Wednesday 13 January 2016

Yang Lain dari Jamu Bersalin


Kalau kemarin saya bahas tentang jamu bersalin yang untuk diminum, maka, kali ini saya mau bahas tentang jamu bersalin obat luar atau jamu yang tidak untuk diminum. Lah, emang ada??ada dong, saya juga tahunya pas buka kotaknya hehe. Jadi, jamu set bersalin ini isinya ada dua varian, jamu untuk diminum dan tidak diminum. Yang diminum sudah dikemas dalam wadah sasetan, sedangkan yang tidak diminum dikemas dalam plastik-plastik ukuran kecil. Totalnya ada enam, lima berupa lulur, dan satunya lagi minyak telon. 

Yang Lain dari Jamu Bersalin
Pilis : Khasiatnya, membantu meredakan sakit kepala dan mata berkunang-kunang pada wanita setelah bersalin. Caranya, lumatkan sedikit pilis dengan air hangat secukupnya, lalu piliskan atau poleskan pada dahi dan pelipis. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore. Biasaya saya memakai pilis setelah wuwung atau mandi pagi, yang saya rasakan, cukup menghangatkan daerah dahi.

Tapel wangi : Khasiatnya, dapat membantu mengencangkan otot perut dan meredakan perut kembung. Caranya, lumatkan sedikit tapel wangi dengan air hangat secukupnya, lalu oles atau poleskan pada perut bagian bawah, setelah itu pakai gurita atau setagen. Biasanya saya pakai tapel wangi setelah mandi, setelah itu baru pakai kendit/bengkung/setagen.

Param beras kencur : Khasiatnya, untuk meredakan pegal linu dan nyeri karena keseleo atau salah urat, serta menyegarkan badan. Caranya, lumatkan sedikit param beras kencur dengan air secukupnya, lalu oleskan pada bagian yang badan yang sakit. Biasanya sebelum tidur, ibu selalu memijat kaki saya (dari paha sampai telapak kaki) dengan menolesi param beras kencur. Yang saya rasakan, panas, lumayan enak dan buat tidur nyenyak hehehe.

Param mustajab : Khasiat dan caranya sama seperti param beras kencur.

Bedak intisari : Khasitanya, membantu menyegarkan dan menghaluskan kulit. Bedak intisari ini semacam bedak dingin atau lulur wajah.

Serba Serbi Pakai Jamu Bersalin Obat Luar
1. Nostalgia masa lalu
Bukan masa lalu saya, lha wong saya baru pertama kali nyobain jamu bersalin yang obat luar. Jadi yang nostalgia itu ibu saya, biasanya pas saya sedang pakai pilis atau tapel wangi, ibu cerita masa lalunya. Termasuk bagaimana meracik jamu, wuwung atau mandi jam 10 pagi di sungai, setelah itu wajib pakai pilis yang dioles di dahi. Jadi, mau tidak mau saya dapat cerita pengalaman ibu saat sesudah melahirkan dulu.
2. Luluran dan pijetan sebum tidur
Kebetulan sekarang saya ditemani ibu, jadi sudah dipastikan saya jarang ngerjain pekerjaan rumah tangga. Ngeunjak ya???bukan ngelunjak, tapi bener-bener nggak boleh kerja sama ibu, jadi bener-bener cuma disuruh jagain si dedek bayi. Setiap malam sebelum tidur, ibu selalu bobokin atau ngelulurin plus mijetin saya sebelum tidur pakai param mustajab. Yang dikasih param biasanya daerah punggung dan kaki, rasanya, uwwww....panas, hangat, dan pastinya bikin nyenyak tidur, beneran, ini nggak bohong hehehe.

Selain jadi tahu banyak hal, ternyata jamu bersalin obat luar ini sudah ada sejak lama, bahkan sejak ibu saya muda dulu. Dan, namanya juga masih sama, pilis, tapel wangi dan param. Kalau bedak intisari, dulunya dikenal dengan nama bedak dingin, sama seperti lulur untuk perawatan wajah.

Teman-teman ada yang pernah pakai jamu bersalin obat luar nggak??


***





12 comments:

  1. Wiiih. Gak nyangka sebanyak itu Mbak. Jaman kecil dulu *lagi-lagi nostalgia* taunya ada jamu luar memang tapi gak pernah perhatiin. Pas habis istri lahiran gak pake juga soalnya. hehehe.

    ReplyDelete
  2. baru tahu kalau ada jamu yg tdk diminum. Tapi appa pas kah klw itu disebut jamu mbak? Hmm

    ReplyDelete
  3. Itu jamu dah luamaaaa bgt, tp tetap byk yg suka

    ReplyDelete
  4. Pilis itu warnanya kuning bukan? Keinget sodaraku yg pake juga hbs lairan dulu.

    ReplyDelete
  5. banyak jamunya ya, mba. jadi inget ibuku dulu ga doyan jamu tapi karena disuruh minum biar singset lagi akhirnya mau aja. hehe :D

    ReplyDelete
  6. aku gak suka jamu-jamuan kecuali dipakein madu :)

    ReplyDelete
  7. aku pake param mbak, buat yg atas dan buat yg bawah...anget2 dingin rasanya di badan :)

    ReplyDelete
  8. saya pake obat herbal, ya jamu juga...:D

    ReplyDelete
  9. Gak pernah pake jamu bersalin. Habis operasi, diwanti-wanti banget biar gak minum jamu.

    ReplyDelete
  10. Dulu dibeliin jamu parem untuk capek2.

    ReplyDelete
  11. jadi ingat dulu persiapan jamu habis bersalin beli lengkap banget sekotak, eh tapi malah gak ada yg dipake :(

    ReplyDelete
  12. pernah coba sekali tapi rasanya ngga bangeeet mba hehe

    ReplyDelete