Skip to main content

Serunya Bermain Menggunakan Metode Montessori di Rumah


Serunya Bermain Menggunakan Metode Montessori di Rumah. Ngomongin soal metode montessori, metode ini sudah banyak dipraktekkan di banyak sekolah terutama sekolah pendidikan usia dini. Mulai dari paud, taman kanak-kanak dan penggiat homeschooling. Teman-teman pasti udah pada tau kan metode montessori itu apa, soalnya beberapa tahun terakhir sedang hits. Jadi intinya metode montessori itu kegiatan edukatif yang banyak dituangkan dalam bentuk permainan. Tujuannya agar anak-anak bisa belajar segala sesuatu dengan mandiri.

Kegiatan bermain menggunakan metode montessori tidak hanya bisa dilakukan di sekolah, tapi bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Banyak sekali manfaat daripada metode montessori, diantaranya mengasah motorik halus, melatih koordinasi mata dan tangan, mengasah imajinasi, menstimulasi otak kanan dan kiri, melatih indera sensorik, melatih fokus, konsentrasi dan lain sebagainya.

Ide membuat kegiatan montessori di rumah
1. Instagram
Berterima kasih sekali kepada internet, karenanya kita bisa mencari tahu banyak hal melalui internet. Salah satunya melalui media social, misalnya instagram, media yang banyak digunakan oleh orang Indonesia khususnya. Melalui instagram, kita bisa cari ide kegiatan yang akan kita lakukkan dirumah bersama anak.

Dengan menulis tagar #montessoridirumah saja kita sudah bisa melihat banyak sekali contoh kegiatan. Mulai dari hal yang paling sederhana, menggunakan bahan dan alat yang ada di rumah sampai menggunakan peralatan yang mau tidak mau harus beli.

2. Pinterest
Selain mencari lewat instagram, kita juga bisa cari ide kegiatan montessori di rumah lewat pinterest. Kalau di pinterest hampir sama seperti instagram. Berbagai ide kegiatan montessori di rumah banyak bertebaran disana.

3. Google
Nah, kalo kita searching di google, sudah dipastikan banyak sekali info seputar kegiatan montessori di rumah. Tidak hanya ide kegiatan bermain saja, tapi banyak info bacaan, DIY dan printable yang kita bisa tiru dan print untuk digunakan dan dipraktekkan di rumah bersama anak.

Kalau misalnya kita sudah disibukkan dengan kegiatan diluar rumah sehingga tidak bisa membuat permainan sendiri untuk anak. Kita bisa beli kok, apa sih yang nggak ada di zaman now. Semua ada dan dipermudah, termasuk membeli alat permainan atau busy book. Kita bisa membelinya di toko buku atau toko online murah yang menyediakan segala barang yang kita butuhkan. Mulai dari buku, permainana anak sampai baju muslim model terbaru sekalipun ada.

Contoh permainan dan kegiatan sederhana menggunakan metode montessori di rumah

1. Stick drop
Misalnya menggunakan bekas botol air mineral dan stick es krim. Kegiatan ini melatih koordinasi mata dan tangan, melatih fokus dan konsentrasi, serta bisa juga belajar berhitung.
2. Bermain water beads
Menggunakan water beads yang harus di rendam dulu selama beberapa jam, setelah itu water beads akan mengembang dan bisa langsung dimainkan. Untuk kegiatan bermain menggunakan water beads, sebisa mungkin bagi anak usia 2 tahun ke baeah harus diawasi. Takutnya dimakan atau tanpa sengaja di masukkan ke dalam mulut.

Kegiatan ini melatih sensori anak, khususnya sensori raba. Anak senang sekali bermain water beads, selain karena warna warni, teksturnya licin sehingga mrmbuat anak-anak gemas dan ada saja ide yang berkembang saat bermain water beads.

3. Memasukkan kacang hijau ke dalam botol
Alat dan bahannya menggunakan kacang hijau yang ditaruh di wadah dan bekas botol minuman. Kalau misalnya nggak ada, bisa pakai yang ada di rumah, bisa pakai beras atau biji-bijian, tempatnya selain botol bisa pakai cangkir atau gelas plastik. Anak diinstruksikan untuk memasukkan kacsng hijau ke dalam botol.

Kegiatan ini melatih koordinasi mata dan tangan, menstimulasi sensori tangan, terutama saat memegang dan meraba tekstur kacang hijau, melatih fokus dan konsentrasi.

Baca juga Ayo Main : Memasukkan Kacang Hijau ke dalam Botol

Bagi saya, bermain dan melakukan kegiatan menggunakan metode montessori di rumah sangat menyenangkan. Setiap waktu saya disibukkan dengan banyak ide bermain di kepala, yang mau tidak mau harus saya tulis di buku notes. Kemudian jika anak tidur dan pekerjaan rumah sudah beres, saya langsung membuat mainan dari apa saja termasuk barang bekas. Kemudian esok harinya saya mainkan bersama anak. Alhamdulillah, senang banget rasanya.

Teman-teman, ada yang punya cerita serupa??ayo dong sharing..

Comments

  1. Serunyaaaa :) Untuk montessori kebetulan aku punya pengalaman di preschool, jadi bisa dipraktekkan sama keponakanku. Keuntungannya jadi gak perlu sering-sering ke preschool (keponakanku usianya 2 tahun), soalnya bisa dilakukan di rumah :)

    ReplyDelete
  2. Aku tergolong jarang bikin mainan di rumah buat anak, seringnya beli atau palingan bikin play douh.

    ReplyDelete
  3. waktu kita kecil dulu mainan apa ya waktu belum ada jaman socmed? ama nyokap kita dulu dikasi apaan yak? gak inget :))

    ReplyDelete
  4. Aku dulu ngirain montesorri itu sekolah non muslim loh, ternyata nama metode belajar ya. Sekarang banyak sarana kreatif buat anak di rumah.

    ReplyDelete
  5. saya yang udah segede gini aja masih suka main water beads. Enak dipegangnya, kenyal-kenyal gimana gitu :D

    ReplyDelete
  6. wah , ibu memang harus banyak ilmu ya, agar anak terdidik dg baik di rumah

    ReplyDelete
  7. Dari permainan-permainan sederhana tapi bagus banget ya buat perkembangan motorik dan kreatifitas anak :) TFS kak!

    ReplyDelete
  8. Hm apa ya? Paling permainan minum teh. Tapi bukan plastik ya beneran beling krn mnrt montessori itu melatih motorik anak...

    ReplyDelete
  9. inspiratif banget yaa mbak, bisa jadi ide baru ne untuk bermain anak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.