Tuesday, 27 January 2015

Serba-serbi Listrik Prabayar

"Yah, pakai listrik prabayar ya rumahnya?ribet kali" 
Begitulah gerutu saya saat pertama kali tahu bahwa rumah yag akan kami tempati menggunakan listrik prabayar. Karena terbiasa dengan listrik pascabayar, jadi menurut saya itu ribet banget.  Itulah ya kalau bisanya cuma membayangkan, padahal belum dilakukan. Akhirnya pas kami pindah rumah di meteran jumlah atau totalnya 8000an, namanya juga pertama kali pakai listrik prabayar, jadi galau, cemas dan bingung. Kok bisa??iya, bingung takut tiba-tiba mati byar pet malam-malam kan berabe. Pokoknya negatif terus pikirannya, maklum belum tahu. Akhirnya tanya di group WA, tetep nggak mudeng hehehe. Sore kami beli voucher pulsa di konter, beli yang 100.000. Karena kita nggak tau caranya, jadi otomatis tanya ke ibu-ibu yang jual, ladalah ibunya malah nggak tau.  Untung ada mbak-mbak yang dengan sukarela memberitahu caranya, tinggal pencet kode voucher, terus pencet tombol pojok warna biru, kalau totalnya bertambah berarti beres deh.  Yaelah gampang banget. 

Mendadak mati di siang hari
Hari ketiga pasca ngisi voucher, siang hari saya blender, setelah blender kok langsung mati lampu. Panik, langsung sms dan telpon suami. Disuruh cek meteran listrik, on atau off, ndilalah saya itu nggak tau yang mana on yang mana off wahahaha *istri macam apa*.  Suami menenangkan saya dan disuruh nunggu sampai dia pulang. Nggak mungkin juga saya diam saja, ngerecokin dan tanya-tanya di group WA. Sampai akhirnya satu jam kemudian kok tiba-tiba bangun tidur adem banget, wakz, ACnya kok nyala hahahaha *ketahuan deh noraknya*. Ternyata bukan pulsa habis tapi mati lampu hehehe *kucek diri sendiri*. 

Asiknya pakai listrik prabayar
Jika listrik pasca bayar kan kita menggunakan listrik terlebih dahulu baru kemudian membayar tagihannya di bulan berikutnya. Nah, kalau listrik prabayar kita membayar energi listrik dahulu baru bisa menggunakannya. Caranya seperti diatas, pembelian vouchernyapun bisa suka-suka kita, tidak harus langsung beli yang harga 100.000. Pokoknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Menurut saya yang sudah dua kali isi voucher, jatuhnya lebih mudah dan praktis. Nggak ada lagi tuh mas-mas yang datang untuk mencatat meteran hehe. 

Sekarang baru tahu mudahnya pakai listrik prabayar, mudah dalam artian nggak ribet seperti yang saya bayangkan hehe. 
Teman-teman ada yang punya pengalaman sama nggak??
 meterannya^^
 sms vouchernya
klik klik klik pencet yang warna biru, beres,yeay!!

****

61 comments:

  1. Wahaha, ternyata kita sama, mbaak! Saya juga dulu gitu. Saya pikir listrik prabayar bebas mati lampu bergilir karena kita sudah bayar di muka. Taunya sama ajaah.. :v

    Kalau saya sih biasa aja pakai yang prabayar. Benar tuh, praktis karena tinggal beli voucher. Yang masalahnya itu, kalau rumah tetangga kita juga pakai prabayar tapi nggak diisi ulang (misalnya tidak ada yang menempati/ kosong), Adududuh, bunyi alarmnya ganguuuu banget. Padahal bukan kita yang nggak bayar listrik, tapi ikutan di-"siksa" oleh PLN. Sungguh terlalu.... Padahal kalau nggak isi pulsa listrik kan tinggal padam aja, bunyi alarm sekali-sekali bolehlah, namanya juga ngingetin. Eh yang ada malah neror, salah fokus pula (neror tetangga)... Biasanya saya sampai susah tidur dengar alarmnya, mak.. *curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya,ini tetangga juga g dateng2,pulsanya abis,bunyi mulu hahaha

      Delete
  2. saya masih dicatet sama petugas meteran...kayanya satu komplek masih dicatet. abis kedengeran kalo dia datang, "misiiiii...listriiiiiik" :D enak juga pake kartu ya, bisa irit2. kalo dicatet, mikirnya...yg bayar suami ini hehe...duuuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ya mak,siang2 kadang gerbang dibuka sendiri

      Delete
  3. Ooo gitu ya ... abis saya masih 'kolot pake listrik model kuno - paskah bayar ... :P
    Bagus tuh untuk rumah kontrakan - dulu saya pernah kecolongan 'rumah BTN yg masih saya cicil dikontrak orang ... pas kontrak habis mereka pindah ... saya kurang teliti ... pas bulan depan saya bayar listrik ternyata ada tunggakan 2bulan .... kena deh saya ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wak,ngeri uga ya pak. harusnya sebelum keluar dicek dulu semuanya. buat pelajaran,mksh sharingnya pak,kbtulan rumah di batam juga kayaknya mau di kontrakin,kayaknya hehe

      Delete
  4. saya ga suka pakai sistem pra bayar. kejadiannya waktu 2 bulan yang lalu kebetulan jaringan online dari PLN nya mati. jd voucher tidak bisa dibeli dimanapun. m banking, atm, indomaret dll. akhirnya harus ngalamin mati lampu sendirian. sementara ada ASIP di rumah yg harus diselamatkan. ngeselin banget. dan baru bisa solve dalam waktu 12 jam!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya biasanya kalau masih 5000 diisi biar kalo ada apa2 nggak ngagetin hehe

      Delete
  5. Daku masih pakek pasca bayar mak hanna, soalnya rmh orang. Ngontrak maksudnye. Oke dah tfs ya mak, ntar dah kalau idh punye rmh sendiri bisa dipraktekin tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,pengalaman baru aja ini hehe.kebanyakan sekarang pakai voucher ya kontrakan rumah^^

      Delete
  6. Lengkap deh ulasannya mengenai listrik prabayar, saya di rumah juga udah pakai ini...

    ReplyDelete
  7. pas nikah pas kita ngontrak rumah, ya pastinya skrg banyakan kontrakan rumah makenya listrik prabayar ini hihihihi....
    pas seharian denger bunyi "tit tit tit tit tit...." ini suara apaan, dicari2 kok gk ketemu sumber bunyinya, suami pulang "yang, itu listriknya mau habis" dieeeeng! hahahahahaha dimana2 emak2 ini terima beres *ooops kok curcol ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...iya,sekarang banyak perum dan kontrakan yang pke voucher ya mbak :)

      Delete
  8. wa kunjungan pertama ni salam kenal mak
    bognya saya follow siapa tau bisa bermanfaat untuk saya kedepan.
    kalau berkenan boleh followback ya :)

    ReplyDelete
  9. memang ada positif negatifnya sih pakai lispin (listrik pintar atau listrik prabayar). Positifnya, kita bisa atur sendiri pemakaian tiap bulannya. Ngga ribet mesti bayar sebelum tgl 20 tiap bulannya. Ngga takut diputus atau didenda kalau telat bayar, dll.. Negatifnya yaa itu tadi, kalau pas abis pulsanya, dan semua tempat yang jual pulsa offline, walhasil walamat menikmati mati listrik deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm.. buat yang pakai IOS, ada aplikasi pembelian token (tadi sempat liat iklannya di sosmed). Semoga bermanfaat :)

      ashtrella.blogspot.com

      Delete
    2. antisipasinya,setiap pulas masih 5000 harus diisi,biar nggak kehabisan bangetttt...hehe
      sip mbak^^

      Delete
  10. Hihihi, parnonya sama dengan apa yang kupikirkan tentang listrik pra bayar selama ini :D
    Kalo anak kos sih, lebih seneng pasca bayar. biar gak ribet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaah.....anak kos banget tuh^^

      Delete
  11. Mba, yg listrik mati itu aku bangeeet.
    Sampai suami ga jadi lembur dan cepet2 pulang kirain listrik error.
    Ternyata mati dari PLN :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tos duluuu,sehati berarti kita xixixxi

      Delete
  12. wah kece mbak udah pake yg berbayar lagi hehe itu bolehd ah saya ikutan nagdem haseehh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha....iya nih,lumayan. sinni,depan silir2

      Delete
  13. begitulah balada listrik pra bayar.
    sering mati mungkin jadi yang paling ngekiin ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sering,pas kebetulan pertama kali pakai,terus mati lampu hehe

      Delete
  14. Aaaak bulan depan aku mulai make. Aku galaaaw

    ReplyDelete
  15. dan sekarang.......makin mahal donggggggg huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya???belum beli lagi mak hehe

      Delete
  16. Ada dua rumah saya yang mengunakan voucer tapi karena semuanya dikontrakin ya saya sampai sekarang malah belum rahu cara ngisinya....tapi gambarannya sih sudah tahu tinggal praktek ngisinya aja nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..kapan2 di coba pak biar tahu hehe

      Delete
  17. sama mbak disini listrik prabayar di tempatku sering mati lampu, kadang aku komplen ke pln nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya??untung disini nggak sering,pernah cuma sebentar.

      Delete
    2. yah,langsung mati lampu deh hahaha...panjang umur nih pln

      Delete
  18. Dirumah pake listrik pasca bayar, dapat pengalaman dikit dari pembeli voucher yang sekalian curhat " Tolong diisiin pulsa 100 dong, udah bunyi-bunyi nih" Oh..oke..artinya listriknya ga bakal ujug-ujug mati gitu aja, bakal ada pemberitahuan dulu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....iya mbak,bunyi atau ada alarm itu kalau nggak asalah 1000an kalau nggak salah.

      Delete
  19. saya dirumah masih pakai yang pasca bayar mak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru ini mbak,pertama kali hehe

      Delete
  20. oh jadi kita beli voucher gitu yaa ...

    ReplyDelete
  21. kalo di rumah saya sih masih menggunakan yang jadul jadi masih dateng tiap bulan ke tempat pembayaran, lebh praktis pake prabayar ya pak, tapi mungkin di daerah saya sulit mencari isi ulang voucher nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mbak bukan pak hehehe....
      isi ulangnya bisa beli di konter mbak ^^

      Delete
  22. Listrik saya masih yang paska bayar, Mak. Eh, jadi inget belom bayar listrik sekarang ini, hahahhaha...

    ReplyDelete
  23. betul mak...tapi agak malu kalau pulsanya abis...agak brisik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan bisa disiasati,kalau saya.biasanya tinggal 5000 atau 3000an udah harus beli mbak^^

      Delete
  24. Lebih praktis jadinya ya mak, tapi mesti inget sendiri kalau pulsa sudah mau abis, sudah harus diisi. Klo lupa isi, trus mati lampu kan bisa gawat hiihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya,jadi harus ngecek.biasanya sebelum habis bis bis ada alarm kok mak^^

      Delete
  25. saya pake yang pra bayar untuk yang warnet aja. Kalau di rumah sih masih pake yang pasca :D

    ReplyDelete
  26. tetangga ada yang pakai listrik pra bayar, pas pulsanya habis, bunyi tit yang artinya minta di isi, pas tempat beli voucher jauh, hehehehe resikonya seperti ini, tapi kalau rajin di perhartikan pasti tidak ada masalah

    ReplyDelete
  27. walah gitu caranya to hehe...aku juga nggak tau wong di rumah pakenya listrik pasca bayar.

    ReplyDelete
  28. Kalau di rumah kami masih jadul pake meteran pln,, utk toko sudah pakai yg pra bayar.. Yg bikin harus beli pulsa sebelum habis adalah hebohnya sirine tanda udah mau habis.. Tapi kalau dibandingkan dengan pasca bayar, listrik ber voucher kok terasa lebih irit ya atau hanya perasaan saya saja.. Salam kenal yaa mba.. ^_^

    ReplyDelete
  29. Hwaaahh mak..
    kurang detaillll apa plus minusnya listrik prabayar.
    Yang saya tau, listrik pra bayar dipakai yg empunya kontrakan biar si pengontrak nggak asal kabur meninggalkan tagihan listrik yg membengkak. Wkwkwkw *pengalaman dr curcol pemilik kontrakan*

    eh di rumahku msh pake meteran.
    apa yng ada aja dr si pemilik kontrakan. Hehehe

    ReplyDelete
  30. Rumahku juga pakai listrik pra bayar Mbak. 6 bulan habisnya cuma 50 ribu. Irit banget kan? Mau tau rahasianya? Yang dihisupkan lampu teras ma ruag tengah aja. Alias rumahnya belum daku tempati, belum jadi sih hihihi..

    ReplyDelete
  31. kata teenku yg pake listrik prabayar (dia yg 2200) semakin bulan semakin mahal saja... Saya jadi ciut, antara mau make nggak ya...

    ReplyDelete
  32. aku belum pernah coba mak...biasanya pakai tagihan aja hehehe

    ReplyDelete
  33. aku masih pakai pasca bayar. tapi saat ngontrak kemarin pakai pra bayar ada enaknya juga ya gak pakai bodemen

    ReplyDelete
  34. Sekarang bayar listrik udah kaya pakai hape aja ya, diisi voucher :) Lama-lama bayar air pdam juga gitu deh, hehe..

    ReplyDelete