Saturday 10 February 2018

Membuat Tutorial Memasak

Membuat Tutorial Memasak. Ada yang suka lihat tutorial atau step by step cara memasak di instagram?biasanya berupa satu frame dengan beberapa foto. Mulai dari bahan yang dibutuhkan, cara membuat sampai hasil akhirnya. Nah,saya termasuk yang suka melihat dan stalking beberapa instagramer yang hobi banget membuat tutorial masak atau membuat kue.

Salah satu yang jadi favorit saya dan teman-teman lainnya (mungkin) adalah akun instagramnya Mbk Frida, atau @fridajoincoffee. Hampir setiap hari ketika buka instagram, saya selalu mampir ke instagramnya Mbk Frida lho. Kira-kira ada postingan terbaru apa??endebre endebre.... Ada yang belum pernah stalking instagram @fridajoincoffee??atau mungkin sering lihat hasil karyanya yang wira-wiri di explore tapi cuma lihat sekilas aja nggak sampai ngintip ig nya. Mbk Frida ini termasuk ibu-ibu yang rajin banget bikin tutorial masak dan bikin kue. Biasanya foto-foto yang publish isinya mulai dari bahan, cara memasak/membuat sampai hasil jadinya.

Nggak hanya itu, Mbk Frida juga sering banget ngasih tips-tips yang remeh dan nggak sampai kepikiran, tapi pas lihat tips and triknya baru deh mbatin, oh iya ya..oh, iya juga ya.. Membuat tutorial masak itu sebenarnya susah-susah gampang, saya pertama kali bikin tutorial masak itu awal tahun 2016. Waktu itu saya bikin roti, dan minggu lalu saya bikin tutorial pempek dos (kapal selam).

Bagi saya, dengan adanya foto tutorial memasak jadi banyak tahu dan pingin nyoba. Apalagi kalau foto tutorialnya komplit, detail banget step by stepnya.

Susah nggak sih bikin tutorial memasak atau bikin kue?
Dibilang susah, ya nggak susah-susah banget sih. Dibilang gampang, ya nggak gampang-gampang amat. Yang penting dan utama adalah semua printilan, mulai dari kamera (tablet,hp, dll sampai bahan masakan siap. Setelah itu baru deh eksekusi, memfoto step by step nya.

Pengalaman saya kemarin pas bikin tutorial cara membuat pempek dos lumayan ribet. Ribet karena nggak ada yang bantu, jadi mandiri gitu. Tangan kanan ngepel-ngepel adonan, terus dipindah ke kanan kiri untuk difoto. Jadilah tablet saya banyak kena tepung hahaha. Sebenarnya bisa juga nggak belepotan, cuci tangan dulu,terus difoto. Atau kalau punya tripod, dudukan hp atau lazy tripod bisa aja lebih terbantu. Atau hp nya dibungkus pake plastik hehehe.

Yah, pokoknya bikin tutorial masak itu istimewa bangetlah. Makannya "jempol" deh buat Mbk Frida dan teman-teman yang hobi masak yang nyempetin untuk bikin tutorial masak.

Teman-teman, ada yang pernah bikin tutorial masak atau bikin kue??

9 comments:

  1. Saya suka lihat2 tutorial masak, tapi ga pernah praktek huehehehe.

    Kalau tutorialnya komplit memang lebih puas lihatnya daripada yang hanya tulisan panjang2 ya mbak. :)

    ReplyDelete
  2. Saya jg sering ngelike ig nya mba frida ini kyknya mba, 😁 sepertinya bikin tutorial memasak butuh waktu dan kesabaran yg tinggi kalo buat saya 😹

    ReplyDelete
  3. Suka juga mampir ke IG Mbak Frida. Rapi gitu tutorial masaknya, suka ngikutinnya. Pernah bikin tutorial masak, ya gitu, tangan kanan pegang kamera, tangan kiri eksekusi bahan masakan, hasilnya ya hape dan kamera kena bedak tepung atau kecipratan bumbu gitu...Saatnya ngebersihin peralatan tempur yeee

    ReplyDelete
  4. Membuat tutorial masak, dan dilakukan sendirian, itu luar biasa ya, Mbak...

    ReplyDelete
  5. hiyaaaa, saya belum pernah Mbak. *kudet banget deh saya
    cusss ahh intip juga
    tapi saya suka looh lihat postingan2 Mbak Zwan :D

    ReplyDelete
  6. Kalau aku suka ngikuti tutorialnya Mbak Lis Surya di Facebook. Kadang sama Mbak Lis dioper ke IGnya juga tapi lebih asik bacanya di FB.

    Seneng lihatnya, lihat tok gak pernah dipraktekkan hiyaaaa :D

    ReplyDelete
  7. kadang mau posting resep baru sadar ga bikin tutorialnya. biasanya sih krna lagi buru2 atau males. jadi cuma motret foto udah matengnya doang :D

    ReplyDelete
  8. Kalau saya mah gak sempet buat tutorial kayak gini hehe, tapi seru kalau liatin postingan masak-masakan tuh.

    ReplyDelete
  9. Kalau yang hoby banget masak, pasti mudah bikin tutorial memasak. Jadi pingin ikutan stalker instagramnya Mbak Frida, hahaha.

    ReplyDelete