Friday, 2 January 2015

Lebih Dekat dengan Kuliner Padang

Lebih dekat dengan kuliner Padang. Siapa sih yang tidak tahu Padang, pernah makan nasi padang??jangan bilang belum pernah, sebab ibaratnya nih, orang Padang ada dimana-mana, makannya itu warung padang tersebar luas di seantero Indonesia. Yuk ah, ini pengalaman saya dengan kuliner dari daerah Padang Sumatera Barat.

Soto Padang
Pertama kali mencicipi soto padang waktu di kos lama, alm nenek (ibunya ibu kos) buat soto padang, dan seperti biasa satu mangkok besar mendarat di kamar saya hehe. Warnanya kuning, rasanya sungguh enak, di incipan sendok pertama, saya langsung menebak, aha, ini pasti soto padang. Rempah-rempah khas makanan Sumatera Barat alias Padang benar-benar khas dan terasa sekali. Pas ngobrol dengan alm nenek, ternyata tebakan saya benar, soto padang. Bumbunya sama dengan soto bening biasa, yang berbeda adalah tambahan rempah-rempahnya, yaitu kayu manis dan satu lagi....aduh saya lupa namanya, bentuknya bulat kecil. Jadi, sudah dipastikan rasa soto padang sangat berbeda dengan soto dari daerah lain. Nikmat sekali!!. Kebetulan minggu lalu saya beli soto padang di salah satu warung, kecewa, karena rempah-rempahnya kurang terasa, jadi rasanya kurang nendang.
Sate Padang
Pertama kali mencicipi sate padang di Siak, rasanya aneh banget, pokoknya bikin nggak selera tapi tetep dihabisin hehehe. Nah, minggu lalu pas ke Pekanbaru diajak teman jalan-jalan malam, dan berlanjut menikmati sate padang. Saya dan suami pesan sate ayam, ukuran satenya besar, disiram kuah kental berwarna kuning lalu ditaburi bawang goreng renyah. Nah, ini baru enak, lumayanlah ada rasanya. Mungkin buat lidah Jawa agak berbeda, karena biasanya kan menikmati satenya pakai kuah kacang, tapi ini lumayan enak dibanding yang di Siak hehe.
Nasi Padang
Pertama kali mencicipi nasi padang pas ngajar di malang, hampir setiap bulan dua kali menikmati nasi padang bungkus. Kalau ada rapat, pasti penutupnya bagi-bagi nasi padang hehehe. Seperti biasa, rasanya khas, kuahnya minimal ada dua campuran, pokoknya enak bangetlah nasi padang. Kalau di Siak ada satu restoran masakan padang yang setiap makan di tempat, minumnya selalu teh tawar, itu pasti. Sayurnya lumayan banyak macam, ada daun singkong, sayur tewel, sambal goreng kentang hati ayam, dan timun.
Impiannya sih, pingin banget menikmati tiga makanan di atas asli di Padang. Penasaran banget sama rasa aslinya, maksud saya asli masakan orang padang yang tinggal di Padang hehe.
Pernah mencicipi 3 kuliner diatas???

***

48 comments:

  1. Wooow...Soto padang! My Fav,Mak...Yang asli di campur potongan belut yang digoreng garing. Pertama makan nggak di kasih tau, ternyata belut itu gurih! hihi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya??wah,jadi pingin cepet2 ke padang dan ngincip soto padang pake belut hehe

      Delete
  2. Selamat Tahun Baru 2015 ya. Semoga di tahun 2015 ini kita semuanya diberikan kemudahan dari Allah SWT dalam mencapai cita cita dan asa yang belum terealisasi di tahun sebelumnya. Amin Amin Ya Robbal Alamin

    Sate Padang saya pernah dua kali icip icipnya. Di Pontianak memang agak jarang ada penjual sate Padang. Unik juga soalnya bumbu sate nya tidak menggunakan saus kacang seperti sate khas lainnya (sate sapim, sate kambing). Lembut dagingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...makasih pak
      disini kjuga ada pilihan saos kacang tapi yg khas saos pada umumnya sate padang

      Delete
  3. Ah nasi Padang, baik di Padang sendiri, saat di Pekanbaru, di Bogor, sampai waktu di Kuala Lumpur pun tetap jadi favorit Mbak... Cocok banget di lidah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa...lidah siapa aja pasti cocok ya mbak hehe

      Delete
  4. Sate dan soto padang blm pnh nyobain Mba..Tkt rasanya ajaib di lidah..
    Ehe, jadi pengen nyoba..
    Yg bulat kecil itu kapulaga bukan? #soktau

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ajaib di lidah??bilang aja takut ketagihan xixixixi...emmm bukannn mbak,duh masih lupa hehe

      Delete
  5. Gini nih resiko kalau BW pas blum makan.. Nemu postingan yang isine makanan langsung tambah lapar.. makan dulu ah..

    eh saya ambil satenya tiga tusuk bu guru

    ReplyDelete
  6. Ngeces! Emang tuh ya, otak suka gak bisa bedaian mana yg real mana yg PHP. Cuma lihat foto doang kok ya aku ileren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixixixixixi......maap deh mbak hehe

      Delete
  7. toss dong mbak pengalaman makan sate padang.Xixixi lidah jawa kale. Tapi kalo selera nasi padang, kayaknya gak adamasalah. Uenaaak tenan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...iya mbak,mungkin kl pertama kali nyoba dan pas dapet nggak sesuai selera asal jadinya aneh,tp kalo dapetnya pas banget,pasti enak hehehe

      Delete
  8. Kalo soto padang belum nypbain....

    ReplyDelete
  9. sate padangnya bikin lidah meled2 ,,,, hehehe

    ReplyDelete
  10. Dari ketiga makanan padang di atas, yang paling cucok ma lidah saya ya soto padang. seger-seger ngangenin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,iya mbak,sotonya seger banget kl dinikmati pas cuaca dingin hehe

      Delete
  11. Sate padang yummy banget, di Bali saya sering ketagihan sate padang...kalau nasi padang itu juga favorit saya, suka banget...soto padang nih yang belum pernah ngerasain, kayak apa ya kira2 rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak soto biasa tapi rempah2 khas sumbar nendang bangett mbak dilidah hehe

      Delete
  12. Hahahaa menu wajib kondangan semua di Pekanbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bener banget,g kangen riau mak??xixixix

      Delete
    2. Banget. Kirain kalau sudah balik ke Jawa itu ya sudah. Ternyata malah kangen lagi kesana :)

      Delete
    3. hehehehe....pastinya,semoga suatu saat bisa jalan2 ke riau yaaa^^

      Delete
  13. mbakkk, napa setiap aku melihat makanan yg dikau poto aku berasa pengen makan semuanya,,,hasrat yg meluap2,,,ups tapi kan aku lagi diet hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha....eits,yang lagi diets,gpp makan ini mbak yg penting skip nasi atau nasinya 2 sdm hehehe

      Delete
  14. Lauj favoritkus utk nasi padang tuh telor rendang sama jahir. Hahaha

    Jadi lapeer.
    Btw, aku blm pernah nyobain si satenya. ;)
    Met Tahun baru ya, Kaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jahir tu apa mbak??ayoo cobain satenya..iya,sama2 mbak^^

      Delete
  15. Dan dari ketiga jenis masakan, hanya soto padang yang belum pernah saya cicipi. Dan, semoga impian mencicipi masakan padang di padang bisa terwujud, amin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...kalo ketemu soto padang,coba incip,seger banget

      Delete
  16. Semua kuliner padang itu... aduuuh...... sangat enak (sekali). Ngiler lihatnya. terutama satenya itu. huhu.... #gigitmouseaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...iya mak,pokoknya yang maknyus di lidah itu nasi padang,aduhaii

      Delete
  17. Nasi padang sama sate padang pernah. Dan kurang suka... tapi bisa makan sih, hehehe. Soto padang penasaran! Ada satu warung soto pada hits di Pasar Baru Jakarta, pengen ke sana tapi belum sempet. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpeh na nasi padang kurang suka???sinni ke sumatera hehe...cobainlah,enak kok soto padangnya ^^

      Delete
  18. hujan-hujan gini enak makan soto padang ya miss

    ReplyDelete
  19. paling sering ma nasi padang. kalo satenya pernah sekali, aneh rasanya. dan sotonya, seingat saya belum pernah. *penasaran dech*

    ReplyDelete
  20. Hiahahaha, makan nasi padang pun baru pernah sekali. wakakak. Jadi pingin nyoba lainnya, tapi di Jawa susah nemunya eh mbak :((

    ReplyDelete
  21. Sotonya slurrrrp kelihatan sueger banget

    ReplyDelete
  22. Dari semuanya itu, cuma pernah ngicipin Nasi Padang. Sebenernya di deket rumah ada yg jual sate padang, Mak. Tapi tempatnya agak kurang bersahabat. Bukan nggayaa, maksudnya kurang bersahabat kalau ajak Ubii. Hehehe. Semoga bisa nyicip aahh kapan2 :D

    ReplyDelete
  23. Masakan padang... my favorite!
    Hahaahahaa

    ReplyDelete
  24. Di Padang gak ada yang jualan nasi padang. Adanya nasi kapau dan itu lebih enak huehehehe

    ReplyDelete
  25. huaaaa...enak semuaaaaa....gimanaa nih hehehe..untung di sana masih ada mak, jadi ngg ngiler-ngiler amaat :)

    ReplyDelete
  26. Suamiku dulu anti sate padang. Katanya gelik lihat bentuk bumbunya. :p Sementara, akuuuh ... akuuuh pens nomor 1 sate padang hahaha. Alhamdulillah, sekarang suamiku berhasil tak 'racuni'. Dia jadi doyan makan sate padang juga hahaha.

    ReplyDelete
  27. duhh liat-liat foto di atas jadi laper :D

    ReplyDelete