Skip to main content

Resep Masak Sayur Santan Nangka Penggugah Selera

Di penghujung tahun, bulan Oktober, November hingga Desember banyak pohon yang berbuah. Mulai dari nangka, rambutan, hingga durian. Tak ada salahnya mencoba membuat masakan dari salah satu buah yang melimpah di akhir tahun. Kali ini akan dibagikan resep sayur santan nangka yang akan menggugah selera makan Anda.
Beberapa bumbu untuk masak sayur santan nangka,salah satunya menggunakan Sasa Santan Kelapa

Nangka yang diolah kali ini adalah nangka muda yang masih memiliki rasa tawar. Berbeda dengan nangka yang sudah matang dengan rasa yang manis. Dari segi tekstur juga berbeda, nangka mudah lebih kasar dan keras. Sedang nangka matang memiliki tekstur yang lebih lembek. Tapi bila dijadikan masakan, nangka muda jauh lebih nikmat. Biasanya warnanya masih putih, tidak kuning sebagaimana kalau sudah matang.

Resep Masak Sayur Santan Nangka
Nah untuk membuat Sayur Nangka yang nikmat, kita membutuhkan beberapa bahan dan bumbu. Termasuk nangka muda itu sendiri. Maka kita harus menyiapkan bahan – bahan sebagai berikut:
Nangka secukupnya sesuai selera untuk takarannya. Gunakan nangka mentah atau gori ya. Tapi ingat, jangan yang terlalu muda, sebab kalau terlalu muda rasa kenyalnya belum ada. Malah nanti yang ada hanya rasa hambar. Juga jangan yang terlalu tua yang duah kuning. Pilihlah yang masih muda tapi sudah membentuk nangka.
Santan secukupnya. Bisa dengan santan instan atau kelapa yang diparut. Kalau mau rasa yang lebih enak, pilih saja Sasa Santan Kelapa. Pasalnya santan yang satu ini punya kualitas yang bagus karena diolah dengan proses modern. Bahkan ia dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Dari segi aroma, Sasa Santan Kelapa memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas, padahal ia tanpa pengawet. Makanya tidak salah bila banyak yang bilang kalau Sasa Santan Kelapa cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman.
Sayur nangka yang nikmat.. (foto : selerasa.com)

Siapkan bumbu juga, yang terdiri dari:
1 bungkus tepung kunyit
3 biji kemiri
1 ruas lengkuas
1 ruas jahe
1 biji cabe keriting 
3 biji bawang merah dan bawang putih
Garam dan gula secukupnya
Kaldu yang bisa didapat secara instan. Bisa kaldu ayam atau jamur.
1 lembar daun jeruk

Setelah bahan dan bumbu siap, mari kita lakukan proses memasak. Bersihkan nangka. Ambil yang bagian daging. Bisa juga bijinya diikutkan. Karena rasa biji nangka juga tak kalah sedap dari daging nangka. Rebus nangka hingga getah hilang. Jangan terlalu lembek karena baru permulaan dan akan dimasak lagi dengan berbagai bumbu yang sedap. Siapkan bumbu ke dalam cobek dan ulek bumbu tersebut (kunyit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, cabe keriting dan kemiri) Siapkan santan dengan dua jenis. Santan kental dan sedikit encer.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak secukupnya hingga tercium aroma yang membuat air liur terproduksi banyak. Masukan nangka yang tadi sudah direbus. Aduk nangka dengan bumbu hingga rata. Tambahkan santan cair dan garam serta gula secukupnya. Tambahkan daun jeruk dan kaldu secukupnya. Campurkan santan kental tadi. Aduk terus hingga mendidih jangan sampai santan pecah. Matikan kompor setelah masakan mendidih. Angkat dan sajikan dengan hangat-hangat bersama nasi. Nikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Gimana, mudah kan bikin sayur santan yang enak. Dengan bumbu lengkap dan tentunya menggunakan Sasa Santan, Aslinya Santan yang membuat masakan menjadi semakin nikmat.

Comments

  1. Duh pagi pagi lihat beginian jadi inget kalo belum sarapan. Hehehe

    ReplyDelete
  2. wah, sama mbak aku kalau masak sayur nangka lebih mudah pakai santan sasa, hehe praktis gak perlu meres-meres dulu, kerjaan lain jadi kepegang juga

    ReplyDelete
  3. ya ampuuun mbaaaa..aku ngiler berat! Udah lama banget ngga makan sayur nangka hehehe...mau aaah buat :)

    ReplyDelete
  4. Sayur nangka kayaknya legend. Mau dicampur aja tetep enak. Dia ada diberbagai musim dan waktu. Nais inpo

    ReplyDelete
  5. Mantap sayurnya. Dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk jadi tambah nikmat

    ReplyDelete
  6. santan nangka memang enak dan bergizi, apalagi makannya rame-rame bareng keluarga.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say