Skip to main content

Hal-hal yang Paling Ingin Dilakukan di Usia 40 tahun

Hal-hal yang Paling Ingin Dilakukan di Usia 40 tahun. Beberapa waktu lalu ketika saya buka facebook, tiba-tiba mata langsung tertuju ke pengumuman di Kumpulan Emak Blogger. Minggu ini ada sesi menulis tematik #posttematik, yaitu tentang hal-hal yang paling ingin dilakukan di usia 40 tahun. Nggak pake lama saya langsung termenung sambil mikir, "aduh, 40 tahun??berarti aku mau tua!!", huhuhuhu..

Ngomongin soal usia 40 tahun, saya jadi ingat hadist nabi. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam "Umur umatku antara 60 tahun – 70 tahun, dan tidak banyak yang melebihi daripada itu". (HR. Imam Tirmizi).

Artinya, usia 40 tahun itu usia yang matang. Ada yang bilang bahwa diusia ini kita harus bertobat, tinggalkan hal-hal yang tidak baik, perbanyak berbuat baik, ibadah dan jauhi dosa. Ada juga yang bilang bahwa di usia ini kita akan mengalami perubahan fisik maupun psikologis. Untuk perempuan khususnya akan datang masa menopause. Dan satu lagi,usia 40 adalah usia mendekati kematian. Baca aja hadist diatas.

Baru nulis segini kok saya udah deg-degan ya, merinding rasanya bahas masalah usia.

Beberapa waktu lalu, emmm....udah lama sih sebenarnya. Saya sempat baca statusnya Mbk Donna Imelda tentang timeline hidup, jadi Mbk Donna in ngajarin anak-anaknya untuk bikin timeline hidup untuk 5 tahun mendatang. Termasuk resolusi, apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan tersebut. Nah, setelah baca itu saya langsung mikir, kira-kira 7 tahun yang akan datang apa aja yang sudah saya kerjakan ya??saya ngapain aja ya??dan banyak lagi...nggak habis-habis mikirnya,soalnya maunya banyak hahaha.

Sekarang usia saya 33 tahun, artinya 7 tahun lagi saya akan berusia 40 tahun. Ada banyak hal yang ingin saya lakukan diusia ini, tapi yang pingiinnn banget saya lakukan sementara ini ada dua. Selebihnya masih hal umum dan wajar, seperti giat dan rajin ibadah, mengurus anak, berkumpul dengan keluarga besar, menulis di blog, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang Paling Ingin Dilakukan di Usia 40 Tahun
1. Tinggal di rumah sendiri
Setelah menikah sampai sekarang, saya dan keluarga kecil tinggal berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain, dari satu pulau ke pulau lain. Selama itu, kami tingal di rumah kontrakan dengan barang yang tidak komplit, apa adanya.

Sebenarnya sempat tinggal dirumah sendiri waktu di Batam, tapi setelah 3 tahun suami di pindah ke Siak Riau karena ada proyek baru. Setelah 3 tahun di Siak Riau, kami pindah lagi ke Jawa Barat. Mau nggak mau rumah di kontrakin.

Tinggal di sebuah rumah kontrakan awalnya saya sangat menikmati, tapi setelah punya anak, lama-lama saya kok merasa bosan ya. Mau beli ini, mikir..mau beli itu mikir panjang...bingung aja rasanya, nanti kalau mendadak di pindah lagi gimana barang-barangnya?. Tuh kan, galau..

Jadi, 7 tahun yang akan datang (insya Allah) saya dan keluarga kecil ini sudah bisa tinggal di rumah sendiri, nggak tinggal di rumah kontrakan lagi. Entah itu kami balik dan tinggal di rumah kami di Batam, entah di rumah di kota manapun. Yang penting di rumah sendiri, aamiin.

Rasanya akhir-akhir ini saya dan suami udah kepengen banget tinggal di rumah sendiri, nggak pindah-pindah lagi. Capek gitu rasanya, udah lelah bangetlah hehe. Kepingin berkebun, mancul-mancul di taman, eh apa ya bahasa idonesianya mancul-mancul??hahaha....nyangkul maksudnya. Pokoknya bisa berkebunlah, karena saya dan suami suka banget utak atik taman. Masak di dapur yang nyaman, bersebelahan dengan taman terbuka. Bikin kue, camilan buat suami dan anak-anak dan tak lupa di foto lalu di post di instagram, itupun kalau ig masih eksis hahaha. Nggak hanya itu, banyak hal yang menyenangkan dilakukan di rumah bersama orang-orang tercinta. Betul nggak?. 
2. Punya usaha sendiri
Siapa sih yang nggak kepingin punya usaha sendiri??sebenarnya saya beberapa kali sempat punya usaha kecil-kecilan, semuanya handmade dan homemade. Yang pertama, waktu di tinggal di Batam sempat bikin kreasi dari flanel, mulai buat souvenir sampai hadiah. Lumayan lancar dan sempat ada pengiriman jumlah besar, tapi usaha ini berhenti ketika saya dapat panggilan interview dan akhirnya diterima menjadi guru di salah satu sekolah internasional di Batam. Dan pelan-pelan usaha ini gulung tikar.

Kedua, saya pernah bikin lulur bedak beras. Saya bikin sendiri, kebetulan dari dulu ibu saya selalu bikin lulur bedak beras, baik untuk badan maupun wajah. Lagi-lagi lulur bedak berasnya lancar, ada aja yang pesan, mulai dari yang 1/2 kg sampai 2 kg. Tapi usaha ini berhenti ketika saya positif hamil, lalu pelan-pelan stop produksi dan gulung tikar.

Sebenarnya akhir-akhir ini saya banyak tawaran untuk buka usaha online, yaitu jadi reseller untuk beberapa produk makanan. Tapi saya masih mikir-mikir, banyak yang harus dipertimbangkan.

Sebenarnya keinginan, eh sebenarnya bukan keinginan sih tapi kalau kata suami saya target. Target tahun depan kami harus bisa buka usaha sendiri, bahkan akhir-akhir ini suami sudah ngasih saya ide untuk coba jualan ini dan itu. Tapi jualannya online, karena kalau jualan online di rumah, saya bisa mengatur sendiri waktunya. Setelah semua urusan rumah beres, lanjut ngurus usaha, entah itu dari rumah atau di toko.

Jadi, 7 tahun yang akan datang (insya Allah) saya sudah punya rumah usaha sendiri,aamiin ya Allah. 

Untuk keinginan no 1, kami harus banyak berdo'a.. berdo'a semoga suatu saat suami nggak dipindah-pindah lagi kerjanya, di satu kota saja. Nah, untuk yang kedua ini rasa-rasanya masuk ke timeline hidup. Tujuannya sudah jelas, ingin punya usaha sendiri. Jadi, ini PR banget. Membuat rencana dan ide membuka usaha, kapan dimulai, apa yang akan dijual, dan lain sebagainya.

Itulah dua hal yang pingin (banget) saya lakukan di usia 40 tahun. Usaha tanpa do'a akan sia-sia. Semoga semua di mudah dan lancarkan, aamiin.

Teman-teman, apa sih yang paling ingin kalian lakukan di usia 40 tahun??

Comments

  1. aamin Yra.. Semoga impiannya terkabulkan semua

    ReplyDelete
  2. Semoga tercapai ya mbk amiiiinnnnn

    ReplyDelete
  3. Baca postingan tematik KEB tema ini bikin aku banyak berfikir juga dan kebanyakan sedih terharu, semoga usiaku sampai di angka cantik itu melihat anak-anak tumbuh dewasa. Aamiin

    ReplyDelete
  4. aamiin semoga tercapai ya mba..

    btw kisah usaha kecil2nya mirip aku ujungnya gulung tikar karena kalau aku mah ga konsisten n tekun mba jadinya ujungnya usaha teh selalu gulung tikar hehehe

    ReplyDelete
  5. Amiin, semoga semua tercapai yang ingin dilakukan di usia 40 tahun nanti ^^

    ReplyDelete
  6. Wah, semoga bisa terkabulkan keinginannya ya Mba ^^ Amiin.

    ReplyDelete
  7. i feel u pisan. udah ngerasain jadi kontraktor (pengontrak rumah) selama 10 tahun. emang ga bebas mo ngapa2in krna bukan rumah sendiri. sabar yaa... suatu saat pasti bisa punya rumah sendiri, aamiin.

    skr ini just enjoy it, nikmati kukurilingan. mumpung aqla belun skolah n ga dipusingin ama urusan pindah sekolah pas mau pindah kota. semangaat :)

    ReplyDelete
  8. Dulu saat kerja, daku ingin berhenti di usia 40 tahun, ternyata belum 40 udah pensiun dini, Alhamdulillah :)
    Trus keinginan lain di usia 40 tahun, bebas dari riba, tiga tahun lagi mau umur 50 tahun, baru bisa bebas riba nanti umur 49 tahun :(
    Semoga usaha untuk berdagangnya segera tercapai ya, Zwan :)

    ReplyDelete
  9. Poin 1 dan 2 pengen banget saya lakukan juga sebelum usia 40

    ReplyDelete
  10. Aamiin. Insya Allah dikabulkan.

    Saya gak pernah mengontrak, tapi selama ini tinggal ma orang tua karena beberapa alasan. Setelah sekian lama, baru tahun ini impian saya tercapai. Iyess, ketika usia 40 tahun. Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  11. Mbaaa, nomor satu sama persis sama aku. Gini ya nasib nomaden. Kadang mupeng kalau liat rumah bagus dengan interior sesuka hati. Kita jangankan mau mikirin interior, mau beli sesuatu aja mikir2, sayang kalau nanti pindah repot :(
    Minimalis banget, bahkan di dapurku cuma ada satu wajan, satu teflon dan dua panci. Hahaha. Saling mendoakan yaa, semoga Allah menyampaikan umur kita sampai punya rumah sendiri. Amin^^

    ReplyDelete
  12. Moga kesampaian impiannya di 40th ya maaak. Ternyata usia kita sebaya yaaah..

    ReplyDelete
  13. Sama nih mbk dengan saya. Pengen juga punya rumah sendiri , apalagi kesempatan dekorasi rumahnya lebih besar. Bebas berekspresi..

    ReplyDelete
  14. inshaallah kesampaian, masih ada 7 tahun lagi , semenara aku tahun depan sudah 40 dan rasanya impian membawa mamak papa ke baitullah semakin pupus hiiks...

    ReplyDelete
  15. Ternyata kita umurnya ngga jauh to, hehehe. Tujuh tahun lagi masih lama tuh Mbak~

    ReplyDelete
  16. Semoga segera bisa punya usaha sendiri, ya Mbak
    Saya pun sekarang sedang jalankan bisnis fashion anak dan wanita dewasa

    ReplyDelete
  17. Umur 40 yaaa.. 4 thn lg itu hahahaha.. Yg pasti sih pgnnya umur segitu aku da suami sudah financial free :) . Fokus utama udh ga nyari duit, tapi mengembangkan duit dengan investasi .. Tapi yg pasti sih mba, umur 40, aku pgn ttp berani melakukan hal2 ekstreme sprti yg skr aku srg lakuin :p

    ReplyDelete
  18. amiin, ya mbak.
    smoga usiaku sampe ya.. aminn

    ReplyDelete
  19. Amin, semoga keinginan Mbak HM Zwan untuk memiliki rumah sendiri dan punya usaha sendiri bisa tercapai. Tidak ada yang tidak mungkin. Pokoknya harus berdoa dan berusaha.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.