Friday, 7 December 2018

Dibalik Tagar Pejuang Nasi Secentong

Ada yang tau Tagar pejuang nasi secentong? Yang ngikutin instagram @hm_zwan pasti nggak asing sama #pejuangnasisecentong. Ada yang sering baca caption?. Jadi, ceritanya sejak tinggal di Subang dan badan sudah mulai gemuk berlebih. Atas nama pingin sehat, baju muat lagi 🤭, dan yang jadi tujuan utamanya sih pingin sehat ya. Nggak lagi ngerasain perut bengah, semacam penuh gitu, ya karena makannya kurang terkontrol. Dan yang bikin saya bener-bener di titik sadar itu waktu ngaca di jendela rumah, antara kaget dan perasaan nggak kartu-karuan deh. Kok aku jadi gemuk banget gini sejak tinggal di Subang. Akhirnya, mau nggak mau harus bisa ngontrol lagi makanan yang masuk ke mulut.

Sekilas Tentang #pejuangnasisecentong
Ide ini muncul ketika saya terbayang-batang ucapan ibu. Satu saat ibu saya ditanya teman pengajiannya, "Ibu ini lho, badannya kok ya masih tetep kayak dulu. Sehat, segini gini aja, nggak berubah" begitulah kalimat yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Sontak ibu cerita ke saya, yang intinya seperti ini. "Dari dulu saya makan 3 kali sehari, nasinya secentong, kalau sekiranya pingin nambah ya nambah dikit aja. Makanan juga gitu, kalau pingin ngemil, ya makan satu aja nggak lebih. Yang penting tau rasanya".

Dari situlah saya pelan-pelan mencoba mempraktekkan kebiasaan ibu, yaitu dengan makan siang nasi secentong hehehe. Atas nama pingin diabadikan untuk sharing di blog, khususnya. Akhirnya publish juga di instagram dengan tagar pejuang nasi secentong. Kalau dulu waktu masih tinggal di Subang, makan dengan nasi secentong cuma makan siang aja. Tapi sejak tinggal sementara di Jombang, kebiasaan makan dengan nasi secentong mulai saya biasakan dari pagi sampai makan malam.

Ciee.. Ini ceritanya diet ya?
Sebenarnya nggak juga sih, niat kuat banget pingin sehat. Rasanya punya badan gemuk itu lama-lama bikin stres sendiri lho. Serius deh.. Mulai dari perut bengah, penuh gitu, perut membesar, huhuhu ini menyedihkan sekali. Sampai baju kok tiba-tiba kerasa banget sesak, ketat semua, huhuhu. Ini sedih banget rasanya. Akhirnya secara perlahan saya coba mengatur pola makan sebaik mungkin, makan tidak berlebihan dan secukupnya saja.

Kalau dibilang diet, emmm.. Nggak juga, tapi bisa jadi, lho kok gitu sih?. Intinya setiap hari saya makan nasi 3kali dengan nasi secentong, komplit sayur dan lauk pauk. Nah, kalau gini kira-kira bisa nggak dibilang diet? Ada yang bilang iya, ada yang bilang tidak. Lha makan nasi 3 kali sehari, boleh makan apa aja, dari mana dietnya, hahaha. Apapun itu, intinya saya pingin mengatur pola makan ke yang lebih baik lagi. Makannya nggak asal-asalan, makan terus nggak ada capeknya mulut, kasihan perutnya, huhuhu.

Kebiasaan Setelah Bangun Tidur
Jadi, setelah bangun tidur dan sholat subuh biasanya saya minum sedikit, selanjutnya minum jeniper atau jeruk nipis peras yang susah dicampur dengan air hangat. Satu gelas rasanya seger banget dan enak enak di perut. Kebiasaan ini sudah saya lakukan sejak program hamil dengan ikhtiar ikut pola food combaining tahun 2013. Sampai sekarang alhamdulillah masih berjalan minum jeruk nipis hangat.

Tapi sudah satu mingguan, jeniper saya ganti dengan minum wonder jus dari @wonderjus.id. Jadi, ini semacam jus detox yang 100% terbuat dari bahan alami. Kebetulan sebelum ini saya juga sudah minum wonder jus, tapi yang original. Nah, kali ini saya nyobain yang Wonder Jus Triple C. Manfaatnya hampir sama kok dengan yang original, bedanya yang Triple C ini ada tambahan rempah super seperti kayu manis, kapulaga dan cengkeh. Jadi manfaat baiknya semakin banyak dan yahud.


Buat yang pingin tau lebih banyak tentang Wonder Jus, teman-teman bisa cek langsung instagramnya ya di @wonderjus.id.
Olahraga yang Menyenangkan
Sejak tinggal di Subang, saya mulai olahraga rutin. Nggak muluk-muluk dengan banyak gerakan, saya sengaja cari olahraga dengan gerakan sedikit tapi menguras banyak keringat. Alhamdulillah ketemu banyak informasi di instagram, akhirnya sampai sekarang rutin olahraga dengan 3 gerakan saja. Tapi tiap gerakan saya ulangi 5 sampai 10 kali,hahaha. Dan,ini bener-bener menyenangkan lho,serius deh. Biasanya saya olahraga ini sekitar jam 8 atau jam 9. Nggak perlu berjam-jam kok, saya olahraganya sekitar 20 sampai 30 menit. Kadang 15 menit kalau lagi capek.
Info olahraga : @hansboling @dietsehatnow @dietstrategy

Satu lagi, sejak tinggal sementara di Jombang, setiap pagi setelah nyapu rumah dan nunggu nggiling cucian, saya olahraga sepedaan hehe. Daripada nggak ngapa-ngapain, ada sepeda keponakan yang nganggur, jadi saya sempatkan untuk nggowes 10 putaran halaman rumah. Kadang lebih dari 10 putaran, suka-suka aja gitu. Yang penting senang bisa aktif gerakin badan

Jadi, inti dari dibalik #pejuangnasisecentong adalah pingin banget mengatur pola hidup dan makan yang lebih baik lagi. Nggak lagi ngurusin kata "diet" tapi lebih menghargai sebuah usaha untuk hidup lebih baik tanpa ada larangan makan ini itu. Sekarang lebih ke berpikir, makan apa aja boleh,tapi secukupnya. Dan yang lebih penting lagi adalah konsisten. Doakan saya,semoga selalu konsisten untuk mengatur pola hidup dan makan yang lebih baik, aamiin.

Teman-teman, ada yang makan nasi dengan porsi secentong nggak??

5 comments:

  1. aku juga pejuang nasi secentong. tapi udah gitu megat mamang cuanki yg lewat wkwkwkk

    ReplyDelete
  2. Berat euy klo secentong aja. Hehe. Tapi kalo bapakku diganti makanan yang direbus mba. Karena ga boleh makan nasi efek diabetes. Jd makannya pisang, ubi, jagung yg direbus gt. Moga sehat2 ya mba.

    ReplyDelete
  3. Beraaat, kaaak. Kutak akan sanggup, biar kamu aja. Hahaha

    Gak aneh, makanya BBnya ideal terus nih mamih Bubuky. Laaaf.

    Semoga kita selalu sehat, yaa mbak.

    ReplyDelete
  4. Ahaaa... Baru ngeh. Jadi ini toh artinya. Beneran kalau lihat masakan mbak Hanna wes nggak kuat aku. Pengen nambah terus. Hahaha

    ReplyDelete
  5. Waaah dulu aku malah sempet nasi cm 4 sendok makan mba hahahaha. Krn niat banget ngurangin nasi. Tp skr udh balik normal sih, ga kuat juga hehehehe.. Btw yg wonderjus ini, minumnya sebotol itu yaaa sekali minum? :) .

    ReplyDelete