Saturday, 1 August 2015

Wajib Bawa Bekal Saat Keluar Rumah

Finally....ngerasain juga gimana kondisi fisik dan psikis saat hamil, seperti banyak yang diceritakan orang, mulai dari teman, keluarga, tetangga dan orang yang baru kenal di rumah sakit dan klinik. Gimana rasanya??alhamdulillah, sesuatu kakakkkk....

Ngomongin kondisi fisik di trimester pertama, rasanya nggak karuan (termasuk sering nangis karena nggak tahan dan kaget hahaha), campur aduk, mulai dari yang mual, muntah, perut rasanya beda, badan capek, nggak nafsu makan, tiba-tiba pusing dan masih banyak lagi. Obatnya bisa bermacam-macam, tergantung masing-masing individu. Pengalaman saya selama beberapa bulan ini, kalau nggak nafsu makan, sebisa mungkin ada makanan yang masuk ke perut meskipun sedikit, alternatif lain makan buah (apalagi yang baru ambil dari kulkas) biar seger di badan. Kalau mual dan pingin muntah, sebisa mungkin tidak minum obat mual (kalau bener-bener nggak kuat baru minum obat), saya minumin madu hangat, duh rasanya, enak banget di perut dan badan.

Masuk trimester kedua, rasanya berbeda lagi, sudah bisa masak hehe. Mual sudah hilang perlahan, tapi disini kondisi psikis mulai diuji. Lapar yang menggila, jadi lumayan rada emosi, "Kenapa lapar terus??tadi udah makan nasi....tadi udah makan apel satu, roti....tadi udah diminumin susu, lapar lagi dimakanin pisang dua, lapar lagi dimakanain roti". Fiuh, rasanya capek makan terus tapi mau nggak mau perut minta diisi, jadi intinya harus makan.

Wajib Bawa Bekal Saat Keluar Rumah
Pernah satu hari saya keluar rumah sebentar, hanya ke kantor pos untuk mengambil paket, saat itu pukul 09.00 dan saya sudah sarapan buah dan nasi pukul 07.00. Di pertengahan jalan tiba-tiba perut mual dan pingin muntah, saat itu saya belum tahu kalau rasa mual itu datang ketika perut minta diisi (kok bisa ya???). Karena di mobil tidak ada stok makanan apalagi minuman, akhirnya saya ke kedai untuk membeli minuman dan roti. Kesimpulannya, mual dan rasa ingin muntah hilang, dari situlah saya mulai sadar diri, kalau keluar rumah wajib bawa bekal. Biar apa???biar aman hehehe.
Jadi, sekarang kalau keluar rumah pasti bawa bekal sekeresek. Daripada nunggu mual dan piingin muntah di pertengahan jalan, kemudian bingung cari kedai untuk beli makanan dan minuman, lebih baik bawa bekal dari rumah, lebih aman. Kalau kontrol ke dokter biasanya saya bawa kotak isi nasi  beerta lauk pauknya dan roti di toples, karena lumayan lama juga, kan antri. Kalau hanya jalan sore atau cari bensin (tempatnya lumayan jauh, 20 menit dari kota), biasanya hanya bawa roti dan minuman. Kadang pingin banget makanan yang enak,  tapi berhubung di Siak Riau ini kota kecil, jadi seringnya stok belum sampai sini. Yaa...kalau mau berjuang demi mendapatkan makanan yang diinginkan, harus ke Pekanbaru yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam, kebayang jauhnya. Tapi baru inget kalau di Lazada juga menjual produk makanan dan minuman pula, lebih praktis juga kan nggak harus ke Pekanbaru.

Jadi, selain hobi makan, sekarang saya sudah bisa mensisati kalau tiba-tiba tanda ingin mual datang, harus buru-buru ambil makanan. Kalaupun makan buah dan roti masih juga krucuk-krucuk perutnya, artinya harus ambil piring dan makan nasi hehehe. Alhamdulillah, hamil itu sesuatu hehehe. Semoga sehat selalu aamiin....

*****







44 comments:

  1. Wohooo.. Bener banget Is. Masuk trisemester kedua, kalap makan. Aku dl juga selalu bawa bekal. Antisipasi lapar.

    ReplyDelete
  2. Baca ini jadi keingat pengalaman hamil saya dulu yang bawaannya lapaar ajaa. Tapi begitu dikasih makanan bawaannya eneg. Apalagi kalau sudah kebau-an orang masak langsung mual-mual. Jadi kemana-mana harus bawa minyak kayu putih

    ReplyDelete
  3. Mumpung bisa makan tanpa rasa bersalah brli deh tu biscuit ovaltine banyak2 :)

    ReplyDelete
  4. kalap makan ya mbak..sama...nggak mikirin berat badan naik brapa yg penting kenyang dan dede bayi sehat...hehehe

    ReplyDelete
  5. Sekali nyoba ovaltine langsung nagih deh :D

    ReplyDelete
  6. Camilan emang penting bgt dibawa pas ke luar rumah. :D Alhamdulillaah ya ngga mual2 lagi. ;)

    ReplyDelete
  7. Efek lagi hamil ya mbak jadinya laper mulu, untung tersedia biscuit ovaltime ;)

    ReplyDelete
  8. istri juga lagi hamil nih.. goodtime terus bawaannya klo ke kantor :D, ditunggu kunjungan baliknya ya

    ReplyDelete
  9. Ah, Mak Hana sih iya kudu terus bawa makanan. Lha, aku, gak hamil pun selalu bawa makanan. Jadinya gak kurus-kurus deh. Alesannya busui perlu makanan tambahan... :D

    ReplyDelete
  10. Baru tau kalau ovomaltin ada biskuitnya... Semoga lancar ya Mba kehamilannya :)

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah bisa tetap makan walau sedang mual
    ntar lagi mudah2an mual2nya ilang

    ReplyDelete
  12. Kalo saya mual karena Maag.. kalau belum makan.. hehehe :)

    ReplyDelete
  13. wah alhamdulillah..insya allah semakin lama semakin nyaman ya...

    ReplyDelete
  14. saya siiih kalo keluar jalan2, nggak pernah bawa bekal sih, takutnya nyamil terus, ntar makin gendut, hehe

    Bumil dijaga ya kandungannyaaaa

    ReplyDelete
  15. aamiin..semoga sehat terus dede bayi dan bundanya :)

    ReplyDelete
  16. Wiih baru tahu kabar bahagia ini ... selamat ya Mbak Han ... ikut bahagia juga.
    Kehamilan memang rasanya sesuatu tapi harus dinikmati biar hati adem ya, Mbak

    Semoga kehamilannya lancar dan sehat teruuus :)

    ReplyDelete
  17. smoga sehat slalu ya mba...
    ga kerasa ih udah masuk semester 2 lg *ya iyalah ga ikut ngerasain mual2nya* :D

    ReplyDelete
  18. Selamat atas kehamilannya, Mbak. Amanah dari Tuhan yang sangat diidamkan oleh suami-istri. Semoga sehat selalu, ya.

    ReplyDelete
  19. ya ampun ovomaltinenya aja aku belum nyobain ini ada kuenya :)

    ReplyDelete
  20. Aku demen nya malah jajan di luar hehehe

    ReplyDelete
  21. Jadi inget jaman hamil dulu bawaannya mual terus, semua makanan tidak bisa masuk, bahkan sampai saya mau nyerah. Tapi alhamdulillah semuanya bisa saya lalui. Bumil wajib bawa cemilan sehat mba biar ibu dan dedek di perut sehat ya sampai lahiran...

    ReplyDelete
  22. Makanannya enak, mba. buat nyemil hehe

    ReplyDelete
  23. Benerrr... bawaannya lapar terus ya waktu hamil..jadi pingin hamil lagi *eh?

    ReplyDelete
  24. snack ini nih yg pengen saya coba tapi blm kesampean :)

    ReplyDelete
  25. Wah, pengalaman yang sama dengan saya saat hamil, hihihii

    ReplyDelete
  26. saya dua kali hamil, keduanya termasuk hamil kebo. Gak ngerasain mual dan muntah sama sekali. Tapi, memang kalau urusan perut, bawaannya lapar terus hahaha. Perhatikan juga supan garam, ya. Jangan sampe berlebihan :)

    ReplyDelete
  27. Bekal kalau perjalanan yg lama: air minum, permen, dan cemilan..

    ReplyDelete
  28. begitulah bumil... sy dl kl ke kantor pasti mampir dl di toko roti..belinya g cm satu tp satu kresek...qiqi...kr klo sdh lapar jd melow..

    ReplyDelete
  29. trimester 3 ntar nggragas gak bisa diberentiin sama suami...huakakakakkk....
    semoga lancar ya bumil.. *comot buskuitnya*

    ReplyDelete
  30. Selamat ya, semoga dilancarkan semuanya sampai melahirkan.

    ReplyDelete
  31. semoga mualna cepat berlalu ya hanna sehat ya bumiil..semangaat...

    ReplyDelete
  32. waah selamat yaaaah..
    semoga sehat terus ibu dan anak sampai lahir nanti. jaga kesehatan, jgn capek2 dulu.

    ReplyDelete
  33. bener mbakk harus bawa bekal dari rumah, diusahakan jangan makan di luar rumah apalagi yg gak terpercaya. aku sempat kena paratipus sampe opname.. sehat terus ya bumilsss :)

    ReplyDelete
  34. Waduh, aku gak hamil tapi lapar terus. Sarapan jam 7, jam 9 sudah gratakin kulkas, hahaha :D Ovomaltine nya enak banget tuh kayanya. Seneng ya sekarang semakin dipermudah kalau mau belanja makanan :)

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah yah Mbak udah masuk trimester 2, sehat selalu yaaaahh... kangeenn juga :*
    Hamil emang bawaannya lapar mulu yaaaa, heheheh

    ReplyDelete
  36. Semoga sehat terus bumil dan bayinya, lancar sampai lahiran nanti ya. Duh dari dulu pingin nyobain ovomaltine nggak kesampaian terus, kalo nutella sudah tau rasanya. Yuk, mari kita makan #eh :D

    ReplyDelete
  37. wah ketinggalan aku. ternyata beneran hamil to

    ReplyDelete
  38. Waaah Mbak Hanna maem terus ini. Kalo aku jadi Mbak Hanna kayaknya parno gemuk xD

    ReplyDelete
  39. Wah .... Selamat menunggu tangisan si kecil. :D

    ReplyDelete
  40. Bawaannya laper melulu yaaa mak.. Semoga lancaaar..

    ReplyDelete
  41. Wohooo pengin ngrasain juga.
    Sehat terus ya Mba..

    ReplyDelete