Wednesday, 25 March 2015

Kerupuk Kuah : Camilan Khas Riau

Nggak afdhol rasanya sudah hampir dua tahun menjejak tanah Melayu Riau, belum pernah menikmati camilan ringan yang bernama Kerupuk Kuah. Pertama kali melihat kerupuk kuah kalau nggak salah di blognya mak Lusi yang kebetulan dulu masih tinggal di Pekanbaru, sekarang sudah balik ke Jawa. Kebetulan pas masih ngekos di Siak dulu, beberapa kali sering dikasih kakak (panggilan untuk ibu kos) kerupuk kuah. Tapi kerupuknya tidak yang lebar seperti yang sering dijual, kerupuk singkong yang ukurannya sedang (diameter 5 sentian), tapi kerupuknya tebal. Biasanya kerupuk semacam ini ada di warung padang di Siak, untuk lauk tambahan. Kuahnya warna kuning, kental ditambah daun bawang dan seledri, jadi harumnya khas, rasanya pun enak. Paling asik di makan atau di cocol pas kuahnya masih hangat. Heummm.....sedapnyoo!!

Nah, pas jalan sore didaerah pecinan Siak. Sempat beberapa kali saya melihat salah satu penjual yang ramai sekali, ternyata jualan kerupuk kuah. Atas nama penasaran, saya ikutan antri untuk membeli kerupuk tersebut. Hanya beli satu, kerupuknya lebar, dikasih kuah, lalu ditambah mi bihun goreng dan ditambah kuah lagi.  Jadi deh kerupuk kuahnya, rasanya lumayan enak, seru ternyata makannya.  Benar-benar kayak anak SD ya hahaha... Ohya, untuk kuahnya, pas saya rasakan mirip sama kuah sate padang tapi yang ini teksturnya agak tebal. Kalau kuah sate padang kan agak encer gitu, tapi yang ini agak padet. Seru camilannya....boleh nih dicoba lagi, nagih soalnya hehe.


 Ambil kerupuknya
 Olesi dengan kuah,sampai rata
 Tambahkan bihun,lalu tuang lagi kuahnya
Taddaaa...kerupuk kuah siap disantap^^

Satu kerupuk buat berdua emang nggak kurang??kurang bangetttt, mau beli lagi kok ya malu sama anak-anak SD ya hahahaha. 
Teman-teman ada yang pernah makan kerupuk kuah??

****

31 comments:

  1. Enaknya itu, Mak. Mupeng aku. Di sini kayaknya ga ada. :( Aku paling doyan sate padang. Bihunnya itu amboiii menggoda!

    ReplyDelete
  2. Wahh... mirip Tortilla makanan dari Mexico yaa...Waktu SD saya suka banget sama jajanan Betawi. Kerupuk Mie warna kuning, disiram sambel kacang cair, rasanya pedes dan asem segerrr...

    ReplyDelete
  3. wah enak banget kerupuk kuahnya, pengen mencoba rasanya :D

    ReplyDelete
  4. Kerupuknya lebih mirip opak ya..

    ReplyDelete
  5. Aku kenal kerupuk begini di Bukittinggi Mba, jajanan anak sekolah yak emang. tapi aku sering beli di pedagang camilan keliling. Biasanya sama beli pensi, kerang dibumbuin gitu, wuenak yaa :D

    ReplyDelete
  6. saya mauuuuu...inget jaman SD, ada kerupuk sebesar itu, walaupun tanpa mie dan kuah..it looks soooo yumy indeed :)

    ReplyDelete
  7. Enaaaaaaakkk......
    Jadi pengen coba jual di sini nih mbak. beberapa kali lihat teman blogger nulis ini, hihi

    ReplyDelete
  8. menggoda sekali...
    susah ga mba, makannya? pake bihun segala :D

    ReplyDelete
  9. Wow... enak banget tuh kerupuknya. Kreatif ya yg bikin...

    ReplyDelete
  10. Mirip ama krupuk samiler yaa...? Tapi kalo samiler gak pake mi gitu...

    ReplyDelete
  11. kok pakai bihun segala? enak mbak? ngicip donk... hehehe

    ReplyDelete
  12. Wowww sepertinya lezat sekali
    Hheiheie huaaaaaaaaaaaaaaa jadi lapar e

    ReplyDelete
  13. Itu mirip krupuk samiler mbaaa hehee, pernah lihat dan belum pernah makan hehehe

    ReplyDelete
  14. saya udah lama banget gak makan kerupuk sprti di atas, di makan pakai sambel kacang encer :)

    ReplyDelete
  15. besar banget kerupuknya, aku pasti suka deh kalau maanan kaya gini miss

    ReplyDelete
  16. Besar sekali, mirip pizza, hihihi. Bikin laper lho lihatnya, aku belum pernah coba :)

    ReplyDelete
  17. liat itu jadi inget jajanan bandung ..namanya bubur kurupuk...kerupuk putih yang biasa di warung-warung di atasnya di simpan bubur dengan bumbu diatasnya sambal oncom....

    ReplyDelete
  18. waduh kerupuknya bikin berselera untuk makan nih bang ini dari riau ya

    ReplyDelete
  19. Mbak Hanna, ngiler liatnya. Enak :9 Etapi berarti bisa bikin sendiri juga dong? Kok kayaknya mudah begitu #songong :D

    ReplyDelete
  20. hmm, asli kerupuk ini enak banget. Jajanan aku waktu di Pekanbaru dulu.
    Satu kerupuk emang nggak cukup, pasti pengen nambah lagi..
    iiiy, jadi pengeen ;D

    ReplyDelete
  21. Sumpaaah pengin terbang sekarang juga ke Pekanbaru :))

    ReplyDelete
  22. Aku yakin aku akan menghabiskan kerupuk ini dri wajahnya aja udah endes...

    ReplyDelete
  23. pasti enak banget itu....
    kalo jaman saya sd, adanya "opak jangan", krupuk yang disiram pake sayur lodeh...hihihi

    ReplyDelete
  24. jaman SD dulu di jakarta kuahnya mah kuah kacang yah miss Hanna...
    ini kuahnya bedaa..jd penasaran sama rasanya..

    ah, Indonesia memang kaya kulinernya deh... hehehee

    ReplyDelete
  25. aku waktu dulu suka makan kerupuk singkong ini mak. tapi cuma sama saos aja sih :D
    kuahnya menggodaa

    ReplyDelete
  26. Klo di Kalimantan itu pake sambel petis, kgas banget deh, ciri masing2 daerah ya mak ;)

    ReplyDelete
  27. Aggghhh pgnnnn.blm prnh coba mba. Tp kok kyknya aku prnh liat cemilan bgini di bukittinggi ya...agak mirip. Kerupuknya diksh topping gt

    ReplyDelete
  28. Sering denger kerupuk kuah, tapi belum pernah coba. ;)
    Aku udah baca post ini tapi belum komen hahaha jadi isi komen sekarang ah ;)

    ReplyDelete
  29. saya ngelihatnya kayakanya makan satu aja kenyang. Tapi, gak taunya malah kirang, ya? Kalau saya kayaknya cuek aja kalau emang masih pengen lagi hahaha

    ReplyDelete
  30. Besar ya kerupuknya :D aku inget dulu lagi SD, suka beli kerupuk jengki (jengkol :p) trus atasnya dikasih bumbu kacang. Mirip2 kerupuk kuah Riau ya, bedanya gak pake bihun :)

    ReplyDelete