masak lepet bisa, berarti kemungkinan bisa juga buat masak ketupat ya mbak?
    Kalau lebaran, ibu saya itu begadang semalaman masak ketupat. harus begadang karena masaknya pakai kayu bakar, jadi harus terus terjaga, membetulkan posisi kayu, nambah kayu bakar lagi biar ketupatnya matang sempurna. Kalau bisa juga pakai panci presto, kan bisa irit waktu tuh

    ReplyDelete
  8. Bedanya kalau berasnya gak direndam dulu aoa? supaya cepat matang kali ya? hihihi aku cuma bisa makannya aja kalo lepet belum pernah masak.
    Wah ada kacang rebus kesukaan aku, praktis ya rebusnya gak pake lama udah empuk kacangnya. Idea Life memang oke banget.

    ReplyDelete
  9. Ya Allah lepetnya euy, kangen mba makan lepet
    adanya biasanya cuma lebaran ehhehehe
    panci presto yang praktis banget buat apa aja
    memasak yang lama jadi singkat

    ReplyDelete
  10. Panci presto emang penyelamat berbagai masakan.. tapi baru tau kalau bisa dipakai untuk masak lepet. Pikir saya kalo dimasak pake presto bakal hancur karena tekanan tinggi. Ternyata nggak ya.. berarti bisa buat masak lontong juga ya

    ReplyDelete
  11. Kalau buat lepet di daerahku mba gak direndam berasnya. Laagsung saja. Tapi memang prosesnya lama. Di masaknya di atas tungku gerabh. Rasanya lebih nikmat. Btw, pancinya keren banget. Pengin beli deh.

    ReplyDelete
  12. Aku dong yang dari dulu-dulu kepengen beli panci presto tapi nggak jadi-jadi karena takut! Makasi ya Mbak Iis, sekarang udah tahu tipsnya. Semoga kalau pas ada rejeki dan terbeli itu panci prestonya bisa mempraktekkan tips dan trik dari Mbak Iis.

    ReplyDelete
  13. Punya presto itu membuat hidup makemak lebih mudah mba. Hehehe. Aku biasanya pake presto untuk bikin ketupat dan apapun yang berbau daging sapi. Supaya cepat empuk dagingnya.

    ReplyDelete
  14. OMG, lepet! kapan terakhir kali ya aku makan lepet... Dulu banyak yang jual di acara hajatan yang ada layar tancep. Tapi sejak itu susah cari yang jual lepet. Mau bikin sendiri ga bisa, hahaha. Ini solusi banget kayaknya gampang masak lepet pakai panci presto.

    ReplyDelete
  15. Wah ternyata dengan panci presto malah lebih cepat ya matangnya, hemat energi, hemat biaya..

    ReplyDelete
  16. Mbak, aku ketawa bagian ini "Campur semua bahan kecuali daun pisang dan rafia."

    yaiya, kebayang rafia diuleni sama ketan. hihih...

    eh bener juga buat lepet dimasak pakai presto jadi lebih cepat. Kalau di desaku biasanya ya pakai kukusan.

    ReplyDelete
  17. Aku suka lepet.. hahaa klo masak yg gimana gtu bikin terharuuu yaa mbaa.
    Asyik bgt bubukyh makan apa aja hasil memasak emak yg enak2 pakai panci idea
    Mantuul diskon dan mantuul makanannya 😋😍

    ReplyDelete
  18. Mupeng saya pengen beli ini nih,jadi ngukus lebih cpet ya, apalagi kalau mau lebaran , ngukus lontong/ketupat lebaran lebih cepet

    ReplyDelete
  19. OMG Lepet ini made in jawa banget ya makanannyaaa.. Skrng aku dah tinggal di ibukota jarang ada yg jual lepet

    ReplyDelete
  20. Kok pengen coba jugaaaa. Lepetnya bisa tahan sampai berapa lama kalau dimasak pakai presto gini?


    Ibuku masaknya direbus lamaaa banget dan bisa tahan sampai beberapa hari

    ReplyDelete
  21. Aku suka banget makan lepet, udah lama ga makan jadi pengen. Dan, selama ini ga ngebayangin bikinnya lama gini, cocoklah harganya lumayan dibanding cemilan lontong

    ReplyDelete
  22. Uih keren nih masak lepet gak pake lama dan ribet lagi. Ini bisa buat masak Ketupat juga berarti ya mbak?

    ReplyDelete
  23. Ternyata panci presto tuh serba guna ya. Kirain cm buat bandeng doang. Saya jg ada sih d rumah, rumah mama maksudnya. Soalnya mama yg biasa masak, saya bagian makan

    ReplyDelete
  24. Aku punya presto dipakenya pas Lebaran Idul Adha aja.
    Huhuu~
    Karena belinya salah, ukurannya kegedean.
    Padahal kami kalo masak, gak pernah banyak.

    ReplyDelete
  25. Mamaku baru ngebeliin panci presto ininjuga, tapi aku ga paham cara pakenya eh lebih tepatnya ga tau mau diapain ini panci karena aku ga rajin masaknkayak mbak :)

    ReplyDelete
  26. Kupikir presto cuman bisa untuk masak daging aja hehehehe. Aku jarang pakai presto soalnya kalo masak. Sering nganggurnya nih prestoku di rmh

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say