Friday, 23 January 2015

Sate Kambing Jawa Asli

Namanya juga perantau, jadi sekali rindu yang ada di kampung halaman mau nggak mau harus rela mencari, kalau nggak ada ya pasrah dan sabar, tapi kalau ada pasti langsung dicari. Salah satunya rindu makan sate dan gule kambing. Kebetulan suami dan paklek saya suka banget sama sate dan gule kambing, suka bukan berarti setiap minggu atau bulan harus makan sate kambing lo ya. Dua bulan atau empat bulan sekali pasti makan bersama sate dan gule kambing, seringnya dibungkus dan dimakan di rumah rame-rame. Di Batam, ada satu warung sate kambing langganan suami sama paklek sudah sejak lama, maklum mereka di Batam sudah belasan tahun, namanya Sate Kambing Asli Jawa. 
Kapan hari pas pulang ke Batam, setelah cek kesehatan rutin di RS Awal Bros, kami langsung ke masjid Jabal Arafah, naik Tower MJA dan melihat sunset. Setelah shalat maghrib berjama'ah, suami mengajak makan sate kambing di tempat biasa. Kurang lebih 5-10 menit perjalanan dari masjid jabal arafah menuju warung Sate Kambing Jawa Asli, alamatnya ada di depan BCA Sei Jodoh, depan BCA ada jejeran tenda penjual makanan, masuk saja, kalau nggak salah depan ruko nyonya mener pas.  Nggak usah bingung cari warung tendanya, pokoknya kalau di depan ada tempat bakar sate yang panjang dan warungnya ramai, itu dia Sate Kambing Jawa Asli.
 Sate ayam, sate kambing, minumnya jeruk hangat..
 Gule kambing dan sambel kecapnya..
Suami pesan sate dan gule kambing, karena saya nggak boleh makan kambing, jadi pesan sate ayam. Minumnya jeruk hangat sedikit gula, ukuran satenya besar-besar, mirip sate Ponorogo tapi beda. Pokoknya porsinya lumayan besar dan banyak, apalagi gulenya, jadi kalau makan berdua gulenya satu aja cukup hehe. Rasanya, heum....benar-benar rindu kampung Jawa terobati sudah, alhamdulillah. Kalau nggak habis, bisa dibungkus, lumayan buat sarapan hehehe.
Teko ajaib,berre berre berre..bukan tempat minum tapi tempat cuci tangan,  ingat,tempat cuci tangan!!
Perut sudah kenyang, keseluruhan habis kurang lebih 120.000. Wakz, mahal bangetttt???Ingat rumus kuliner, "Ada rasa ada harga, ada rupa ada harga". Jadi, menurut saya, ini sate recommended bangettt, yang tinggal di Batam dan kangen sate gule kambing kampung Jawa, silahkan kesini. Habis makan, jangan lupa cuci tangan, disetiap meja ada teko ajaib, itu bukan buat minum tapi buat cuci tangan, ingat ya, buat cuci tangan hehehe.

Salam makan-makan, jalan-jalan, dan kuliner asik, yang penting maknyussss!!!

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

51 comments:

  1. Makan sate kambing malam-malam dengan suami tercinta, gak ada yg nandingi nikmatnya Mbak :)

    ReplyDelete
  2. hmmm . jadi ngiller jika lihat sate, makanan kesukaan saya nih , apalagi sate dombaa bumbu kecap, yummi bener deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nih makan sate domba

      Delete
  3. hikz lihat postingan ini malem jadi laperr hikz hikz mauu gulainyaaa..

    ReplyDelete
  4. satenya mantappp.....
    aku suka sate kambing yang dibumbu kecap, soalnya di beberapa tempat ada yang sate kambingnya dibumbu kacang, jadi berasa makan sate ayam hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbak,tapi iya juga ya..beda aja kalo sate kambing pake bumbu kacang

      Delete
  5. Di rumah ortu saya (Pontianak), kami juga punya tempat cuci tangan seperti itu, mbak. Rasanya lebih bersih aja gitu, mungkin karena air kotornya nggak kelihatan kali ya, mbak... :D

    Wah, foto2nya bikin mupeng deh mbak. Postingan yang menerbitkan air liur... :9

    Btw, sate jawa sama sate madura sama nggak sih mbak? Saya baru tahu sate jawa soalnya dari kecilnya cuma tahu sate madura aja... Kalau beda, bedanya di mana mbak? Penasaran deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh,berarti sama ya di pontianak tempat cuci airnya juga gini :)
      sama aja kayaknya,cuma yang buat orng madura hehehe....

      Delete
  6. hmmm pengen dong sate kambing nya, oh ya itu teko nya unik juga ya ada tungku nya gitu hehe

    ReplyDelete
  7. hmmm pengen dong sate kambing nya, oh ya itu teko nya unik juga ya ada tungku nya gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teko itu khas 'tanah Melayu ... air tempat cuci tangan ... saya lihat juga di Warung Roti Canai di Pekanbaru ... cuci tangan pelanggan pakai teko itu bergantian ... salam kenal ... :)

      Delete
    2. pertama tahu pas di batam saya pak hehehe

      Delete
  8. Wow.. mahal bener yaa. Aku makan habis 70 rb aja kaget, hehehe.... kecuali kalau di food court, di mall2, gak heran deh mahal. Tapi kayaknya enak tuh satenya, pengeeen....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada harga ada rupa dan rasa mbak..enak,banyak dan ukurannya besar2 bukan kecil :)

      Delete
  9. Kemana pun perginya(merantau), makanan kampung halaman tetap dicari..

    ReplyDelete
  10. Wenak banget mbak Hanna... aku aja yang di Jawa belom nyobain sate selezat itu. Seringnya sih sate ecek-ecek yang murah buat berhemat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..sekali2 beli sate mahal mbak,kan biasanya beli sate murah xixixxi

      Delete
  11. tssaaah... Rasanya udah di ujung lida aja.... Mupeng..

    ReplyDelete
  12. Hehehe ketemu makanan yg cocok di perantauan penawar kangen ya, Mba.
    Hhhmm, pasti deh Mb Hana ama suami nanti balik ke sini lagi hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,bener bangett..kalo pulang ke batam pasti kesini mbak hehe

      Delete
  13. Aish mbak.... sate ayamnya bikin ngiler sore-sore. Selama hampir 3 tahun di Bogor, aku baru sekali makan sate. Jadi pengen beli gara-gara foto di atas :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo beliii mumpung di bogor hehehe.ada sate enak lo di bogor,kapan hari lihat di trans hehe

      Delete
  14. Replies
    1. hahahaha banyak di batam mbak,di warung2^^

      Delete
  15. Wahhh .... pinternya si pemilik warung sate memberikan nama warungnya ... 'Sate Kambing Jawa Asli ... pelanggan yg merasa asal Jawa pasti tertarik abis ... ya gitu deh ... diantaranya pemilik blog ini ... hihihi ... ;)
    Trus, saya pikir2 sipemilik warung sate ada nuansa 'bohongnya ... coba teliti deh, apa iya 'kambingnya asli dari Jawa..? hehehe ... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha....iya juga ya,berart harusnyai sate jawa kambing asli batam hahaha

      Delete
    2. Hahaha ... kenak deh 'mak chik kite nih ... ;)
      itulah 'ilmu pedagang 'seribu akal ... hihihihi ... :P

      Delete
  16. ngiler dehhhhhh. apalagi kalau sesederhana sate kambing plus lontong plus es teh manis. bahagia itu sederhana..

    ReplyDelete
  17. Dari bentuknya aku yakin sate kambingnya maknyuuus. Ga boleh makan kambing kenapa han?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maknyus banget..panas mbak katanya,boleh kalo setusuk sih hehehe

      Delete
  18. kenapa ga bisa makan sate kambing mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. panas mbak katanya,g boleh buat yang mau punya momongan..dan nggak begitu doyan juga hehe

      Delete
  19. sate ayam sukanya Arya itu.. :D
    enak kayanya yo Is.. ngiler wisan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak zuh hahaha..tos dulu jagolang^^

      Delete
  20. Kira-kira pernah ada yang salah pakai teko cuci tangan jadi buat minum gak, ya? Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..dulu pas pertama kali di batam pernah mau minum itu air terus diketawain suami hahaha

      Delete
  21. Waaah belum pernah kesitu. Taulah BCA Jodoh tapi jarang makan di daerah Jodoh, paling2 cuma ke Yongkee sop ikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku malah belum makan sop ikan mak hehe

      Delete
  22. Klo aku lebih suka sate ayam daripada sate kambing. Klo gulai, suka kuahnya aja biasanya.
    Btw haduh itu teko gimana klo yg nggak tau ya, ntar dibuat minum bisa gawat hahaha.

    ReplyDelete
  23. Duh makk, aq mulai was2 dengan kambing, karena sering pysing setelahnya, sadar umur dah, klo ayam masih oke :)))

    ReplyDelete
  24. sate kambing yang ada tulang iganya itu aku mau mbak, kalo dimakan rada krenyes2 gmn gitu

    ReplyDelete
  25. Waduuh.. ada sate kambing.. ini mah doyan banget aku, tapi selalu kalo beli sate request no bawang :)

    ReplyDelete
  26. ngenceees beraaat ama satenya hehehe...pasti maknyuuus mak :)...dan itu ceret...lucuuuuu :)

    ReplyDelete
  27. Di Jogja yang populer sate klathak... menurutku biasa aja, apa karena aku gasuka kambing yahh

    ReplyDelete
  28. kalau rasanya enak pake banget mahalpun tidak kesal ya

    ReplyDelete